Home Nasional Khutbah Warta Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Nikah/Keluarga Video Obituari Tokoh Hikmah Arsip

PBNU Resmikan Asrama Santri An-Nahdliyah Kuningan

PBNU Resmikan Asrama Santri An-Nahdliyah Kuningan
Peresmian asrama santri i Pondok Pesantren An-Nahdliyah Padamulya, Kuningan, Jawa Barat, Kamis (2/12/2021). Pembangunan asrama tersebut hasil kerja sama NU Care-LAZISNU dan BPKH RI. (Foto: Pupuh)
Peresmian asrama santri i Pondok Pesantren An-Nahdliyah Padamulya, Kuningan, Jawa Barat, Kamis (2/12/2021). Pembangunan asrama tersebut hasil kerja sama NU Care-LAZISNU dan BPKH RI. (Foto: Pupuh)

Kuningan, NU Online

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj  meresmikan Asrama Putra dan Putri Pondok Pesantren An-Nahdliyah Padamulya, Kuningan, Jawa Barat, Kamis (2/12/2021).

 

Pembangunan asrama pesantren tersebut adalah hasil kerja sama Program Kemasalahatan NU Care-LAZISNU dan Badan Keuangan dan Haji Repubilk Indonesia (BKH RI)

 

Kiai Said Aqil Siroj mengatakan pondok pesantren adalah lembaga pendidikan yang dapat melahirkan generasi berakhakul karimah. "Seseorang yang memiliki ribuan gelar akademik, tanpa akhalakul karimah adalah sia-sia," kata Kiai Said.

 

Hadirnya pesantren tersebut sangat disambut antusias oleh Kiai Siad. Dirinya menyampaikan ingin meluangkan waktu untuk ikut serta memberikan bimbingan kepada santri-santri di Pondok Pesantren An-Nahdliyah Padamulya.


Ia menambahkan NU Care-LAZISNU dan BPKH RI menjadi washilah terlaksananya pembangunan asrama santri Pondok Pesantren An-Nahdliyah Padamulya.

 

"Alhamdulillah siang hari ini kita bersyukur dengan diresmikannya asrama santri Pondok Pesantren An-Nahdliyah yang berada di bawah pengelolaan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, atas kolaborasi BPKH RI bersama NU CARE-LAZISNU menjadi jalan washilah terbangunnya asrama ini," kata Kiai Said.

 

Menurut Kiai Siad realisasi pembangunan tersebut merupakan hal yang sudah lama dicita-citakan PBNU. "Ini merupakan cita-cita, keinginan PBNU sejak lama, mempunyai masjid dan pesantren yang langsung miliknya PBNU," tuturnya.

 

Pengasuh Pesantren Padamulya, KH Abdul Manan Ghani mengatakan setelah peresmian ini, pondok pesantren diagendakan mulai menerima santri pada tahun ajaran 2022.


Setelah selesai pembangunan asrama tersebut, juga akan dilaksanakan pembangunan gedung pusat pelatihan SDM yang akan dikelola oleh Lakpesdam PBNU.

 

Ketua NU Care-LAZISNU M Wahib Emha menambahkan Pondok Pesantren An-Nahdliyah Padamulya Maleber Kuningan dibangun dengan tiga lantai. Bangunan terdiri dari 12 kamar besar, 16 kamar mandi.

 

"Total luas bangunan 1.056 Meter. Ini merupakan Program Kemaslahatan BPKH RI, yang dilaksanakan oleh NU Care-LAZISNU," kata Wahib Emha.

 

Ia mengungkapkan rasa syukurnya, karena BPKH dan NU CARE-LAZISNU menjadi jalan hadirnya asrama santri Pondok Pesantren An-Nahdliyah Padamulya. "Pembangunan asrama santri Pondok Pesantren An Nahdliyah termasuk ke dalam bantuan pendidikan dan dakwah. Kolaborasi ini merupakan mitra yang sangat strategis. Semoga dapat bermanfaat dan istiqamah," katanya.

 

Anggota Pelaksana Bidang Kesekretariatan BPKH RI Rahmat Hidayat mengatakan bantuan ini sesuai dengan komitmen BPKH dalam menyalurkan nilai manfaat dari hasil dana abadi umat (DAU) sebagaimana diatur dalam PP No 5 tahun 2018 Tentang pelaksanaan Undang-Undang No 34 tahun 2014 mengenai pengelolaan keuangan haji dan PBPKH No 7 Tentang prioritas kegiatan kemaslahatan salah satunya dalam bidang Pendidikan dan Dakwah.

 

Rahmat berharap bangunan asrama ini dapat menjadi tempat para santri menimba ilmu.

 

"Biaya pembangunan ini tidak menggunakan dana haji melainkan dana bagi hasil yang bermanfaat untuk kebaikan umat sesuai dengan asas prinsip syariah, kehati-hatian, nirlaba, transparan dan akuntabel," kata Rahmat.

 

Pewarta: Kendi Setiawan
Editor: Muhammad Faizin



Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya