Home Nasional Khutbah Warta Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Nikah/Keluarga Video Obituari Tokoh Hikmah Arsip

Pusat Studi Pesantren dan Pendidikan Diluncurkan

Pusat Studi Pesantren dan Pendidikan Diluncurkan
Webinar dan peluncuran Pusppa, Kamis (29/10).
Webinar dan peluncuran Pusppa, Kamis (29/10).

Yogyakarta, NU Online

Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama, H Waryono Abdul Ghofur mengatakan peluncuran Pusat Studi Pesantren dan Pendidikan (Pusppa) yang bertepatan dengan maulid Nabi Muhammad bisa menjadi penanda bahwa pusat studi ini kehadirannya ditunggu-tunggu oleh masyarakat dan dunia.

 

Hal itu disampaikannya saat Webinar dan Peluncuran Pusppa, Kamis (29/10). Acara bertema Pesantren Media: Virtualisasi Pesantren Mendunia, dihadiri ratusan peserta dari berbagai latar belakang pendidikan dan pesantren di Indonesia.

 

A Said Hasan Basri selaku Ketua Pusppa berharap pusat studi ini bisa memberi manfaat luas bagi dunia dengan terus melakukan kajian, penelitian, dan pengembangan untuk menstimulasi pesantren agar semakin berkembang dan mendunia.

 

Pesantren virtual memang butuh perjuangan dan tantangan karena keterbatasan akses internet, wilayah maupun fasilitas. Pengelolaan masjid juga bisa menjadi model pengembangan dari virtualisasi pesantren yang diharapkan mampu beradaptasi dengan digital.

 

"Masjid di Indonesia masih bagus dalam penataan fisik tetapi belum dari segi pengelolaan virtual," ujar Wahyu Ilaihi Peneliti Pesantren Online, Dept of Cultural Studies, Tilburg School of Humanities and Digital Science, Netherland.​​

 

Setelah peluncuran, ada beberapa catatan menarik dari webinar ini. Pusppa akan mengambil langkah, peta kerja dan program dengan bersinergi dengan Pemerintah khususnya Kementerian Agama. Semisal Balai Latihan Kerja yang ada di beberapa pesantren perlu dimaksimalkan dengan bersinergi dengan Pusppa dan Kementerian Agama.

 

Sistem Informasi dan Manajemen Pesantren perlu segera ditingkatkan, karena perkembangan teknologi dan peradapan sangat cepat bergerak. Pusppa terus bersinergi dan mendampingi agar pesantren berkembang dan menjadi primadona, sehingga menjadi center of exelent dan penjaga moral bangsa dan dunia.

 

Kontributor: Sinung 
Editor: Kendi Setiawan


Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya