Home Nasional Khutbah Warta Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Nikah/Keluarga Video Obituari Tokoh Hikmah Arsip

Aplikasi KESAN: Tunjang Ibadah Ramadhan Warga Nahdliyin

Aplikasi KESAN: Tunjang Ibadah Ramadhan Warga Nahdliyin
Aplikasi Kedaulatan Santri (KESAN) hadir untuk menemani dan menjadi referensi ibadah Ramadhan dalam genggaman. 
Aplikasi Kedaulatan Santri (KESAN) hadir untuk menemani dan menjadi referensi ibadah Ramadhan dalam genggaman. 
Tak terasa bulan suci Ramadhan sudah di depan mata. Teknologi berupa gawai dan aplikasi dapat bermanfaat dalam mendukung ibadah warga Nahdliyin di bulan Ramadhan, terutama di tengah wabah virus Covid-19. Gratis dan tanpa iklan, aplikasi Kedaulatan Santri (KESAN) hadir untuk menemani dan menjadi referensi ibadah Ramadhan dalam genggaman. 

“Selain ada Al-Qur’an, Jadwal Shalat, dan Arah Kiblat, aplikasi KESAN menawarkan sesuatu yang khas di kalangan santri dan Nahdliyin yaitu kumpulan Kitab Kuning, tahlil, istighosah, shalawat dan maulid,” ujar Hamdan Hamedan, CEO KESAN. 

Menyambut bulan Ramadhan kali ini, KESAN menyiapkan lebih dari 70 doa dan zikir Ramadhan, hadits dan fiqih Ramadhan, kajian online mingguan, tanya-jawab kiai/nyai, serta puluhan kitab klasik seputar Ramadhan. 

Hamdan menjelaskan bahwa KESAN berupaya hadir untuk menunjang ibadah warga Nahdliyin di tengah wabah Covid-19 yang mungkin membatasi mobilitas mereka dalam beribadah dan menuntut ilmu agama. Terkait konten, KESAN bernafaskan Islam Aswaja dan menyebarkan Islam yang rahmatan lil ‘alamin.

“Tujuannya agar warga Nahdliyin terbantu kebutuhan ibadahnya lewat smartphone mereka. 12 fitur penunjang ibadah dan ilmu yang ada di KESAN, kami harapkan bermanfaat bagi mereka,” pungkas Hamdan. 
 
Sebelumnya, KESAN mendapat apresiasi dari Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj.

“KESAN harus terus hadir untuk menyebarkan nilai-nilai Islam yang santun, toleran, ramah, serta bermanfaat bagi segenap umat. Tak hanya itu, KESAN juga harus terus menjadi aplikasi Islami yang edukatif,” ujar KH Said sambil mengecek Burdah Imam Al-Bushiri yang ada di aplikasi KESAN. 

Penyanyi lagu religi Veve Zulfikar pun memuji hadirnya aplikasi KESAN. 

“Aplikasi KESAN, praktis banget. Aku bisa baca Al-Qur’an dan ratusan shalawat cukup dari satu aplikasi. Ada fitur Kitab Kuning dan klasik juga, jadi bisa baca-baca kitab selama Ramadhan di rumah,” ujar Veve. 

Aplikasi KESAN telah diunduh lebih dari 50 ribu kali oleh para pengguna baik di dalam maupun luar negeri. Aplikasi KESAN dapat diunduh gratis di Google Play, Apple Store, atau di website www.kesan.id.   


Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya