Home Warta Nasional Khutbah Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Obituari Video Nikah/Keluarga Tokoh Hikmah Arsip

Gempa 7,3 SR Guncang Jepang, Nahdliyin Mohon Doa Keselamatan

Gempa 7,3 SR Guncang Jepang, Nahdliyin Mohon Doa Keselamatan
Gempa magnitudo 7,3 guncang Fukushima Jepang (AP/Jun Hirata via CNN)
Gempa magnitudo 7,3 guncang Fukushima Jepang (AP/Jun Hirata via CNN)

Jakarta, NU Online

Gempa dahsyat berkekuatan magnitudo 7,3 SR mengguncang Jepang pada Sabtu (13/2) pukul 23:08 JST atau Ahad (14/2) pukul 01.08 WIB. Gempa itu berpusat di sekitaran lepas pantai Fukushima dengan kedalaman 55 km.

 

Ketua Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Jepang Miftakhul Huda memastikan Nahdliyin di Jepang dalam keadaan selamat. "Alhamdulillah kami sehat-sehat," ujarnya kepada NU Online pada Ahad (14/2).

 

Huda menyebut bahwa beberapa rumah warga Nahdliyin mengalami mati lampu, bangunannya retak, hingga kaca pecah akibat goncangan yang dahsyat itu.

 

Ia juga memohon doa kepada seluruh masyarakat agar mereka tetap dalam keadaan selamat. Sebab, otoritas di Jepang memperkirakan bakal ada gempa susulan yang serupa.

 

"Iya. Prediksi seminggu setelahnya (gempa susulan terjadi). Mohon doanya, mudah-mudahan aman," katanya.

 

Badan Meteorologi Jepang (JMA) melansir bahwa gempa kali ini merupakan gempa susulan dari gempa yang terjadi di daerah Tohoku pada tahun 2011.

 

Akibat dari gempa ini, untuk daerah Aomori, Iwate, Miyagi, Fukushima, Ibaraki, Chiba Kujukuri, dan Sotobo diramalkan akan sedikit terjadi perubahan permukaan laut, tetapi tidak dikhawatirkan akan menimbulkan kerusakan.

 

Sementara itu, untuk daerah dengan goncangan yang kuat, risiko bangunan rumah roboh dan juga tanah longsor masih tinggi. Karenanya, JMA mengimbau agar selalu waspada dengan gempa susulan dan juga curah hujan. Apabila tidak terpaksa, jangan bepergian ke daerah yang berbahaya untuk melindungi keselamatan diri.

 

Dari pengalaman sebelumnya, setelah terjadinya gempa besar, terdapat 10 persen sampai 20 persen kemungkinan gempa dengan kekuatan yang sama akan muncul lagi. Terutama untuk daerah dengan goncangan yang kuat, diharapkan waspada dengan munculnya gempa dengan kekuatan yang sama dalam 1 minggu ini, terutama dalam dua sampai tiga hari ke depan.

 

Dalam catatan JMA, sudah ada gempa susulan sebanyak 32 kali dengan kekuatan yang variatif, mulai 3.6 SR hingga 5.1 SR.

 

Pewarta: Syakir NF
Editor: Muhammad Faizin

 


 


Terkait

Internasional Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya