Nasional

PBNU Instruksikan PWNU dan PCNU Laksanakan Protokol NU Peduli Covid-19

Rab, 18 Maret 2020 | 04:15 WIB

PBNU Instruksikan PWNU dan PCNU Laksanakan Protokol NU Peduli Covid-19

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama menyampaikan prihatin atas atas adanya musibah wabah COVID-19 yang telah menimpa saudara-saudara kita. Berkaitan dengan hal itu, PBNU telah menerbitkan protokol NU Peduli COVID-19.

Jakarta, NU Online
Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menginstruksikan kepada Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU), Pengurus Cabang Nhadlatul Ulama (PCNU, dan Pengurus Lembaga dan Badan Otonom Nahdlatul Ulama untuk melaksanakan protokol NU Peduli Covid-19.

Instruksi tersebut tertuang dalam Surat Keterangan Nomor 3945/C.I.34/03/2020 yang diterbitkan di Jakarta pada Kamis, 12 Maret 2020 M atau bertepatan dengan 17 Rajab 1441 H. Surat tersebut ditandatangani oleh Rais Aam PBNU KH Miftachul Akhyar, Katib Aam KH Yahya Cholil Staquf, Ketua Umum KH Said Aqil Siroj, dan Sekjen HA Helmy Faishal Zaini.

“Pengurus Besar Nahdlatul Ulama menyampaikan prihatin atas atas adanya musibah wabah COVID-19 yang telah menimpa saudara-saudara kita. Berkaitan dengan hal itu, PBNU telah menerbitkan protokol NU Peduli COVID-19. Untuk itu seluruh Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama, Pengurus Lembaga dan Badan Otonom Nahdlatul Ulama untuk melaksanakan protokol NU Peduli Covid-19.”

Adapun instruksi protokol NU Peduli Covid-19 berisi tentang protokol Posko NU Peduli Covid-19, protokol kantor di lingkungan Nahdlatul Ulama (PBNU, PWNU, PCNU, Pengurus Lembaga dan Banom di seluruh tingkatan), protokol masjid dan musholla, protokol di area lembaga pendidikan NU, termasuk pondok pesantren, protokol untuk individu dan keluarga, dan protokol di pasar atau kawasan pedagang kaki lima.

Sebagaimana diketahui, PBNU sendiri telah mengadakan Sosialisasi dan Penerapan SOP Covid-19 pada Jumat (13/3) di Gedung PBNU, Jakarta Pusat. Kegiatan tersebut berisi tentang penerapan standarisasi protokol NU cegah Covid-19, Peresmian Posko Covid-19 NU, Screening, Penyemprotan disinfektan, dan Sosialisasi Covid-19. 

Beberapa hari kemudian, Satuan Tugas (Satgas) NU Peduli Covid-19 memberikan pemahaman melalui Sosialisasi SOP Penanganan Covid-19 kepada puluhan orang yang terdiri atas karyawan, staf lembaga dan banom, serta security Gedung PBNU. Sosialisasi ini disampaikan oleh Ketua PBNU bidang Kesehatan yang juga Ahli Epidemiologi UI, H Syahrizal Syarif dan Koordinator Satuan Tugas (Satgas) NU Peduli Covid-19, H Makki Zamzami.
 

Pewarta: Husni Sahal
Editor: Alhafiz Kurniawan

ADVERTISEMENT BY ANYMIND