Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Ribuan Warga Hadiri Maulid di Banten Lama

Ribuan Warga Hadiri Maulid di Banten Lama

Serang, NU Online
Ribuan umat muslim dari sejumlah daerah menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhamad SAW yang diselenggarakan Kenadziran Kesultanan Maulana Hasanuddin Banten Lama di Serang, Sabtu malam.

Peringatan Maulid Nabi Muhamad SAW 1433 H di kawasan mesjid Agung Banten Lama tersebut menghadirkan dua orang penceramah yakni KH Mahmudi (Ketua MUI Kota Serang) dan KH Jamhur.<>

Hadir dalam kesempatan tersebut perwakilan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Provinsi Banten, Asisten Daerah (Asda III) Pemprov Banten Eutik Suarta dan keluarga Kenadziran Kesultanan Maulana Hasanuddin dari sejumlah daerah.

Dalam tausiyahnya KH Jamhur mengajak seluruh umat muslim untuk mengingat dan mengenang Nabi Muhamad SAW dengan melaksanakan segala perintah dan jejaknya dalam beribadah kepada Allah SWT dan dalam membangun kejayaan dan kekuatan Islam melalui dakwah yang penuh dengan kedamaian.

"Dalam menyampaikan dakwahnya Rasulullah Muhammad SAW selalu penuh dengan kelembutan dan kedamaian serta menjauhi tindakan-tindakan kekerasan," kata KH Jamhur.

Menurutnya, Rasulullah Muhamad SAW adalah manusia yang sempurna akhlaknya karena akhlak Nabi Muhammad adalah akhlaq Al-qur`an. Untuk itu, umat muslim harus bisa mengukuhkan kepada generasi muda untuk cinta kepada Nabi Muhammad dan meneladani akhlaknya.

"Didik anak-anak kita untuk cinta kepada para nabi, cinta kepada turunan nabi dan cinta membaca Al-quran," katanya.

Ia prihatin melihat generasi muda sekarang ini yang sudah jauh bergeser dari perilaku dan akhlaknya para nabi dan para ulama. Salah satu bagian dari akhlak Nabi Muhammad SAW melakukan dakwah dan mengajak kepada jalan kebaikan tanpa dilakukan dengan kekerasan.

"Ada sebagaian generasi muda saat ini baru sedikit punya ilmu, sudah mengajak keluar dari NKRI. Bukankah kita juga diperintah untuk taat kepada para pemimpin kita yang juga harus meneladani akhlak nabi Muhammad SAW," kata KH Jamhur.

Sementara itu Asda III Pemprov Banten Eutik Suarta dalam sambutannya mengatakan, inti dari peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW adalah meneladani akhlak Nabi Muhamad SAW dan melaksanakannya dalam kehidupan sehari-hari secara kontekstual.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang diselenggarakan Kenadziran Kesultanan Maulana Hasanudin Banten tersebut bertema "Melalui Peringatan Nabi Muhammad SAW Kita Tingkatkan Keimanan dan Ketaqwaan Kepada Allah SWT Sebagai Benteng Pengaruh Radikalisme, Anarkisme dan Terorisme, Untuk Mewujudkan Indonesia Yang Baldatun Toyibatun Warrabun Gofur".



Redaktur: Mukafi Niam
Sumber  : Antara



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Warta Lainnya

Terpopuler Warta

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×