Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Puluhan Ribu Ummat Islam Hadiri Dzikru Maulid Kanzus Sholawat

Puluhan Ribu Ummat Islam Hadiri Dzikru Maulid Kanzus Sholawat

Pekalongan, NU Online
Puluhan ribu ummat Islam dari berbagai penjuru kota Rabu (22/2) hadir di Majelis Dzikru Maulid Nabi Muhammad SAW 1433 Hijriyah yang digelar oleh Jama'ah Maulid Kanzus Sholawat di bawah asuhan Habib Muhammad Luthfy bin Ali bin Hasyim bin Yahya.

Acara yang digelar secara rutin setiap tahunnya selalu dibanjiri puluhan ribu ummat Islam dari berbagai kota di Jawa Tengah. Bahkan dari Jawa Timur, Jawa Barat dan DKI menyatu dalam lantunan sholawat yang dikumandangkan oleh ratusan group jama'ah simthud duror dari Pekalongan dan sekitarnya.
<>
Kegiatan peringatan maulid di kanzus sholawat selalu dimanfaatkan untuk disisipi kegiatan tambahan seperti pawai panjang jimat, pawai karnaval batik, kirab merah putih, nikah maulid, khotmil qur'an, rotibul kubro, dalailul khoirot dan pembacaan manaqib. Tidak hanya itu, pentas musik gambus el balasyik dan tarian sufi mewarnai peringatan maulid di Kanzus Sholawat.

Kegiatan peringatan maulid di Kanzus Sholawat merupakan awal dari rangkaian kegiatan yang sama di berbagai tempat yang akan dihadiri langsung oleh khodimul maulid Habib Luthfy bin Yahya.

Menurut jadwal yang diterima NU Online, ada 81 kegiatan peringatan maulid yang dijadwalkan dihadiri Habib Luthfy hingga H-1 bulan Ramadhan 1433 Hijriyah yang tersebar di berbagai kota di Pulau Jawa.

"Banyaknya yang hadir dalam majelis maulidurrasul sebagai bukti bahwa kita sebenarnya sangat rindu dengan Rasulullah," ujar Habib Luthfy.

Dikatakan, jika masih ada pihak pihak yang membid'ahkan kegiatan peringatan maulid, sesungguhnya dialah yang yang "keblinger". "Saya minta kepada yang hadir, untuk tetap semangat menghadiri majelis maulidurrasul", pesan Habib kepada jama'ah yang hadir.

Ketua Umum PBNU KH Said Agil Siroj dalam kesempatan tersebut melantik kepengurusan Jamiyyah Ahlut Thariqah al Mu’tabarah An Nahdliyyah (Jatman) hasil muktamar di Malang baru-baru ini, yang kembali memilih Habib Lutfy sebagai rais aam.

Sementara itu, Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) Ir. H. Ahmad Helmy Faisal Zaini dalam sambutan atas nama panitia mengatakan, ketaqwaan seseorang itu diukur seberapa besar cintanya kepada pemimpin besar ummat Islam yakni Rasulullah Muhammad SAW.

Dikatakan, kehadiran ribuan ummat islam dalam majelis dzikir yang digelar di Kanzus Sholawat adalah bukti nyata, bahwa kita sangat cinta dengan Rasulullah.

Hadir beberapa pejabat selain Menteri PDT, juga nampak hadir Menteri Pertahanan Ir. Purnomo Yusgiantoro, Staff Khusus Presiden SBY, Pangdam IV/Diponegoro, Kapolda Jawa Tengah, Wagub Jawa Barat H. Dede Yusuf, Wagub Kalteng dan.




Redaktur    : Mukafi Niam
Kontributor: Abdul Muis



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Warta Lainnya

Terpopuler Warta

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×