Syariah

Tata Cara Shalat Isyraq: Niat, Waktu, Bacaan, dan Keutamaannya

NU Online  Ā·  Jumat, 23 Juli 2021 | 06:30 WIB

Tata Cara Shalat Isyraq: Niat, Waktu, Bacaan, dan Keutamaannya

Shalat Isyraq bukan shalat Dhuha, menurut sebagian ulama. Namun bagi kebanyakan mereka keduanya adalah sama.

Kata isyrĆ¢q secara bahasa bermakna terbit, sebagaimana dikatakan: ā€˜asyraqas syamsu’ yang berarti matahari telah terbit. Shalat Isyraq dalam fiqih adalah shalat yang dilakukan di waktu matahari terbit. Shalat Isyraq juga disebut shalat Dhahwah Sughra, sementara shalat Dhuha disebut sebagai shalat Dhahwah Kubra.

Ā 

Menurut Imam al-Ghazali, Imam as-Suyuthi, dan Syekh Alil Muttaqi al-Hindi, shalat Isyraq bukan shalat Dhuha, sedangkan menurut kebanyakan ulama adalah shalat Dhuha. Sebab itu, berdasarkan pendapat yang menyatakan shalat Isyraq bukan shalat Dhuha maka ketentuan hukumnya berbeda dengan shalat Dhuha. (WizĆ¢ratul AuqĆ¢f was Syu’ûnil IslĆ¢miyyah, al-Mausû’ah al-Fiqhiyyah al-Kuwaitiyyah, XXVII: 132; Muhammad Anwar Syah bin Mu’adhim Syah al-Kasymiri, al-ā€˜Urfus Syadzi Syarhu Sunanit Tirmidzi, II: 33; dan Muhammad Abdurrahman bin Abdurrahim al-Mubarakfuri, Tuhfatul Ahwadzi bisyarhi JĆ¢mi’it Tirmidzi, III: 172).

Ā 

Ā 

Dalil yang mendasari kesunnahan shalat Isyraq di antaranya adalah hadits berikut:

Ā 

ŁƒŁŽŲ§Ł†ŁŽ Ų„ŁŲ°ŁŽŲ§ Ų£ŁŽŲ“Ł’Ų±ŁŽŁ‚ŁŽŲŖŁ’ ŁˆŁŽŲ§Ų±Ł’ŲŖŁŽŁŁŽŲ¹ŁŽŲŖŁ’ Ł‚ŁŽŲ§Ł…ŁŽ ŁˆŁŽŲµŁŽŁ„Ł‘ŁŽŁ‰ Ų±ŁŽŁƒŁ’Ų¹ŁŽŲŖŁŽŁŠŁ’Ł†Ł ŁˆŁŽŲ„ŁŲ°ŁŽŲ§ Ų§Ł†Ł’ŲØŁŽŲ³ŁŽŲ·ŁŽŲŖŁ Ų§Ł„Ų“Ł‘ŁŽŁ…Ł’Ų³Ł ŁˆŁŽŁƒŁŽŲ§Ł†ŁŽŲŖŁ’ فِي Ų±ŁŲØŁŲ¹Ł Ų§Ł„Ł†Ł‘ŁŽŁ‡ŁŽŲ§Ų±Ł مِنْ Ų¬ŁŽŲ§Ł†ŁŲØŁ Ų§Ł„Ł’Ł…ŁŽŲ“Ł’Ų±ŁŁ‚Ł ŲµŁŽŁ„Ł‘ŁŽŁ‰ Ų£ŁŽŲ±Ł’ŲØŁŽŲ¹Ł‹Ų§ (Ų±ŁˆŲ§Ł‡ Ų§Ł„ŲŖŲ±Ł…Ų°ŁŠ ŁˆŲ§Ł„Ł†Ų³Ų§Ų¦ŁŠ ŁˆŲ§ŲØŁ† ماجه من حديث Ų¹Ł„ŁŠ)

Ā 

Artinya, ā€œKetika matahari terbit dan mulai naik (satu atau dua tombak) maka Rasulullah ļ·ŗ berdiri dan shalat dua rakaat; dan ketika matahari mulai menjulang tinggi dari arah timur dalam seperempat siang maka beliau shalat empat rakaat.ā€ (HR at-Tirmidzi, an-Nasai dan Ibnu Majah dari hadits Ali t). (Abdurrahman bin Husain al-ā€˜Iraqi, al-Mughni ā€˜an Hamlil AsfĆ¢r fĆ® TakhrĆ®ji MĆ¢ fil Ihyâ’ ā€˜anil AkhbĆ¢r pada Ihyâ’ ā€˜UlĆ»middĆ®n, [DĆ¢rul Kutubil Islamiyyah], juz I, h. 197).

Ā 

ŁƒŁŽŲ§Ł†ŁŽ Ų§Ł„Ł†Ł‘ŁŽŲØŁŁŠŁ‘Ł ļ·ŗ Ų„ŁŲ°ŁŽŲ§ Ų²ŁŽŲ§Ł„ŁŽŲŖŁ Ų§Ł„Ų“Ł‘ŁŽŁ…Ł’Ų³Ł مِنْ Ł…ŁŽŲ·Ł’Ł„ŁŽŲ¹ŁŁ‡ŁŽŲ§ Ł‚ŁŁŠŁ’ŲÆŁŽ Ų±ŁŁ…Ł’Ų­Ł Ų£ŁŽŁˆŁ’ Ų±ŁŁ…Ł’Ų­ŁŽŁŠŁ’Ł†Ł ŁƒŁŽŁ‚ŁŽŲÆŁ’Ų±Ł ŲµŁŽŁ„ŁŽŲ§ŁŲ© Ų§Ł„Ł’Ų¹ŁŽŲµŁ’Ų±Ł مِنْ Ł…ŁŽŲŗŁ’Ų±ŁŲØŁŁ‡ŁŽŲ§ ŲµŁŽŁ„Ł‘ŁŽŁ‰ Ų±ŁŽŁƒŁ’Ų¹ŁŽŲŖŁŽŁŠŁ’Ł†ŁŲŒ Ų«ŁŁ…Ł‘ŁŽ Ų£ŁŽŁ…Ł’Ł‡ŁŽŁ„ŁŽ Ų­ŁŽŲŖŁ‘ŁŽŁ‰ Ų„ŁŲ°ŁŽŲ§ Ų§Ų±Ł’ŲŖŁŽŁŁŽŲ¹ŁŽ Ų§Ł„Ų¶Ł‘ŁŲ­ŁŽŁ‰ ŲµŁŽŁ„Ł‘ŁŽŁ‰ Ų£ŁŽŲ±Ł’ŲØŁŽŲ¹Ł‹Ų§. (Ų±ŁˆŲ§Ł‡ Ų§Ł„ŲŖŲ±Ł…Ų°ŁŠ ŁˆŲ§Ł„Ł†Ų³Ų§Ų¦ŁŠ ŁˆŲ§ŲØŁ† ماجه من حديث Ų¹Ł„ŁŠ. حسن)

Ā 

Artinya, ā€œKetika matahari bergeser dari tempat terbitnya seukuran satu atau dua tombak, sebagaimana ukuran waktu shalat Ashar dari Maghribnya, maka Nabi ļ·ŗ shalat dua rakaat, kemudian beliau diam (tidak shalat) sampai ketika waktu Dhuha naik, maka beliau shalat empat rakaat.ā€ (HR at-Tirmidzi, an-Nasai dan Ibnu Majah dari hadits Ali. Hadits hasan). (ā€˜Ubaidillah bin Muhammad Abdissalam al-Mubarakfuri, Mir’âtul MafĆ¢tĆ®h Syarhu MisykĆ¢tul MashĆ¢bĆ®h, 1984, IV: 346-347).

Ā 

Keutamaan Shalat Isyraq

Keutamaan shalat Isyraq adalah sebagaimana pahala haji dan umrah yang sempurna, yaitu bila dilakukan dalam rangkaian shalat Subuh secara berjamaah, lalu duduk berdzikir sampai terbit matahari, kemudian baru melakukan shalat Isyraq dua rakaat, sebagaimana diriwayatkan:

Ā 

Ł…ŁŽŁ†Ł’ ŲµŁŽŁ„Ł‘ŁŽŁ‰ Ų§Ł„Ł’ŁŁŽŲ¬Ł’Ų±ŁŽ فِي Ų¬ŁŽŁ…ŁŽŲ§Ų¹ŁŽŲ©Ł Ų«ŁŁ…Ł‘ŁŽ Ł‚ŁŽŲ¹ŁŽŲÆŁŽ ŁŠŁŽŲ°Ł’ŁƒŁŲ±Ł Ų§Ł„Ł„Ł‡ŁŽ ŲŖŁŽŲ¹ŁŽŲ§Ł„ŁŽŁ‰ Ų­ŁŽŲŖŁ‘ŁŽŁ‰ ŲŖŁŽŲ·Ł’Ł„ŁŲ¹ŁŽ Ų§Ł„Ų“Ł‘ŁŽŁ…Ł’Ų³Ł Ų«ŁŁ…Ł‘ŁŽ ŲµŁŽŁ„Ł‘ŁŽŁ‰ Ų±ŁŽŁƒŁ’Ų¹ŁŽŲŖŁŽŁŠŁ’Ł†ŁŲŒ ŁƒŁŽŲ§Ł†ŁŽŲŖŁ’ Ł„ŁŽŁ‡Ł ŁƒŁŽŲ£ŁŽŲ¬Ł’Ų±Ł Ų­ŁŽŲ¬Ł‘ŁŽŲ©Ł ŁˆŁŽŲ¹ŁŁ…Ł’Ų±ŁŽŲ©Ł ŲŖŁŽŲ§Ł…ŁŽŲ©Ł ŲŖŁŽŲ§Ł…ŁŽŲ©Ł ŲŖŁŽŲ§Ł…ŁŽŲ©Ł (Ų±ŁˆŲ§Ł‡ Ų§Ł„ŲŖŲ±Ł…Ų°ŁŠ. حسن)

Ā 

Artinya, ā€œSiapa saja yang shalat subuh secara berjamaah, kemudian duduk dengan berdzikir kepada Allah sampai terbit matahari, kemudian shalat dua rakaat maka ia akan mendapatkan pahala sebagaimana haji dan umrah yang sempurna, sempurna, sempurna.ā€ (HR at-Tirmidzi. Hadits Hasan). (Al-ā€˜Iraqi, al-Mughni ā€˜an Hamlil AsfĆ¢r juz I, halaman 337).

Ā 

Ketentuan Waktu dan Jumlah Rakaat

Waktu shalat Isyraq masuk setelah matahari terbit dan telah naik satu tombak (tujuh hasta atau 2,5 meter) sebagaimana awal waktu shalat Dhuha; dan berakhir hingga jelasnya waktu siang (falaqin nahĆ¢r), tidak memanjang sampai menjelang waktu zawĆ¢l (saat matahari tergelincir ke arah barat). Akhir waktu shalat Isyraq dibahasakan secara mudah oleh Syekh Bashri dengan kalimat: ā€œSampai terlepas dari awal waktunya dengan jarak pemisah waktu yang secara umum dianggap lama.ā€ (Muhammad bin Umar Nawawi al-Jawi, NihĆ¢yatuz Zain fi IrsyĆ¢dil Mubtadi-Ć®n, [Bairut, DĆ¢rul Fikr], halaman 103; dan Abdul Hamid as-Syirwani, HawĆ¢syis SyirwĆ¢ni ā€˜ala Tuhfatil MuhtĆ¢j, [Bairut, DĆ¢rul Fikr], juz II, halaman 237.)

Ā 

Ā 

Rakaat dan Bacaan Surat dalamĀ Shalat Isyraq

Rakaat shalat Isyraq adalah dua rakaat; sedangkan surat yang sunnah dibaca setelah al-Fatihah adalah surat ad-Dhuha pada rakaat pertama dan surat as-Syarh (Alam Nasyrah) para rakaat kedua. (Nawawi al-Jawi, Nihâyatuz Zain, halaman 103).

Ā 

Tata Cara, Niat, dan Doa Shalat Isyraq

Shalat Isyraq dilaksanakan dua rakaat sebagaimana shalat sunnah lainnya, dengan teknis ebagai berikut:

Ā 

  1. Mengucapkan niat shalat Isyraq:

    Ų£ŁŲµŁŽŁ„Ł‘ŁŁŠŁ’ Ų³ŁŁ†Ł‘ŁŽŲ©ŁŽ Ų§Ł„Ų„ŁŲ“Ł’Ų±ŁŽŲ§Ł‚Ł Ų±ŁŽŁƒŁ’Ų¹ŁŽŲŖŁŽŁŠŁ’Ł†Ł لِلّٰهِ ŲŖŁŽŲ¹ŁŽŲ§Ł„ŁŽŁ‰

    UshallĆ® sunnatal isyrĆ¢q rakā€˜ataini lillĆ¢hi taā€˜Ć¢lĆ¢.

    Artinya, ā€œSaya menyengaja shalat sunnah Isyraq dua rakaat karena Allah ta’ala.ā€

Ā 

  1. Niat di dalam hati bersamaan takbîratul Ihrâm, dan seterusnya.
    Ā 
  2. Setelah al-Fatihah pada rakaat pertama kemudian membaca surat ad-Dhuha, dan seterusnya.
  3. Setelah al-Fatihah pada rakaat kedua kemudian membaca surat as-Syarh, dan seterusnya sampai salam sebagaimana shalat biasa.

Ā 

Setelah shalat IsyraqĀ selesai, seseorang dianjurkan membaca doa sebagai berikut:

Ā 

Ų§ŁŽŁ„Ł„Ł‘Ł‡ŁŁ…Ł‘ŁŽ ŁŠŁŽŲ§ Ł†ŁŁˆŁ’Ų±ŁŽ Ų§Ł„Ł†Ł‘ŁŁˆŁ’Ų±Ł ŲØŁŲ§Ł„Ų·Ł‘ŁŁˆŁ’Ų±Ł ŁˆŁŽŁƒŁŲŖŁŽŲ§ŲØŁ Ł…ŁŽŲ³Ł’Ų·ŁŁˆŁ’Ų±Ł ŁŁŁŠŁ’ Ų±ŁŁ‚ŁŁ‘ Ł…ŁŽŁ†Ł’Ų“ŁŁˆŁ’Ų±Ł ŁˆŁŽŲ§Ł„ŲØŁŽŁŠŁ’ŲŖŁ Ų§Ł„Ł…ŁŽŲ¹Ł’Ł…ŁŁˆŁ’Ų±ŁŲŒ Ų£ŁŽŲ³Ł’Ų£ŁŽŁ„ŁŁƒŁŽ Ų£ŁŽŁ†Ł’ ŲŖŁŽŲ±Ł’Ų²ŁŁ‚ŁŽŁ†ŁŁŠŁ’ Ł†ŁŁˆŁ’Ų±Ł‹Ų§ Ų£ŁŽŲ³Ł’ŲŖŁŽŁ‡Ł’ŲÆŁŁŠŁ’ بِهِ Ų„ŁŁ„ŁŽŁŠŁ’ŁƒŁŽ ŁˆŁŽŲ£ŁŽŲÆŁŁ„Ł‘Ł بِهِ Ų¹ŁŽŁ„ŁŽŁŠŁ’ŁƒŁŽ ŁˆŁŽŁŠŁŽŲµŁ’Ų­ŁŽŲØŁŁ†ŁŁŠŁ’ ŁŁŁŠŁ’ Ų­ŁŽŁŠŁŽŲ§ŲŖŁŁŠŁ’ ŁˆŁŽŲØŁŽŲ¹Ł’ŲÆŁŽ Ų§Ł„Ł’Ų§ŁŁ†Ł’ŲŖŁŁ‚ŁŽŲ§Ł„Ł مِنْ ŲøŁŽŁ„Ų§ŁŽŁ… Ł…ŁŲ“Ł’ŁƒŁŽŲ§ŲŖŁŁŠŁ’ŲŒ ŁˆŁŽŲ£ŁŽŲ³Ł’Ų£ŁŽŁ„ŁŁƒŁŽ ŲØŁŲ§Ł„Ų“Ł‘ŁŽŁ…Ł’Ų³Ł ŁˆŁŽŲ¶ŁŲ­ŁŽŲ§Ł‡ŁŽŲ§ ŁˆŁŽŁ†ŁŽŁŁ’Ų³Ł ŁˆŁŽŁ…ŁŽŲ§ Ų³ŁŽŁˆŁ‘ŁŽŲ§Ł‡ŁŽŲ§ŲŒ Ų£ŁŽŁ†Ł’ ŲŖŁŽŲ¬Ł’Ų¹ŁŽŁ„ŁŽ Ų“ŁŽŁ…Ł’Ų³ŁŽ Ł…ŁŽŲ¹Ł’Ų±ŁŁŁŽŲŖŁŁƒŁŽ Ł…ŁŲ“Ł’Ų±ŁŁ‚ŁŽŲ©Ł‹ ŲØŁŁŠŁ’ Ł„ŁŽŲ§ ŁŠŁŽŲ­Ł’Ų¬ŁŲØŁŁ‡ŁŽŲ§ ŲŗŁŽŁŠŁ’Ł…Ł Ų§Ł„Ł’Ų£ŁŽŁˆŁ’Ł‡ŁŽŲ§Ł…Ł ŁˆŁŽŁ„ŁŽŲ§ ŁŠŁŽŲ¹Ł’ŲŖŁŽŲ±ŁŁŠŁ’Ł‡ŁŽŲ§ ŁƒŁŲ³ŁŁˆŁ’ŁŁ Ł‚ŁŽŁ…ŁŽŲ±Ł Ų§Ł„ŁˆŁŽŲ§Ų­ŁŲÆŁŁŠŁ‘ŁŽŲ©Ł Ų¹ŁŁ†Ł’ŲÆŁŽ Ų§Ł„ŲŖŁ‘ŁŽŁ…ŁŽŲ§Ł…ŁŲŒ ŲØŁŽŁ„Ł’ Ų£ŁŽŲÆŁŁ…Ł’ Ł„ŁŽŁ‡ŁŽŲ§ Ų§Ł„Ł’Ų„ŁŲ“Ł’Ų±ŁŽŲ§Ł‚ŁŽ ŁˆŁŽŲ§Ł„ŲøŁŁ‡ŁŁˆŁ’Ų±ŁŽ Ų¹ŁŽŁ„ŁŽŁ‰ Ł…ŁŽŁ…ŁŽŲ±ŁŁ‘ Ų§Ł„Ł’Ų£ŁŽŁŠŁ‘ŁŽŲ§Ł…Ł ŁˆŁŽŲ§Ł„ŲÆŁ‘ŁŁ‡ŁŁˆŁ’Ų±Ł. ŁˆŁŽŲµŁŽŁ„ŁŁ‘ Ų§Ł„Ł„Ł‘ŁŽŁ‡ŁŁ…Ł‘ŁŽ Ų¹ŁŽŁ„ŁŽŁ‰ Ų³ŁŽŁŠŁŁ‘ŲÆŁŁ†ŁŽŲ§ Ł…ŁŲ­ŁŽŁ…ŁŽŁ‘ŲÆŁ Ų®ŁŽŲ§ŲŖŁŁ…Ł Ų§Ł„Ł’Ų£ŁŽŁ†Ł’ŲØŁŁŠŁŽŲ§Ų”Ł ŁˆŁŽŲ§Ł„Ł’Ł…ŁŲ±Ł’Ų³ŁŽŁ„ŁŁŠŁ’Ł†ŁŽ. ŁˆŁŽŲ§Ł„Ł’Ų­ŁŽŁ…Ł’ŲÆŁ لِلهِ Ų±ŁŽŲØŁŁ‘ Ų§Ł„Ł’Ų¹ŁŽŲ§Ł„ŁŽŁ…ŁŁŠŁ’Ł†ŁŽ. Ų§ŁŽŁ„Ł„Ł‡Ł… اغْفِرْ Ł„ŁŽŁ†ŁŽŲ§ ŁˆŁŽŁ„ŁŁˆŁŽŲ§Ł„ŁŲÆŁŁŠŁ’Ł†ŁŽŲ§ ŁˆŁŽŁ„ŁŲ„ŁŲ®Ł’ŁˆŁŽŲ§ŁŁ†Ł†ŁŽŲ§ فِي اللهِ Ų£ŁŽŲ­Ł’ŁŠŁŽŲ§Ų”Ł‹ ŁˆŁŽŲ£ŁŽŁ…Ł’ŁˆŁŽŲ§ŲŖŁ‹Ų§ Ų£ŁŽŲ¬Ł’Ł…ŁŽŲ¹ŁŁŠŁ’Ł†ŁŽ.

Ā 

AllĆ¢humma yĆ¢ nĆ»rannĆ»ri bit thĆ»r wa kitĆ¢bim masthĆ»rin fĆ® riqqim mansyĆ»rin wal baitil ma’mur, as-aluka an tarzuqanĆ® nĆ»ran astahdĆ® bihi ilaika wa adullu bihi ā€˜alaika wa yashhabunĆ® fi hayĆ¢tĆ® wa ba’dal intiqĆ¢li min dhalĆ¢mi misykĆ¢tĆ®, wa as-aluka bissyamsi wa dhuhĆ¢ha wa nafsin wa mĆ¢ sawwĆ¢ha, an taj’ala syamsa ma’rifatika musyriqatam bĆ® lĆ¢ yahjubuhĆ¢ ghaimul auhĆ¢mi walĆ¢ ya’tarĆ®hĆ¢ kusĆ»ful qamaril wĆ¢hidiyyati ā€˜indat tamĆ¢m, bal adim lahĆ¢l Isyraqa wad dhuhĆ»ra ā€˜alĆ¢ mamarril ayyĆ¢mi wad duhĆ»r. Wa shallillĆ¢humma ā€˜alĆ¢ SayyidinĆ¢ Muhammadin khĆ¢tamil anbiyĆ¢-i wal mursalĆ®n. Wal hamdulillĆ¢hi rabbil ā€˜Ć¢lamĆ®n. AllĆ¢hummaghfir lanĆ¢ wa liwĆ¢lidĆ®na wa li-ikhwĆ¢ninĆ¢ fillĆ¢hi ahyĆ¢-an wa amwĆ¢tan ajma’în.


Artinya, ā€œYa Allah, Wahai Cahayanya Cahaya, dengan wasilahĀ bukit Thur dan Kitab yang ditulis pada lembaran yang terbuka, dan dengan wasilah Baitul Ma'mur, aku memohon padamu atas cahaya yang dapat menunjukkanku kepada-Mu. Cahaya yang dapat mengiringi hidupku dan menerangiku setelah berpindah (ke alam lain; bangkit dari kubur) dari kegelapan liang (kubur) ku. Aku meminta kepada-Mu dengan wasilah matahari beserta cahayanya di pagi hari, dan dengan jiwa dan kesempurnaannya, agar Engkau menjadikan matahari ma’rifat kepada-Mu yang seperti matahari cerahnya bersinar menerangiku, tidak tertutup oleh mendung-mendung keraguan, tidak pula terlintasi gerhana pada rembulan kemahaesaan di kala purnama. Tapi jadikanlah padanya selalu bersinar dan selalu tampak, seiring berjalannya hari dan tahun. Berikanlah rahmat ta'dzim Wahai Allah kepada junjungan kami Muhammad, sang pamungkas para nabi dan rasul. Segala Puji hanya milik Allah Tuhan penguasa alam. Ya Allah ampunilah kami, kedua orang tua kami serta kepada saudara-saudara kami seagama seluruhnya, baik yang masih hidup ataupun yang telah meninggal." (Nawawi al-Jawi, NihĆ¢yatuz Zain, halaman 103).

Ā 

Ā 

Ahmad Muntaha AM, Redaktur Keislaman NU Online dan Founder Aswaja Muda