Home Nasional Khutbah Warta Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Nikah/Keluarga Video Obituari Tokoh Hikmah Arsip

Innalillahi, Mustasyar PCNU Boyolali KH Ali Muhson Berpulang

Innalillahi, Mustasyar PCNU Boyolali KH Ali Muhson Berpulang
Almarhum KH Ali Muhson (Foto: istimewa)
Almarhum KH Ali Muhson (Foto: istimewa)

Boyolali, NU Online

Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Kabar duka datang dari Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Mustasyar Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Boyolali, KH Ali Muhson wafat, Kamis (7/1) pukul 16.00 WIB, di RSUD Pandan Arang Boyolali. 

 

Mbah Ali yang juga merupakan Pengasuh Pesantren Al-Hikam Banyudono wafat di usia 76 tahun.

 

Wakil Rais PCNU Boyolali KH Jamal Yazid mengenang sosok Kiai Ali Muhson sebagai pribadi yang tekun dalam membimbing generasi muda, termasuk dirinya kala itu. 

 

“Mbah Ali kerap memberikan kepercayaan kepada anak muda, memunculkan kader-kader muda NU sebagai proses regenerasi,” tutur Kiai Jamal yang pernah menjadi penerus Kiai Ali Muhson sebagai Ketua PCNU Boyolali tahun 1997-2002.

 

Selain itu, menurut Kiai Jamal, Kiai Ali Muhson juga memiliki sifat yang entengan, kerap menghadiri kegiatan-kegiatan NU dan sifat lapang dada, sehingga semua dirasa akan ada solusinya apabila mengalami permasalahan, termasuk dalam berorganisasi.

 

Semasa hidupnya, selain menjadi pengasuh di Pesantren Al-Hikam, di usianya yang tak lagi muda, KH Ali Muhson masih tetap aktif dalam berdakwah. Kiai Ali juga aktif di Nahdlatul Ulama, sejak tahun 1960-an. 

 

Kiai Ali tercatat pernah mengemban amanah sebagai Ketua PCNU Boyolali selama dua periode, mulai dari tahun 1987 hingga 1997. Pada Pemilu tahun 1971, ia juga pernah menjadi anggota DPRD Boyolali dari Partai NU.

 

Setelah habis masa khidmatnya sebagai ketua, Kiai Ali tetap aktif di kepengurusan PCNU Boyolali, hingga beberapa periode, dan terakhir ia mengemban amanah sebagai salah satu Mustasyar PCNU Boyolali masa khidmat 2018-20123.

 

Sementara itu, terkait info pemakaman Kiai Ali Muhson, menurut salah satu ustadz di Pesantren Al-Hikam, Muslikhun, jenazah KH Ali Muhson rencananya akan diberangkatkan dari rumah duka di kompleks Pesantren Al-Hikam Sorowaden, Banyudono, menuju ke tempat pemakaman, pada Jumat (8/1) pukul 10.00 WIB.

 

“Insyaallah akan dimakamkan besok Jumat, di kompleks pemakaman Yasadipura Pengging, Bendan, Banyudono,” terang Muslikhun.

 

Semoga Allah SWT memberikan ampunan dan rahmat kepada KH Ali Muhson. Lahul Fatihah.

 

Kontributor: Ajie Najmuddin

Editor: Abdul Muiz


Terkait

Obituari Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya