Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Video Tokoh Hikmah Arsip Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Daerah Cerpen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Internasional Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan

Lantik Pagar Nusa Riau, Gus Nabil Tegaskan Kemandirian Wajib Dibangun

Lantik Pagar Nusa Riau, Gus Nabil Tegaskan Kemandirian Wajib Dibangun
Ketua Umum Pimpinan Pusat Pencak Silat Nadlatu Ulam (PP PSNU) Pagar Nusa Muhammad Nabil Harun meletakkan batu pertama pembangunan kantor dan padepokan PC PSNU Pelalawan, Ahad (16/1/2022). (Foto: NU Online/Syakir NF)
Ketua Umum Pimpinan Pusat Pencak Silat Nadlatu Ulam (PP PSNU) Pagar Nusa Muhammad Nabil Harun meletakkan batu pertama pembangunan kantor dan padepokan PC PSNU Pelalawan, Ahad (16/1/2022). (Foto: NU Online/Syakir NF)

Pelalawan, NU Online

Ketua Umum Pimpinan Pusat Pencak Silat Nadlatul Ulama (PP PSNU) Pagar Nusa, Muhammad Nabil Haroen melantik secara resmi Pimpinan Wilayah PSNU Pagar Nusa masa khidmah 2021-2026.


Hal tersebut dilaksanakan berangkaian dengan memperingati Harlah Ke-96 Nahdlatul Ulama dan Harlah Ke-36 Pagar Nusa, di Pondok Pesantren Darurrahman Ukui, Pelalawan, Riau, Ahad (16/1/2022).


Dalam sambutannya, pria yang akrab disapa Gus Nabil itu menegaskan bahwa kemandirian Pagar Nusa harus dibangun dengan nyata. Ia melihat hal tersebut tumbuh di berbagai tempat. 


"Kemandirian yang ditunjukkan pendekar ini nyata," katanya di hadapan 800 pendekar Pagar Nusa se-Riau.


Kemandirian, salah satunya ditunjukkan dengan kemampuan beberapa pimpinan cabang PSNU Pagar Nusa di luar Jawa yang mulai membangun kantor sendiri dan padepokannya.


Selepas melantik, ia meletakkan batu pertama pembangunan kantor dan padepokan PC PSNU Pelalawan. Ia didampingi Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Riau T Rusli Achmad, Bupati Pelalawan H Syukri, dan Pengasuh Pondok Pesantren Darurrahman K Abdurrahman.


Ia juga akan meletakkan batu pertama pembangunan kantor dan padepokan Pagar Nusa di dua kabupaten lain di Provinsi Riau, yakni PC PSNU Pagar Nusa Kampar dan PC PSNU Pagar Nusa Bengkalis.


Dalam kesempatan tersebut, Gus Nabil juga menceritakan bahwa di bulan lalu, ia meletakkan batu pertama kantor PC PSNU di beberapa kabupaten di Lampung.


"Kemandirian Pagar Nusa sudah mulai berhasil. Kemandirian Pagar Nusa harus dibangun. Kita tidak bisa menggantungkan kepada siapapun kecuali kepada Allah swt dan kita sendiri," katanya.


Sementara itu, Ketua PWNU Riau T Rusli Achmad juga menyerahkan kantor PWNU saat ini untuk PW PSNU Pagar Nusa. Hal ini mengingat PWNU Riau sedang membangun gedung kantor sembilan lantai.


Secara khusus, Rusli meminta Gus Nabil agar datang kembali ke Riau dalam dua pekan ini atau bulan depan untuk meresmikan kantor PW PSNU Pagarnusa Riau.

Sementara itu, Ketua PW PSNU Pagar Nusa Provinsi Riau M Sulaiman Basyir pada kesempatan yang sama mengucapkan terima kasih kepada Gus Nabil dan Bupati Meranti H M Adil selaku dewan pembina PW Pagar Nusa Riau yang pada kesempatan itu memberikan modal Untuk pembuatan tiga kantor PC Pagar Nusa tersebut.


Sebelumnya, kegiatan ini diisi dengan Pendidikan Pertama (Diktama) Pasukan Inti (Pasti) Pagar Nusa selama tiga hari.


Kegiatan ini juga dihadiri Bupati Meranti H Muhammad Adil, Kapolres Pelalawan AKBP Guntur, Majelis Pendekar H Zainal Suwari, Komandan Pasti Malik, dan Wakil Sekretaris PP PSNU Pagar Nusa Nasrul Fani.


Pewarta: Syakir NF
Editor: Kendi Setiawan



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×