Hikmah

Nasihat Sayyidina Luqman al-Hakim untuk Anaknya

NU Online  Ā·  Senin, 15 April 2019 | 10:30 WIB

Dalam kitab al-Zuhd, Imam Ahmad bin Hanbal mengumpulkan beberapa nasihat Sayyidina Luqman al-Hakim untuk anaknya. Berikut dua dari sekian banyak nasihatnya:

Ų­ŁŽŲÆŁ‘ŁŽŲ«ŁŽŁ†ŁŽŲ§ Ų¹ŁŽŲØŁ’ŲÆŁ Ų§Ł„Ł„Ł‘ŁŽŁ‡ŁŲŒ Ų­ŁŽŲÆŁ‘ŁŽŲ«ŁŽŁ†ŁŽŲ§ أبِي، Ų­ŁŽŲÆŁ‘ŁŽŲ«ŁŽŁ†ŁŽŲ§ Ų³ŁŽŁŠŁ‘ŁŽŲ§Ų±ŁŒŲŒ Ų­ŁŽŲÆŁ‘ŁŽŲ«ŁŽŁ†ŁŽŲ§ Ų¬ŁŽŲ¹Ł’ŁŁŽŲ±ŁŒŲŒ Ų¹ŁŽŁ†Ł’ Ł…ŁŽŲ§Ł„ŁŁƒŁ ŁŠŁŽŲ¹Ł’Ł†ŁŁŠ Ų§ŲØŁ’Ł†ŁŽ ŲÆŁŁŠŁ†ŁŽŲ§Ų±Ł Ł‚ŁŽŲ§Ł„ŁŽ: Ł‚ŁŽŲ§Ł„ŁŽ Ł„ŁŁ‚Ł’Ł…ŁŽŲ§Ł†Ł لِابْنِهِ: ŁŠŁŽŲ§ ŲØŁŁ†ŁŽŁŠŁ‘ŁŽŲŒ Ų§ŲŖŁ‘ŁŽŲ®ŁŲ°Ł’ Ų·ŁŽŲ§Ų¹ŁŽŲ©ŁŽ Ų§Ł„Ł„Ł‘ŁŽŁ‡Ł ŲŖŁŲ¬ŁŽŲ§Ų±ŁŽŲ©Ł‹ ŲŖŁŽŲ£Ł’ŲŖŁŁƒŁŽ Ų§Ł„Ł’Ų£ŁŽŲ±Ł’ŲØŁŽŲ§Ų­Ł مِنْ ŲŗŁŽŁŠŁ’Ų±Ł ŲØŁŲ¶ŁŽŲ§Ų¹ŁŽŲ©Ł

Diceritakan oleh Abdullah, dari ayahku, dari Sayyar, dari Ja’far, dari Malik, yaitu Ibnu Dinar, ia bekata: ā€˜Luqman berkata pada anaknya: ā€œWahai anakku, jadikan ketaatan kepada Allah sebagai perniagaan, maka keuntungan akan mendatangimu tanpa modal barang dagangan.ā€ (Imam Ahmad bin Hanbal, al-Zuhd, Kairo: Dar al-Rayyan li al-Turats, 1992, h. 64)

Ų­ŁŽŲÆŁ‘ŁŽŲ«ŁŽŁ†ŁŽŲ§ Ų¹ŁŽŲØŁ’ŲÆŁ Ų§Ł„Ł„Ł‘ŁŽŁ‡ŁŲŒ Ų­ŁŽŲÆŁ‘ŁŽŲ«ŁŽŁ†ŁŽŲ§ أبِي، Ų­ŁŽŲÆŁ‘ŁŽŲ«ŁŽŁ†ŁŽŲ§ ŁŠŁŽŲ²ŁŁŠŲÆŁ ŲØŁ’Ł†Ł Ł‡ŁŽŲ§Ų±ŁŁˆŁ†ŁŽŲŒ Ų£ŁŽŁ†Ł’ŲØŁŽŲ£ŁŽŁ†ŁŽŲ§ Ų£ŁŽŲØŁŁˆ Ų§Ł„Ł’Ų£ŁŽŲ“Ł’Ł‡ŁŽŲØŁŲŒ Ų¹ŁŽŁ†Ł’ Ł…ŁŲ­ŁŽŁ…Ł‘ŁŽŲÆŁ بْنِ ŁˆŁŽŲ§Ų³ŁŲ¹Ł Ł‚ŁŽŲ§Ł„ŁŽ: ŁƒŁŽŲ§Ł†ŁŽ Ł„ŁŁ‚Ł’Ł…ŁŽŲ§Ł†Ł Ų¹ŁŽŁ„ŁŽŁŠŁ’Ł‡Ł Ų§Ł„Ų³Ł‘ŁŽŁ„ŁŽŲ§Ł…Ł ŁŠŁŽŁ‚ŁŁˆŁ„Ł لِابْنِهِ: ŁŠŁŽŲ§ ŲØŁŁ†ŁŽŁŠŁ‘ŁŽŲŒ Ų§ŲŖŁ‘ŁŽŁ‚Ł Ų§Ł„Ł„Ł‘ŁŽŁ‡ŁŽŲŒ ŁˆŁŽŁ„ŁŽŲ§ ŲŖŁŲ±Ł Ų§Ł„Ł†Ł‘ŁŽŲ§Ų³ŁŽ Ų£ŁŽŁ†Ł‘ŁŽŁƒŁŽ ŲŖŁŽŲ®Ł’Ų“ŁŽŁ‰ Ų§Ł„Ł„Ł‘ŁŽŁ‡ŁŽ Ų¹ŁŽŲ²Ł‘ŁŽ ŁˆŁŽŲ¬ŁŽŁ„Ł‘ŁŽŲ› Ł„ŁŁŠŁŁƒŁ’Ų±ŁŁ…ŁŁˆŁƒŁŽ ŲØŁŲ°ŁŽŁ„ŁŁƒŁŽŲŒ ŁˆŁŽŁ‚ŁŽŁ„Ł’ŲØŁŁƒŁŽ ŁŁŽŲ§Ų¬ŁŲ±ŁŒ

Diceritakan oleh Abdullah, dari ayahku, dari Yazid bin Harun, menceritakan Abu al-Asyhab, dari Muhammad bin Wasi’, ia berkata: Luqman al-Hakim as berkata pada anaknya: ā€œWahai anakku, bertakwalah kepada Allah, dan jangan tunjukkan pada manusia bahwa kau takut kepada Allah ā€˜azza wa jalla karena (mengharap) mereka memuliakanmu dengan itu, sedangkan hatimu (mudah) terhanyut.ā€ (Imam Ahmad bin Hanbal, al-Zuhd, Kairo: Dar al-Rayyan li al-Turats, 1992, h. 64)

****

Bicara soal Sayyidina Luqman al-Hakim memang tidak ada habisnya. Dari mulai perbedaan pendapat ulama tentang kenabiannya, sampai asal-usulnya. Dalam riwayat Sayyidina Ibnu Abbas (3-68 H), Luqman berasal dari Ethiopia. Menurut riwayat Sayyidina Sa’id bin Musayyab (15-94 H) dan Jabir bin Abdullah (16-78 H), ia berasal dari Nubia, Mesir atau Sudan. Ia berkulit hitam, berhidung pesek, pendek, dan berbibir tebal, menurut sebagian besar riwayat. (Imam Ibnu Katsir, TafsĆ®r al-Qur’ân al-ā€˜AdhĆ®m, Riyadl: Dar Thayyibah, 1999, juz 6, h. 333)

Sayyidina Luqman adalah seorang bijak bestari. Bukti bahwa semua orang punya peluang yang sama menjadi kekasih Tuhan, tanpa memandang warna kulit, latar belakang, dan muasal kelahirannya. Ia tidak sekedar memberi inspirasi, tapi inspirasi itu sendiri. Jejaknya terus hidup, mengajarkan semangat pada generasi setelahnya, terutama orang-orang yang berkeadaan sepertinya. Dalam satu riwayat, ketika seorang berkulit hitam datang, Sayyidina Sa’id bin Musayyab berkata:

لا تحزن من أجل Ų£Ł†Łƒ أسود، ف؄نه ŁƒŲ§Ł† من أخير الناس ثلاثة من Ų§Ł„Ų³ŁˆŲÆŲ§Ł†: ŲØŁ„Ų§Ł„ŲŒ ŁˆŁ…Ł‡Ų¬Ų¹ Ł…ŁˆŁ„Ł‰ عمر بن Ų§Ł„Ų®Ų·Ų§ŲØŲŒ ŁˆŁ„Ł‚Ł…Ų§Ł† Ų§Ł„Ų­ŁƒŁŠŁ…ŲŒ ŁƒŲ§Ł† أسود Ł†ŁˆŲØŁŠŲ§Ā 

ā€œJangan bersedih karena kau berkulit hitam. Karena sesungguhnya ada tiga manusia terbaik (berkulit hitam) dari Sudan: Bilal, Mahja’ maula (budak) Umar bin Khattab, dan Luqman al-Hakim, ia orang kulit hitam dari Nubia.ā€ (Imam Ibnu Katsir, TafsĆ®r al-Qur’ân al-ā€˜AdhĆ®m, juz 6, h. 333)

Seorang budak yang tidak memiliki kebebasan dan hak menentukan hidupnya, bisa menjadi orang saleh yang bijaksana. Kenapa kita yang dilahirkan merdeka, dengan segala kemudahannya, kadang tidak menjadi apa-apa. Hanya diingat oleh sebagian kecil keluarga dan teman, yang kemudian perlahan-lahan dilupakan orang-orang, sedangkan Sayyidina Luqman, dari masih berstatus budak, telah menunjukkan kebijaksanaannya. Artinya, di sela-sela keterbatasannya sebagai budak, ia meluangkan waktu untuk belajar, meluaskan kelapangan pikiran dan hatinya.

Dua nasihatnya di atas adalah bukti kecerdasannya. Ia mampu menyederhanakan pengetahuan berlevel tinggi agar dimengerti anaknya. Kita asumsikan ā€œbunayya—anakkuā€ di sini adalah anak kecil atau remaja, yang pemahamannya terhadap sesuatu belum sempurna. Dengan menggunakan diksi ā€œtijĆ¢rah—perniagaanā€, ia sedang menanamkan benih ketulusan di hati anaknya, bahwa untuk permulaan, anggaplah ketaatan kepada Allah sebagai perniagaan, dan kau akan mendapatkan keuntungan tanpa mengeluarkan modal. Seiring berjalannya waktu dan pengalaman hidup (berniaga sesama manusia), perlahan-lahan ia akan menyadari tidak ada mitra niaga yang sebaik Allah subhanahu wa ta’ala.

Di kalimat berikutnya, Sayyidina Luqman mengatakan, ā€œmaka keuntungan akan mendatangimu tanpa modal barang daganganā€. Kalimat ini mengandung dua hikmah penting. Pertama, penguat benih ketulusan yang telah ditanamkan. Kalimat, ā€œtanpa modal barang daganganā€, merupakan proses pengajaran agar tidak terlalu terikat dengan sifat kebendaan. Mudahnya begini, ketika seseorang berniaga dengan modal, ia mengharapkan keuntungan yang lebih dari modal yang dikeluarkannya, jika gagal ia akan diselimuti kekecewaan. Berbeda dengan perniagaan yang iming-iming keuntungannya tanpa mengeluarkan modal. Orang yang melakukannya tidak akan berhitung untung-rugi.

Kedua, ajaran untuk berprasangka baik kepada Tuhan (husnudhan), bahwa berbisnis dengan Tuhan tidak mungkin gagal. Karena sebenarnya Tuhan telah memberikan banyak modal kepada kita, dari mulai kehidupan yang tidak pernah diminta, hingga pengetahuan bahwa setiap yang bernyawa pasti mati. Ini menunjukkan pentingnya arti kehidupan dan pentingnya berbuat sesuatu dalam hidup dan memaknainya. Jadi, gagal dan tidaknya tergantung prasangka kita kepada Tuhan sebagaimana firmanNya (hadits qudsi): ā€œAnĆ¢ ā€˜inda dhanni ā€˜abdĆ® bî—Aku sesuai persangkaan hamba-Ku kepada-Ku.ā€

Di nasihat yang kedua, Sayyidina Luqman menginginkan anaknya untuk menjadi orang yang bertakwa. Menariknya, nasihat tersebut disertai dengan peringatan, bahwa kebaikan sangat dekat dengan riya dan ujub. Maka, Sayyidina Luqman meminta anaknya untuk menyembunyikan ketakwaannya kepada Allah agar tidak sampai dimuliakan dan dipuji. Sebab, hati manusia itu sangat rapuh, mudah tertarik dan benci atas sesuatu, dan mudah terhanyut dan terbuai akan sesuatu. Sebagai permulaan, cara teraman menghindari pujian adalah menyembunyikan amal baik dari orang lain.

Karena itu, sangat penting bagi kita untuk menasihati diri kita sendiri sebelum menasihati orang lain. Untuk menjadi penasihat dan orangtua yang baik seperti Sayyidina Luqman, kita harus memantaskan diri terlebih dahulu dengan belajar. Karena dengan pengetahuan, kita bisa memilih kata yang paling baik untuk menasihati. Jika Sayyidina Luqman saja, yang tidak tumbuh di lingkungan terbaik bisa menjadi orang saleh dan bijak. Tidak ada alasan bagi kita, yang tidak pernah menjadi budak, tidak bisa melakukannya. Benar, bukan?

Wallahu a’lam...


Muhammad Afiq Zahara, alumni Pondok Pesantren Darussa’adah, Bulus, Kritig, Petanahan, Kebumen.