Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Maulid dan Isra Mi`raj dalam Nadzoman Sunda

Maulid dan Isra Mi`raj dalam Nadzoman Sunda

Dari sekian banyak kitab nadzoman berbahasa sunda yang tersebar di daerah Jawa Barat, terdapat sebuah kitab yang berjudul Nadzam Al-Maulid Wal Mi`raj. Salah satu keunikan kitab tersebut adalah kita akan kesulitan mengetahui nama penulisnya.<>

Memang nama ulama penulis kitab tersebut tidak ditulis dalam kitab nadzoman ini, namun Kita dapat berspekulasi, penulisnya adalah ulama priangan timur, hal ini dikuatkan dengan nama penerbit kitab tersebut yang bernama toko Kairo Tasikmalaya.

Kitab Nadzam Al-Maulid Wal Mi`raj dibagi menjadi 2 bab, bab pertama menceritakan maulid Nabi Muhammad Saw., halamannya berjumlah 12 lembar, sementara bab kedua menceritakan perjalanan Isra dan Mi`raj Rasulullah Saw., tebalnya 9 halaman, diakhir kitab kita dapat menemukan selembar tulisan yang berisi shalawat badriyah berbahasa arab dan berbahasa sunda, sehingga jika dijumlahkan, tebalnya kitab Nadzam Al-Maulid Wal Mi`raj ini adalah 32 halaman.

Isi dari kitab ini sering dinadzamkan dalam sebuah pupujian yang dilaksanakan saat adzan usai dikumandangkan dan sebelum shalat berjamaah dimulai, mungkin sebagaian besar warga Nahdliyin di tatar sunda sudah mendengar pupujian dalam kitab ini, setidaknya pada bait-bait nadzaman di halaman pertama berikut ini:

Gusti urang sarerea                   Kangjeng Nabi anu mulya

Muhammad jenengana               Arab Quraisy ngabangsana

Ramana gusti Abdullah              Ibuna siti Aminah

Dibabarkeuna di Mekkah             Wengi senen taun gajah

 

Walau terhitung singkat dan tidak gamblang seperti halnya kitab-kitab atau buku sejarah, namun kitab ini bisa menjadi salah satu rujukan untuk mengetahui  sejarah maulid dan perjalanan isra mi`raj Nabi Muhammad Saw.

Di toko kitab H. Atang yang berlokasi di Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Subang, Kitab yang ditulis dengan menggunakan hurup arab pegon ini dijual dengan harga yang sangat terjangkau, hanya dengan mengantongi uang Rp. 2.000 saja, kita sudah dapat membelinya. (Aiz Luthfi/Red:Anam)



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×