Home Warta Nasional Khutbah Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Obituari Video Nikah/Keluarga Tokoh Hikmah Arsip

MA Salafiyah Kajen Pati Luncurkan Lajnah Falakiyah Salafiyah Besok

MA Salafiyah Kajen Pati Luncurkan Lajnah Falakiyah Salafiyah Besok
Flyer peluncuran Lajnah Falakiyah Salafiyah Kajen. (Foto: Dok. LFS Kajen)
Flyer peluncuran Lajnah Falakiyah Salafiyah Kajen. (Foto: Dok. LFS Kajen)

Pati, NU Online
Madrasah Aliyah Salafiyah Kajen, Kecamatan Margoyoso, Kabupaten Pati, Jawa Tengah mengagendakan peluncuran Lajnah Falakiyah Salafiyah (LFS) pada Ahad (8/8/2021) besok.


Hal tersebut dikatakan Dewan Pakar LFS Kajen Pati, H Abdul Mufid, kepada NU Online melalui sambungan telepon, Sabtu (7/8/2021).


“Ilmu Falak perlu dibumikan sampai ke generasi remaja milenial supaya mereka tidak hanya disibukkan dengan hal-hal yang tidak berguna, seperti bermain tiktok, instagram, chat WhatsApp, Facebook, Twitter, dan medsos yang lain,” kata Mufid, sapaan akrabnya.


Doktor muda jebolan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ini menambahkan, selain peluncuran LFS juga diagendakan webinar nasional bertema Membumikan Ilmu Falak untuk Perkembangan Saintek dan Kajian Keislaman bagi Remaja Milenial.


Menurut Ketua Prodi Ilmu Hadis (ILHA) STAI Khozinatul Ulum Blora ini, webinar diselenggarakan melalui Zoom Meeting dengan target 1000 peserta. Selain itu, juga dilakukan live streaming melalui channel YouTube MA Salafiyah Kajen Pati.


“Bagi peserta yang berminat untuk berinteraksi langsung bersama narasumber, bisa mendaftar dengan cara mengeklik Pendaftaran,” ungkap alumnus Fakultas Ushuluddin Universitas Al-Azhar Kairo Mesir ini.


Dalam catatan Mufid, Kepala Kanwil Kemenag Jateng H Musta’in Ahmad didaulat sebagai pembicara kunci dalam agenda ini. Dua narasumber otoritatif diundang sebagai pembahas, yakni Prof Thomas Djamaluddin (Kepala LAPAN) dan H Ahmad Izzuddin (Ketua Umum Asosiasi Dosen Ilmu Falak Indonesia). 


Kepala MA Salafiyah Kajen, H Ulil Albab, menambahkan bahwa kegiatan tersebut secara umum hendak memperkenalkan terbentuknya Lajnah Falakiyah Salafiyah kepada khalayak. 


“Secara khusus, webinar nasional dimaksudkan untuk menambah pengetahuan Ilmu Falak. Selain itu, hendak memaparkan peran dan fungsi Ilmu Falak untuk perkembangan saintek dan kajian keislaman kepada peserta didik MA Salafiyah Kajen,” imbuhnya.


Ia berharap, peserta didik memiliki gambaran umum dalam dunia Ilmu Falak. Kegiatan itu juga diselenggarakan untuk memberi motivasi kepada peserta didik dalam mendalami Ilmu Falak.


“Acara ini akan dibuka oleh Ketua Yayasan Salafiyah H Ulin Nuha dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati H Ali Arifin,” pungkasnya.


Pewarta: Musthofa Asrori
Editor: Kendi Setiawan


Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya