Home Warta Nasional Khutbah Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Obituari Video Nikah/Keluarga Tokoh Hikmah Arsip

LAZISNU Demak Salurkan 1.500 Paket Sembako untuk Korban Banjir di Sayung

LAZISNU Demak Salurkan 1.500 Paket Sembako untuk Korban Banjir di Sayung
foto: ilustrasi
foto: ilustrasi

Demak, NU Online 

Pengurus Cabang (PC) Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Demak menyiapkan 1.500 paket sembako untuk membantu masyarakat terdampak akibat bencana banjir yang melanda wilayah Kecamatan Sayung Demak beberapa hari lalu.

 

Ketua PC LAZISNU Demak Zayinul Fatah mengatakan, khusus untuk membantu korban atau warga terdampak akibat bencana banjir di beberapa desa di kecamatan Sayung, LAZISNU Demak menggalang bantuan dari berbagai pihak yang memiliki program bantuan untuk bencana.

 

"Selain itu kami juga akan membuka akses ke berbagai pihak yang memiliki akses ke lembaga-lembaga donor untuk meringankan beban warga terdampak akibat bencana banjir di enam desa di wilayah kecamatan Sayung Demak," kata Zayin saat meninjau aktivitas Posko NU Sayung Peduli Banjir di Kantor Pengurus Ranting NU Desa Tambakroto Sayung Demak, Rabu (10/2).

 

Disampaikan, informasi yang didapat dari Posko NU Sayung setelah melakukan asesmen menyebutkan bahwa ada delapan desa di Kecamatan Sayung yang dilanda banjir sejak akhir pekan lalu.

 

"Rinciannya tujuh desa meliputi Prampelan, Dombo, Kalisari, Sayung, Purwosari, Tambakroto, dan Purwosari tergenang karena luapan air dan jebolnya tanggul sungai Sayung dan Dombo," terangnya.

 

Satu desa lagi lanjutnya, adalah Desa Pilangsari yang terdampak akibat melubernya air sungai Blerong karena tidak mampu menampung kiriman air dari arah selatan. Selain luberan air dari aliran sungai, bencana banjir ini juga disebabkan curah hujan yang tinggi beberapa hari lalu.

 

"Agar tidak tumpang tindih ditempuh langkah lain, yakni membuka akses ke lembaga donor atau mitra perjuangan LAZISNU. Alhamdulilah, Fathan Centre (lembaga studi dan  pemberdayaan masyarakat), membantu korban banjir Sayung berupa 1.500 paket sembako yang diserahkan kepada korban banjir melalui Posko NU Sayung pada hari ini," terangnya.

 

"Kami percayakan kepada Posko NU Sayung yang sudah melakukan asesmen dan memiliki jaringan kuat di kawasan terdampak yang tak lain adalah basis nahdliyin," sambungnya.

 

Ketua Pimpinan Anak Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Sayung Demak Muslih Ubaidillah selaku koordinator markas Posko NU berterima kasih atas amanat yang diberikan ini.

 

"Amanat dari LAZISNU Demak ini akan kami realisasikan dan pertanggungjawabkan dengan baik. Dipastikan sembako ini akan sampai di tangan yang berhak," pungkasnya.

 

Kontributor: Samsul Huda
Editor: Abdul Muiz


Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya