Home Nasional Khutbah Warta Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Nikah/Keluarga Video Obituari Tokoh Hikmah Arsip

LAZISNU Jombang Bantu Masyarakat Terdampak Banjir dan Longsor

LAZISNU Jombang Bantu Masyarakat Terdampak Banjir dan Longsor
Bantuan kemanusiaan LAZISNU Jombang diberikan kepada masyarakat terdampak bencana. (Foto: Istimewa)
Bantuan kemanusiaan LAZISNU Jombang diberikan kepada masyarakat terdampak bencana. (Foto: Istimewa)
Jombang, NU Online
Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Jombang, Jawa Timur gerak cepat menyalurkan bantuan untuk masyarakat terdampak bencana di beberapa titik, seperti banjir di Kecamatan Bareng dan tanah longsor di Wonosalam, Jombang.
 
"Terima kasih sudah diberi bantuan, semoga bencana ini cepat berakhir dan pulih seperti sedia kala dan masyarakat bisa kembali beraktivitas secara normal," ujar salah seorang warga Desa Banjaragung, Barang, Khoir, Rabu (3/2).
 
Pria yang juga Ketua Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) mengatakan, banjir di Banjaragung terjadi secara tiba-tiba, warga tak pernah mengira akan terjadi banjir sebelum-sebelumnya.
 
Bendahara LAZISNU Jombang, Mohammad Fatih Sururi menegaskan bahwa LAZISNU selalu hadir di tengah masyarakat membantu meringankan beban mereka yang sedang ditimpa musibah atau bencana.
 
"LAZISNU melakukan ini untuk membantu warga terdampak banjir bandang khususnya di Desa Banjaragung, Bareng," jelasnya.
 
Tim LAZISNU Jombang dalam perjalanan menuju lokasi bencana di Kecamatan Bareng dan Wonosalam 
 
Ia menyebutkan selain menerjunkan tim dan relawan ke Desa Banjaragung, Bareng, LAZISNU Jombang juga menyalurkan bantuan ke Desa Jarak, Wonosalam yang sempat terisolasi.
 
"LAZISNU menyalurkan kebutuhan pokok masyarakat yang terdampak, seperti paket sembako, peralatan mandi, dan baju layak pakai," imbuhnya.
 
Musim hujan yang masih panjang mengharuskan warga agar kian meningkatkan kewaspadaannya. Terutama bagi warga yang bertempat tinggal di berbagai kawasan rawan terjadi bencana.
 
"Sebelumnya sudah hujan selama dua jam dan saya memberi tahu masyarakat harus waspada, akhirnya air sungai meluap karena tidak melewati jalan yang biasanya, tapi melebar melewati jalan menuju pemukiman warga setempat," jelas Ketua RT 07, Dusun Tegalrejo, Desa Jarak, Sugianto, Kamis, (4/2).
 
Masyarakat yang sebelumnya mengandalkan sanitasi melalui pipa, lanjut dia, harus terputus lantaran terkena banjir. "Jalanan bisa terbuka saja, kami sudah Alhamdulillah," pungkasnya.
 
Sekadar informasi, LAZISNU Jombang membuka donasi untuk bencana di Jombang melalui rekening Bank Syariah Mandiri 7019992211 (Kode 451) an LAZISNU atau donasi bisa langsung disalurkan ke Kantor LAZISNU Jombang, Jalan Gatot Subroto no 4 Jelakombo Jombang.
 
Kontributor: Rifatuz Zuhro
Editor: Syamsul Arifin

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya