Home Nasional Khutbah Warta Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Nikah/Keluarga Video Obituari Tokoh Hikmah Arsip

Lakpesdam NU Bulukumba Latih para Santri Giat Menulis

Lakpesdam NU Bulukumba Latih para Santri Giat Menulis
Lakpesdam PCNU Kabupaten Bulukumba aktif mengisi pelatihan di Pondok Pesantren As'adiyah Baburahman Galung Beru, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Senin (27/12).
Lakpesdam PCNU Kabupaten Bulukumba aktif mengisi pelatihan di Pondok Pesantren As'adiyah Baburahman Galung Beru, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Senin (27/12).

Bulukumba, NU Online
Lembaga Kajian dan Pengembangan Suber Daya Manusia (Lakpesdam) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Bulukumba menyelenggarakan pelatihan Jurnalisme Santri di Pondok Pesantren As'adiyah Baburahman Galung Beru, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Senin (27/12).


Pelatihan yang diikuti santri putra dan santri putri ini berlangsung pada 27-29 Desember dengan tema “Ceria Bersama Sahabat, Kembali ke Pondok". Kegiatan tersebut digelar untuk membekali para santri pengetahuan dan keterampilan menulis sebagai bagian dari cara memperkaya media dakwah. 


"Mendorong santri untuk berkarya lewat menulis, karena dengan menulis santri menjadi lebih produktif," ujar Ketua Lakpesdam PCNU Bulukumba Nur Al Ala.


Para peserta juga diberikan wawasan dasar-dasar menulis karya sastra seperti, puisi cerpen, cermin, novel dan roman yang diharapkan menjadi sahabat dalam rindu para santri atas rumah dan orang tua.


Pengasuh Pondok Pesantren As'adiyah Baburahman Galung Beru Kabupaten Bulukuba KH Rusli Rahman merespons baik kegiatan tersebut. Baginya, pelatihan ini menjadi wadah bagi santri dalam mengasah keterampilan baru. 


Menurut Rusli, tak hanya menjadi dai, khatib, dan hafidz, santri juga bisa menjadi jurnalis. Para santri diharapkan mampu menangkal hoaks dan memfilter berita-berita yang tidak bermamfaat.


"Olehnya itu, ke depan kami berharap pelatihan jurnalis ini diselenggarakan per semester dan dijadikan ekstrakulikuler di pesantren, sehingga santri mampu berkompetisi khususnya di luar Kabupaten Bulukumba," jelasnya.


Kontributor: A Saeful
Editor: Mahbib K
 



Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya