Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Gebyar Maulid MAJT dengan Festival Rebana

Gebyar Maulid MAJT dengan Festival  Rebana

Semarang, NU Online
Menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 1433 H, Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) akan menyelenggarakan serangkaian kegiatan selama dua pekan penuh. 

Kegiatan dimulai Rabu (25/1) berupa pembacaan kitab Maulid Nabi tiap malam usai sholat isya’ selama 12 hari, sampai Sabtu (4/2). Atau mulai tanggal 1 sampai 12 Rabiul Awal 1433 H.
<>
Pembacaan maulid ini akan diiringi oleh grup rebana Risma JT dan grup rebana dari masjid di sekitar MAJT secara bergiliran sesuai jadwal yang ditentukan.

Di akhir even, Sabtu malam (4/2) akan diadakan lomba rebana lintas golongan dan generasi. Baik dari grup rebana jama’ah masjid, majlis ta’lim, pondok pesantren, sekolah/madrasah, perguruan tinggi dan masyarakat umum.

Lomba Rebana ini akan merebutkan trofi dari Gubernur Jawa Tengah bagi juara I,  piala dari  Kakanwil Kementrian Agama Jawa Tengah untuk juara II, dan tropi dari Ketua Badan Pengelola MAJT bagi juara III. Plus uang uang pembinaan dan piagam penghargaan.

Ketua Umum Remaja Islam Masjid Agung Jawa Tengah (Risma JT) Ahsan Fauzi mengatakan, lomba rebana diselenggarakan untuk melestarikan kebudayan Islam dan mencari bibit unggul grup rebana yang ada di Jawa tengah.

Diungkapkannya, berdasarkan rekap dari panitia sampai kemarin sudah ada 26 grup yang sudah mendaftar. Baik utusan drup remaja masjid, majlis taklim, pondok pesantren, sekolah, kampus. Yang menarik, ada juga pendaftar dari unsur TNI, yakni grup rebana Asrama Yonif 400/Raider Semarang. 

“Pendaftar yang masuk sudah 26 grup rebana. Yang menarik, satu pendaftar dari unsur TNI, yaiu dari Asrama Yonif 400/Raider Semarang,” tuturnya sambil tersenyum gembira.

Ahsan menambahkan, Risma JT selaku pelaksana haflah Maulid Nabi, akan menghadirkan oleh KH Habib Umar Muthohar Minggu sebagai pembicara pengajian umum pada Minggu (5/2). Kegiatan yang rencananya dihelat setelah subuh ini akan diramaikan oleh grup rebana Risma JT dan pembacaan kitab maulid oleh Habib Novel beserta grup rebananya.

Puncak acara, pada Selasa (7/2) malam, Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo akan hadir dalam pengajian  kubro Maulid Nabi Muhammad SAW 1433 H yang diorganisir oleh BP MAJT. Gubernur dijadwalkan akan memberikan piala kepada para pemenang Lomba Rebana.

Adapun pemberi mauidhoh hasanah dalam even ini adalah Habib Sholeh Muhammad al-Jufri dari Solo. Seluruh rangkaian kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW akan dilaksanakan di ruang utama MAJT dan halaman sekitarnya.



Redaktur     : Mukafi Niam
Kontributor: Ichwan



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×