Home Warta Nasional Khutbah Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Obituari Video Nikah/Keluarga Tokoh Hikmah Arsip

Gandeng PMI, Pesantren Darul A’mal Metro Gelar Donor Darah

Gandeng PMI, Pesantren Darul A’mal Metro Gelar Donor Darah
Donor darah massal Pondok Pesantren Darul A’mal Metro, Lampung (Foto: Istimewa)
Donor darah massal Pondok Pesantren Darul A’mal Metro, Lampung (Foto: Istimewa)

Metro, NU Online
Pondok Pesantren Darul A’mal Metro, Lampung bekerjasama dengan Unit Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Metro menyelenggarakan kegiatan donor darah massal pada Selasa (15/2). Kegiatan yang dilaksanakan di halaman pesantren tersebut ditujukan untuk terus memupuk kepedulian sosial dan menebar nilai-nilai kasih sayang sesama manusia  atau ukhuwah basyariyah.


Alhamdulillah, kami berkomitmen untuk terus secara rutin melaksanakan kegiatan donor darah seperti saat ini. Ini merupakan kali kedua setelah pada tiga bulan yang lalu kami juga melaksanakan kegiatan serupa,” ungkap Ketua Yayasan Darul A’mal Gus Kudrattulloh Sidiq.


Gus Sodiq pun menyampaikan apresiasinya kepada seluruh pendonor dan keluarga besar pesantren tersebut yang telah antusias menyukseskan kegiatan sosial tersebut sehingga dapat berjalan dengan aman dan lancar.


“Kami atas nama Pesantren Darul A’mal juga mengucapkan terimakasih kepada semua pendonor atas keikhlasannya mendonorkan darahnya untuk saudara-saudara kita yang membutuhkan. Dan juga kepada seluruh dewan guru, pengurus, alumni dan santri Darul A’mal yang telah dengan antusias mengikuti kegiatan ini,” ungkapnya.


Pada kegiatan yang tetap menerapkan protokol kesehatan ketat tersebut, sebanyak 174 pendonor mendaftarkan diri. Namun setelah dilakukan pengecekan awal terhadap para calon pendonor tersebut, terdapat 28 orang yang tidak memenuhi syarat.


“Kami memiliki standar bagi calon pendonor darah, sehingga tadi terdapat 28 calon pendonor yang tidak bisa ikut karena beberapa hal, seperti HB rendah dan ada juga yang terdeteksi masih mengkonsumsi obat dari dokter,“ kata Kepala Unit Donor Darah PMI Kota Metro dr Ade Kurniawan.


Terkait kegiatan tersebut, dr Ade mengungkapkan bahwa di Kota Metro, Pesantren Darul A’mal merupakan pesantren pertama yang melaksanakan donor darah secara massal. Ia pun menyampaikan apresiasinya pada keluarga besar Pesantren Darul A’mal dan berharap kegiatan tersebut mendapatkan keberkahan.


Ia juga berharap kegiatan sosial donor darah tersebut dapat terus dilaksanakan sehingga nilai-nilai kemanusiaan akan terus terpupuk. Selain itu juga, dengan adanya kegiatan semacam ini stok darah khususnya di PMI Kota Metro akan bisa terjaga.


Kontributor: Taufiqurrahman HS
Editor: Muhammad Faizin


Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya