Home Nasional Khutbah Warta Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Nikah/Keluarga Video Obituari Tokoh Hikmah Arsip

Film ‘Mbatil’ Karya Fatayat NU Kudus Raih Juara Pertama

Film ‘Mbatil’ Karya Fatayat NU Kudus Raih Juara Pertama
Pengumuman hasil lomba video pendek yang dihelat PW Fatayat NU Jateng (Foto: dokumen Fatayat NU)
Pengumuman hasil lomba video pendek yang dihelat PW Fatayat NU Jateng (Foto: dokumen Fatayat NU)

Semarang, NU Online

Film ‘Mbatil’ karya Pimpinan Cabang (PC) Fatayat Nahdlatul Ulama (Fatayat NU) Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, berhasil menjadi pemenang dalam ajang lomba video pendek Kampanye 16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan (HAKTP) yang diselenggarakan PW Fatayat NU Jawa Tengah.

 

Pengumuman nama para pemenang disampaikan dalam acara Seminar Nasional kampanye 16 HAKTP bertema 'Stop Kekerasan terhadap Perempuan' yang berlangsung di lantai 3 Aula Kantor PWNU Jawa Tengah,Jl dr Cipto 180 Semarang, belum lama ini (8/12).

 

Kepada NU Online Selasa (15/12), Ketua PC Fatayat NU Kudus Nik Hayati mengatakan, pihaknya tidak menyangka film ‘Mbatil’ yang merupakan hasil kerja sama dengan komunitas Elmabar (Lancar Manfaat Berkah) ini akan meraih atensi yang besar dari netizen.

 

“Alhamdulillah, film ini mendapatkan atensi yang cukup besar, dengan banyaknya penonton serta yang menyukai film tersebut. Namun, terlepas dari itu semua, sebetulnya yang terpenting adalah pesan yang ingin kami sampaikan, yakni tentang kekerasan yang kerap kali terjadi terhadap kaum perempuan,” kata dia.

 

Senada dengan Nik Hayati, Ketua PW Fatayat NU Jawa Tengah Tazkiyyatul Muthmainnah mengungkapkan, penilaian dalam ajang lomba video pendek ini tidak berdasarkan pada banyaknya like atau subscribe. Tetapi, berdasarkan kriteria isi pesan yang disampaikan terkait anti kekerasan terhadap perempuan dan ajakan untuk berani lapor.

 

“Film 'mbatil' memenuhi kriteria lantaran mampu menggambarkan adanya kekerasan perempuan dan sarat pesan keberanian untuk melaporkan hal itu,” ungkapnya.

 

Ia menambahkan, perempuan harus terbuka dan berani melaporkan kekerasan atau pelecehan seksual meskipun dilakukan oleh keluarga dekat sendiri, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

 

Sementara itu, penanggung jawab lomba video pendek PW Fatayat NU Jateng Alatin Malihah mengatakan, ada 71 peserta yang mengikuti kegiatan lomba ini. “Selain menetapkan film ‘Mbatil’ sebagai juara pertama, panitia juga mengumumkan pemenang juara harapan dan juara favorit. 

 

Berikut ini daftarnya:

 

Juara Utama

1. Film ‘Mbatil’ (karya PC Fatayat NU Kudus)

2. Film ‘Mbakyuku' (PC Fatayat NU Kab. Tegal)

3. Film ‘Pacarku Tempramental‘ (Elicia Melfy N.)

 

Juara Harapan:

1. Film ‘Padhu’ (PR Fatayat NU Sumur Tawang Lasem)

2. Film ‘Istri yang Tersakiti’ (PR Fatayat NU Purwosari Temanggung)

3. Film ‘Sembrono’ (PC Fatayat NU Boyolali)

 

Juara Favorit film berjudul ‘Aku Perempuan’ (Ari Nungky)

 

Kontributor: Ajie Najmuddin
Editor: Abdul Muiz


Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya