Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Peringati Maulid, Masjid Al-Munawwaroh Bagikan Ribuan Sembako

Peringati Maulid, Masjid Al-Munawwaroh Bagikan Ribuan Sembako

Jakarta, NU Online
Ribuan jamaah yang terdiri dari berbagai majlis ta'lim dan perwakilan Masjid-Musholla menghadiri peringatan malid Nabi Muhammad SAW yang digelar di Masjid Al-Munawwaroh Ciganjur Jakarta, akhir pekan kemarin (3/3). Mereka datang secara swadaya dengan menggunakan berbagai kendaraan, mulai dari sepeda motor, angkutan umum hingga mobil pribadi.

Dalam Acara maulid Nabi kali ini, Masjid Al-Munawwaroh yang beralamat di Jl. Warung Sila No. 10 ini juga membagikan ribuan bungkus sembako untuk melestarikan tradisi sedekah sebagai perilaku positif dalam peringatan maulid. Ribuan Ibu-ibu dan jamaah dengan tertib mengantri untuk mendapatkan sembako.<>


Bertindak sebagai penceramah dalam pengajian kali ini adalah Wakil Ketua Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) KH Syamsul Ma'arif. Sementara sebelum acara dimulai, ribuan jamaah ini mengikuti Istighotsah dan dzikir bersama.

Dalam ceramahnya di Masjid peninggalan KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ini, Syamsul mengajak kepada para jamaah untuk selalu meneladani Rasulullah Muhammad SAW  sebagai nabi terakhir. Tidak pernah lagi akan ada seorang nabi di dunia ini hingga hari kiamat kelak.


"Sebagai umat Islam, teladan paling utama adalah Nabi Muhammad SAW, cinta paling utama kita adalah kepada Nabi Muhammad SAW dan panutan utama dalam kehidupan berkeluarga dan bermasyarakat adalah Nabi Muhammad SAW," tutur Syamsul di hadapan ribuan jamaah. 


Lebih lanjut Syamsul menyatakan, masyarakat yang hidup dalam nilai-nilai ajaran Rasulullah SAW akan mendapatkan ketentraman dan keberkahan dari Allah SWT. Sementara masyarakat yang jauh dari ajaran-ajaran Rasulullah SAW akan berada dalam kegelisahan dan kesemrawutan.


Sementara itu Ketua Harian Masjid Al-Munawwaroh H Syaifullah Amin menyatakan, acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini terselenggara atas inisiatif para pengurus dengan partisipasi dari masyarakat.

"Ada sebuah tradisi di masyarakat Jakarta, untuk berpartisipasi sedekah dalam pelaksanaan Maulid Nabi. Karenanya pengurus membuka peluang kepada masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam penyelenggaraan maulid kali ini," tutur Syaifullah.



Penulis : Mahbib Khoiron



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Warta Lainnya

Terpopuler Warta

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×