Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Maulid Nabi Diperingati dengan Jalan Sehat

Maulid Nabi Diperingati dengan Jalan Sehat
Probolinggo, NU Online
Pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MCNU) Kecamatan Dringu punya cara tersendiri dalam  memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Peringatan Maulid tak hanya diisi dengan kegiatan pengajian atau ceramah agama, namun MWCNU Kec. Dringu bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Probolinggo menggelar kegiatan jalan sehat.

Jalan sehat yang menempuh rute sejauh 5 kilometer ini diikuti ribuan peserta dengan star dan finish di halaman kantor Kecamatan Dringu. Kontan saja, Ahad (27/2) sejak pukul 05.00 WIB halaman kantor kecamatan sudah dipenuhi pesera yang berasal dari sekolah-sekolah mulai SD hingga SMA, karyawan/karyawati pemerintah daerah, Kepala Desa dan perangkat desa se Kecamatan Dringu.<>

Jalan sehat kali ini makin istimewa dengan kehadiran Bupati Probolinggo Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si yang sekaligus mengibarkan bendera start tanda dimulainya kegiatan tepat pukul 06.30 WIB. Hadir pula Ketua DPRD Ahmad Badawi, Camat Dringu Buwang Ponadi, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Ibrahim Muhammad dan beberapa kepala satuan kerja di lingkungan Pemkab Probolinggo

Nampak pula Ketua PCNU Kabupaten Probolinggo KH. Saiful Hadi, Ketua MWCNU Kecamatan Dringu Sugito dan Ketua PAC GP Anshor Kecamatan Dringu Mahfud Hidayatullah beserta jajaran pengurus dan anggota serta alim ulama dan tokoh masyarakat Kecamatan Dringu dan sekitarnya.

Rute yang ditempuh mengelilingi wilayah Kecamatan Dringu mulai start Kantor Kecamatan kemudian menuju arah utara pasar Dringu kemudian berbelok ke timur melewati SDN Dringu, kemudian ke arah selatan melewati Desa Kalisalam, kembali ke jalan raya ke arah barat hingga finish di Kantor Kecamatan Dringu.

Di tempat finish, sambil beristirahat para peserta dihibur dengan suguhan musik electone yang menyelingi pengundian hadiah. Pada jalan sehat kali ini, panitia menyediakan puluhan door prize dan hadiah utama berupa satu unit televisi dan 10 ekor kambing.

Di sela-sela penyerahan hadiah, Bupati Hasan dalam sambutannya menjelaskan bahwa jalan sehat yang digelar dalam rangka memperingati Maulid Nabi hari itu merupakan salah satu upaya untuk melakukan syiar Islam dengan cara yang sedikit berbeda dari biasanya.“Dengan jalan sehat ini kita akan mendapatkan banyak manfaat, selain untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh juga sebagai sarana syiar Islam”, ujarnya.

Selain itu menurut Bupati Hasan, dengan berjalan menyusuri jalan-jalan desa kita dapat melihat langsung kondisi masyarakat di daerah. “Gotong royong masyarakat yang membersihkan sungai-sungai kecil dan drainase masih tetap terpelihara di desa. Kerjasama dan gotong royong ini yang harus kita pertahankan”, tegasnya.

Sementara, Ketua PAC Anshor Kecamatan Dringu Mahfud Hidayatullah mengatakan, hadiah utama yang disediakan panitia memang agak lain dari biasanya yakni 10 ekor kambing. “Nabi Muhammad dahulu juga pernah beternak kambing, oleh karena itu kami juga memberikan hadiah kambing dengan harapan kambing-kambing ini dipelihara dengan baik dan dapat memberikan manfaat”, terangnya. (and)


Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Warta Lainnya

Terpopuler Warta

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×