Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Mauduq Lompoa, PCNU Makassar Agendakan 1400 Pembaca Barzanji

Mauduq Lompoa, PCNU Makassar Agendakan 1400 Pembaca Barzanji
Makassar, NU Online
Bersamaan dengan momentum Harlah ke-85 Nahdlatul Ulama, Pengurus Cabang NU Kota Makassar menggelar rapat kordinasi (rakor) bulanan. Agenda pokok yang menjadi fokus pembicaraan dalam rakor kali ini, yaitu rencana maulid tradisional yang akan dilaksanakan tanggal 25 Februari mendatang.

Peringatan maulid kerjasama PCNU dengan Pemerintah Makassar dipopulerkan dengan nama Mauduq Lompoa (Bahasa Makassar: maulid besar), sebuah konsep yang selama ini menandai perayaan maulid nabi dalam nuansa tradisional dengan melibatkan peserta yang relatif dalam jumlah besar.<>

“Diagendakan 1400 pembaca barzanji akan memeriahkan mauduq lompo tersebut. Mereka berasal dari 14 kecamatan di Kota Makassar,” kata Ketua Tanfidziyah PCNU Kota Makassar, H Abd. Kadir Ahmad dalam rakor rutin tersebut yang diadakan di kediamannya (30/1) dan dihadiri pengurus cabang, lembaga, badan otonom, dan majelis wakil cabang NU se Kota Makassar.

Tempat maulid direncanakan di lapangan Karebosi. Maulid tradisional didesain sedemikian rupa dengan melibatkan seniman di Kota Makasar, sehingga selain memiliki nilai religius juga kental dengan nuansa budaya dan seni lokal.

“Dalam kondisi bangsa ini mengalami kepungan budaya populer dan budaya instan, pelaksanaan perayaan maulid dengan kemasan tradisional membawa pesan kuat akan pentingnya pelestarian budaya lokal untuk menjaga eksistensi bangsa yang bhinneka tunggal ika,” kata Kadir.

Sementara itu Rakor bulalan PCNU itu juga dirangkai dengan doa sehubungan dengan tugas baru Ketua PCNU sebagai pemegang amanah Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Gorontalo. (nam)


Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Warta Lainnya

Terpopuler Warta

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×