Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Masih Ada Kelompok yang Anti Maulid Nabi

Masih Ada Kelompok yang Anti Maulid Nabi
Majalengka, NU Online
Meski peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW atau Maulid Nabi telah dilaksanakan secara nasional, namun warga di beberapa daerah masih mengeluhkan adanya kelompok yang melarang peringatan ini. Kata mereka, peringatan Maulid Nabi tidak diajarkan dalam syariat Islam.

Seperti diungkapkan Ust. Khoeruddain saat pihaknya menggelar peringatan Maulid Nabi di Desa Ciborelang kecamatan Jatiwangi kabupaten Majalengka di Balai Pertemuan Kampung, Rabu (16/2) kemarin. Menurutnya, ada beberapa kelompok yang datang ke rumahnya dengan terang-terangan memintanya untuk tidak melaksanakan Maulid Nabi.<>

“Dengan terang-terangan mereka meminta untuk tidak melaksanakan Maulid Nabi. Saya katakan pada mereka, saya orang NU. Saya bangga menjadi orang NU. Saya suka diba'an, dan saya suka Maulid Nabi dan tahlil. Untuk itu, kalau ada orang-orang yang melarang kegiatan-kegiatan itu maka saya berada di garda terdepan di desa Ciborelang ini yang akan menghadapinya," katanya.

Menurutnya, di tempatnya banyak orang-orang yang mengaku reformis atau pembaharu Islam yang terus melarang peringatan maulid Nabi di Ciborelang. Padahal 95% warga masyarakat desa Ciborelang berpaham Ahlussunnah Waljamaah dan suka dengan tradisi Maulid Nabi. “Karena dalam hal itu ada hikmah yang dapat kita petik,“ jelasnya.

Ditambahkan kegiatan Maulid Nabi merupakan ungkapan rasa syukur akan kelahiran Nabi Muhammad SAW dan untuk memelihara tradisi para wali, ulama, dan karuhun (nenek moyang), warga masyarakat Ciborelang.

Sementara itu acara Maulid Nabi di dusun Babakan Langensari Desa Cibiorelang yang dimulai sejak pukul 14.00 WIB ini dihadiri oleh aparat Desa Ciborelang, Kadus, RW, tokoh dan sesepuh masyarakat Babakan. Tampak hadir dalam acara tersebut Kaur Kesra Desa Ciborelang, Ust. Khoeruddain, Tokoh dan sesepuh Babakan yang juga pemilik RM Langensari, H. Moch. Kosim Fauzan, Ketua Yayasan Al-Mizan, M Zaenal Muhyidin, dan Ketua RW 10, Dedi Suherman, M.Pd.

Dalam sambutannya, Dedi mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan tiap tahun. Tahun ini merupakan tahun kesembilan dari acara maulid nabi yang diadakan mulai tahun 2003. Selain itu, Dedi menambahkan, kegiatan ini juga dimaksudkan sebagai upaya untuk mengenal dan meneladani sosok Nabi Muhammad SAW dan mengikuti sunnahnya. (mzm/nam)


Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Warta Lainnya

Terpopuler Warta

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×