Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

LTM-PBNU: Jadikan Masjid Tempat Membangun Peradaban Umat

LTM-PBNU: Jadikan Masjid Tempat Membangun Peradaban Umat

Biak Numfor, NU Online
Ketua Lembaga Takmir Masjid Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LTM-PBNU) KH Abdul Manan mengharapkan agar masjid tidak hanya berfungsi sebagai sarana ibadah seperti shalat juga menjadi tempat membangun peradaban umat Islam.

"Masjid dapat berfungsi sebagai pusat ibadah, pemberdayaan dan persatuan umat dalam rangka meningkatkan keimanan, ketaqwaan, akhlak mulia, kecerdasan umat dan tercapainya masyarakat adil dan makmur yang diridhai Allah SWT," ungkap KH Abdul Manan pada perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW 1433 H di Biak Numfor, Ahad (12/2).<>

Ia mengajak, para takmir masjid di kabupaten Biak Numfor harus mampu mengoptimalkan pemberdayaan fungsi masjid sehingga dapat memberikan kesejahteraan bagi jamaah setempat dalam melaksanakan perintah Allah SWT.

"Manajemen masjid pengertiannya bagaimana kita mencapai tujuan Islam mewujudkan masyarakat, umat yang diridhai oleh Allah SWT melalui fungsi yang dapat disumbangkan lembaga masjid dengan segala pendukungnya," ujarnya.

Bahkan di masjid fungsi iman atau takmir masjid bukan hanya mengurusi masalah ibadah saja tetapi perlu memanfaatkan lokasi samping kiri kanan masjid seperti membangun kelinik pengobatan, pendidikan serta mendidik iman menjadi dokter bagi jemaah setempat,

Untuk mewujudkan fungsi masjid yang ideal dalam membina umat, lanjut Kiai Manan, pengurus takmir masjid perlu melakukan pembenahan manajemen pembedayaan masjid sesuai konsep Islam.

"Jika pemberdayaan setiap masjid berjalan dengan baik maka masjid dapat menjadi pusat kegiatan umat yang dapat membuatkan dan menciptakan masyarakat sekelilingnya menjadi masyarakat yang baik, sejahtera, rukun, damai dalam siraman rahmat Allah SWT sebagaimana digambarkan dalam Al Quran surat Saba ayat 34," ungkap Kiai Manan.

Tablik akbar warga Nahdiyin dalam rangka perayaan maulid Nabi Muhammad SAW 1433 H berlangsung dengan aman dan lancar yang dipusatkan di masjid Almukminin kampung Sorido Biak.



Redaktur : Syaifullah Amin



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Warta Lainnya

Terpopuler Warta

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×