Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

IPNU Harus Tetap Jaga Tradisi Ulama

IPNU Harus Tetap Jaga Tradisi Ulama
Jepara, NU Online
Usia Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU), salah satu NU kini telah menginjak lima puluh tujuh tahun. Pada usianya yang semakin sepuh, para kader muda Nahdliyyin seyogianya tetap mempertahankan tradisi Ulama terdahulu. Demikian dikemukakan ketua PC IPNU Jepara, Muhammad Muftil Umam.

“Kader NU harus selalu mempertahankan tradisi Ulama terdahulu agar tidak musnah nantinya,” kata kepada NU Online, Jumat (25/2) disela-sela Peringatan Maulid Nabi dan persiapan Rapat Pimpinan Cabang (Rapimcab).<>

Menurutnya, apapun garapan organisasi pelajar NU yang didirikan yang didirikan di Semarang 24 Februari 1954 ini, tradisi leluhur harus tetap dipertahankan. Mahasiswa STAIN Kudus itu mempertegas, bahwasanya IPNU tidak perlu muluk-muluk asalkan Tahlil, Shalawatan, Ziarah Kubur, Manaqib tidak pernah ditinggalkan.

“Bagi kami IPNU tidak perlu muluk-muluk yang penting masih mau tahlilan, ziarah kubur, manaqiban dan sebagainya agar tradisi-tradisi leluhur itu tidak bakal hilang,” tegasnya.    

Sebab dirinya prihatin, Peringatan Maulid Nabi awal Rabiul Awal hingga pertengahan bulan tradisi Mauludan yang biasanya dilaksanakan di Mushola maupun di Masjid jarang dihadiri oleh anak-anak muda. Rata-rata, jelasnya diikuti oleh anak-anak dan para orang tua.

“Makanya bersamaan dengan momentum hari lahir IPNU kami ingin kader muda NU tetap menjaga tradisi-tradisi yang telah diwariskan para Ulama terdahulu kita,” harapnya. (qim)


Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Warta Lainnya

Terpopuler Warta

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×