Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Beredar “Iklan Haram Maulid Nabi” di Pekalongan

Beredar “Iklan Haram Maulid Nabi” di Pekalongan
Pekalongan, NU Online
Pengurus Cabang Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Kota Pekalongan disibukkan dengan ulah sekelompok masyarakat yang anti terhadap kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Bahkan ada yang secara terang terangan memasang iklan di salah satu media lokal yang menyatakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW adalah haram hukumnya.

Ketua Pengurus Cabang LDNU Kota Pekalongan KH Yasykur menyatakan, peringatan maulid nabi adalah upaya untuk mengingatkan manusia atas jasa jasa besar dan teladan Nabi Muhammad SAW yang diisi dengan kegiatan membaca dziba', barzanji dan sholawat untuk mengagungkan dan memuliakannya.<>

"Memperingati maulid nabi bertujuan yang sangat mulia, bukan untuk hura hura apalagi untuk kegiatan maksiyat, karena ini penting dan membawa manfaat besar, maka peringatan maulid wajib hukumnya," saat memberikan tausiyah dihadapan ratusan anak anak muda NU di Gedung Aswaja, Jum'at malam (25/2).

Dikatakan, jika ada pihak yang mengatakan peringatan maulid hukumnya haram, akan tetapi baginya justru peringatan maulid hukumnya wajib, karena perintah Allah SWT untuk bersholawat kepada nabi itu tertuang secara jelas di dalam Al-Qur'an.
 
Acara peringatan dzikro maulidurrasul Muhammad SAW merupakan kegiatan puncak dari kegiatan yang digelar Pimpinan Cabang IPNU IPPNU Kota Pekalongan dalam rangka Harlah IPNU ke 57 dan IPPNU ke 56. Dimana pada pagi harinya telah digelar kegiatan donor darah yang diikuti oleh 50 peserta, lomba pidato bahasa jawa untuk pelajar, puisi religi, mars IPNU IPPNU hingga MTQ.

Berhasil meraih juara 1 puisi tingkat SLTA dari SMKN 1 Pekalongan atas nama Bella Nevita dan tingkat SLTP dari MTs Nurul Islam atas nama M. Yazid Ulum. Kemudian lomba pidato bahasa jawa tingkat SLTA tampil sebagai juara 1 ialah Khoirun Nisa' dari MA Ribatul Mutallimin dan tingkat SLTP dari MTs Nurul Islam atas nama Arinal Husna.

Untuk kejuaran Tilawatil Qur'an sebagai juara 1 golongan putra M. Izzudin utusan dari MTs Nurul Islam dan golongan putri Failasufa Maulida dari SMP Salafiyah, sedangkan untuk mars IPNU IPPNU tampil sebagai juara 1 dari MTs Nurul Qomar. (amz)


Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Warta Lainnya

Terpopuler Warta

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×