Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Santri Assalam Gelar Lomba Tumpeng dan Kreasi Lagu

Santri Assalam Gelar Lomba Tumpeng dan Kreasi Lagu

Grobogan, NU Online
Sebagai wujud kecintaan santri kepada baginda Rasulullah SAW, Rabu (15/1) seluruh santri Assalam Kradenan Grobogan, Jawa Tengah,  menggelar peringatan maulid Nabi. Peringatan maulid nabi yang dipusatkan di hall Pesantren Assalam ini berlansung sangat meriah.
<>
“Kali ini santri diminta berkreasi membuat nasi tumpeng dan menyanyikan lagu ‘ya nabi’,” tutur Utari. Pengasuh pesantren ini juga menambahkan, peringatan ini untuk membiasakan kecintaan kepada Nabi Muhammad sejak dini.

Dari tahun ke tahun peringatan maulid Nabi dikonsep berbeda. Saat mendendangkan lagu ‘ya rabbi’ santri harus menggunakan lagu-lagu hits terbaru. Sehingga bait lagu yang sudah tercipta sejak lama itu, terasa hidup di era modern ini. Santri-santri pun khusyuk mendendangkan lagu itu.

Target peringatannya sama untuk meneladani perangai dan perjuangan Nabi di kala hidupnya. Untuk itu, satu hal yang tidak bisa ditinggalkan dalam seremoni ini adalah pembacaan Barzanji. Sementara santri sendiri merasa senang dengan konsep maulid tahun ini.

“Peringatan tahun ini lebih bermakna. Selain menjadi salah satu momen untuk mengenang hamba paling mulia kekasih Allah, santri juga dapat menikmati makan bersama hasil kreasi tumpeng,” tutur Supardi.

Dalam kreasi lomba kreasi lagu ‘ya rabbi’ dimenangkan oleh kelas X. Sedangkan kreasi tumpeng dimenangkan santri kelas IX. Santri berharap kemeriahan pesta peringatan maulid ini terus dilestarikan setiap tahunnya. (Hanif/Mahbib)



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Pesantren Lainnya

Terpopuler Pesantren

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×