Home Nasional Khutbah Warta Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Nikah/Keluarga Video Obituari Tokoh Hikmah Arsip

Wakil Ketua DPR Jelaskan Dua Kunci Keberhasilan PPKM Darurat

Wakil Ketua DPR Jelaskan Dua Kunci Keberhasilan PPKM Darurat
Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI H Abdul Muhaimin Iskandar. (Foto: dok. FPKB)
Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI H Abdul Muhaimin Iskandar. (Foto: dok. FPKB)

Jakarta, NU Online

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI H Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Ami) menjelaskan dua kunci keberhasilan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang telah diputuskan akan berlangsung pada periode 3-20 Juli 2021. Kunci keberhasilan itu adalah keseriusan kepala daerah dan dukungan dari masyarakat.


“Kebijakan pengendalian pandemi Covid-19 (PPKM Darurat) dari pemerintah pusat tidak akan efektif tanpa disertai keseriusan kepala daerah serta support dari masyarakat. Pimpinan daerah yang menentukan kesuksesan PPKM Darurat, di samping dukungan dari tokoh-tokoh masyarakat,” tutur Gus Ami dikutip NU Online dari situs resmi PKB.


Karena itu, ia mendorong masyarakat untuk menaati kebijakan PPKM Darurat tersebut serta tetap mematuhi protokol kesehatan secara ketat. Menurutnya, esensi PPKM Darurat bertujuan untuk membangkitkan kesadaran masyarakat terhadap bahaya Covid-19.


“Kesadaran masyarakat untuk taat protokol kesehatan tentu saja yang utama. PPKM Darurat akan sukses kalau masyarakat mematuhinya,” tegas Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu.


Selain itu, Ketua Tim Pengawasan Penanganan Covid-19 DPR RI ini menyambut baik keputusan Presiden Joko Widodo karena telah memberlakukan PPKM Darurat lantara tingginya lonjakan kasus Covid-19 beberapa waktu terakhir ini. 


Ia mengingatkan pemerintah agar kebijakan PPKM Darurat ini harus berjalan secara optimal. Sebab menurutnya, aturan ini sudah sangat tepat diputuskan pemerintah yang bertujuan agar laju penyebaran Covid-19 bisa segera terkendali.


“Sepenuhnya saya dukung PPKM Darurat, yang penting implementasinya harus optimal,” katanya.


Gus Ami pun menampik tudingan beberapa pihak yang menyebut PPKM Darurat terlambat diterapkan. Sebab menurutnya, tidak ada kata terlambat dalam penanganan wabah Covid-19. Terlebih sejak virus ini pertama kali teridentifikasi, ahli virus dan dokter di Indonesia dan dunia telah berusaha keras.


“Tidak ada kata terlambat, pokoknya maju terus. Kita melihat sendiri pemerintah, para tenaga kesehatan, aparat dan semuanya sudah sungguh-sungguh mencegah Covid-19 ini. Upaya keras pemerintah agar Covid-19 tidak menjangkiti lebih banyak rakyat Indonesia harus terus kita dukung,” tegas Gus Ami.


Sebagaimana diketahui, PPKM Darurat telah diberlakukan sebagai upaya membatasi kegiatan masyarakat hingga pelaku usaha. Pusat perbelanjaan seperti mall ditutup, dan diberlakukan 100 persen kerja dari rumah (WFH) bagi perkantoran di sektor nonesensial dan nonkritikal.


Pewarta: Aru Lego Triono

Editor: Fathoni Ahmad


Terkait

Parlemen Lainnya

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya