Home Warta Nasional Khutbah Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Obituari Video Nikah/Keluarga Tokoh Hikmah Arsip

Tahun Baru Hijriah, Ketum PBNU Ajak Nahdliyin Tingkatkan Kepedulian

Tahun Baru Hijriah, Ketum PBNU Ajak Nahdliyin Tingkatkan Kepedulian
Ketum PBNU KH Said Aqil Siroj mengatakan melalui momentum bulan Muharram, umat Islam perlu meningkatkan ibadah seperti bersedekah kepada alam dengan lebih peduli terhadap lingkungan, bersedekah kepada fakir miskin dan yang membutuhkan, khususnya kepada anak yatim. (Foto: NU Online/Suwitno)
Ketum PBNU KH Said Aqil Siroj mengatakan melalui momentum bulan Muharram, umat Islam perlu meningkatkan ibadah seperti bersedekah kepada alam dengan lebih peduli terhadap lingkungan, bersedekah kepada fakir miskin dan yang membutuhkan, khususnya kepada anak yatim. (Foto: NU Online/Suwitno)

Jakarta, NU Online
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj menyampaikan ucapan selamat Tahun Baru Hijriah 1 Muharram 1443. Pada momentum ini, ia mengajak Nahdliyin untuk meningkatkan ibadah serta kepedulian terhadap alam dan sesama manusia.

 

"Saya mengucapkan selamat Tahun Baru Hijriah 1 Muharram 1443. Semoga Allah senantiasa memberikan rahmat, barakah, ma’unah, taufik, dan hidayah serta ridha kepada kita semua sehingga dalam menjalani kehidupan selalu dalam bimbingan-Nya menuju kesuksesan dunia akhirat," tutur Kiai Said secara virtual pada acara Peringatan Malam 1 Muharram yang digelar Universitas Islam Malang (Unisma) bertajuk Mengetuk Pintu Langit’ diisi dengan Istighotsah dan Doa Tolak Bala, Senin (9/8/2021).

 

"Melalui momentum bulan Muharram ini, mari kita tingkatkan ibadah kita kepada Allah. Kita tingkatkan amal shaleh kita. Mari bersedekah kepada alam dengan lebih peduli terhadap lingkungan, bersedekah kepada fakir miskin dan yang membutuhkan, khususnya kepada anak yatim," tambahnya.

 

Lebih lanjut, Kiai Said mengajak warga NU di mana pun berada untuk senantiasa memperbanyak zikir, shalawat, doa, dan istighotsah kepada Allah agar pandemi Covid-19 segera berakhir. Diharapkan agar seluruh masyarakat, bangsa, dan negara selalu diberikan keselamatan, kesehatan, serta dijauhkan dari segala marabahaya.

 

Menurutnya, pergantian tahun baru hijriah ini menjadi momentum spiritual, momentum kemanusiaan, dan momentum untuk terus berdedikasi tinggi. Hal ini bertujuan agar hubungan dengan Allah semakin dekat, hubungan dengan sesama manusia semakin baik, dan dedikasi terhadap kemajuan peradaban semakin nyata. 

 

"Mari kita lakukan refleksi atas kekurangan kita di tahun lalu dan kita lakukan perbaikan serta penyempurnaan di tahun ini dan mendatang, karena spirit Muharram adalah mengajarkan kepada kita agar selalu optimis," tegas Kiai Said. 

 

Secara terpisah, Sekretaris Jenderal PBNU H Ahmad Helmy Faishal Zaini juga mengajak umat Islam dan warga NU untuk bisa mengambil berbagai hikmah serta meneladani spirit atau nilai-nilai yang terkandung dalam peristiwa hijrah Rasulullah. 

 

"Kita harus meneladani sikap, perbuatan, ucapan, dan akhlak Nabi Muhammad dalam kehidupan sehari-hari," kata Helmy kepada NU Online, Senin sore.

 

Ia pun mengajak agar umat Islam mampu merenungkan baik-baik dan menggali lebih dalam berbagai pesan kenabian yang relevan dalam konteks hijrah. Hal itu agar mampu berhijrah dan bertransformasi menjadi pribadi atau bangsa yang lebih baik, mulia, serta semakin bermartabat. 

 

"Dalam momentum Tahun Baru Hijriah ini, mari kita manfaatkan sebaik mungkin untuk bersama-sama melangitkan doa, saling membantu dan mendukung satu sama lain agar bangsa kita segera diberi kemudahan untuk keluar dari pandemi covid-19 dengan selamat," pungkas Helmy.

 

Pewarta: Aru Lego Triono
Editor: Kendi Setiawan


Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya