Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Saat di Arab Saudi, Jamaah Haji Diminta Tidak Merokok Sembarangan

Saat di Arab Saudi, Jamaah Haji Diminta Tidak Merokok Sembarangan
Kabah, Makkah, Arab Saudi.
Kabah, Makkah, Arab Saudi.

Jakarta, NU Online

Jamaah haji yang biasa merokok ketika di Indonesia diminta untuk lebih peka dengan tidak sembarangan merokok saat berada di Saudi, pasalnya ada larangan di beberapa tempat yang bisa berujung pada penangkapan kepada pelaku yang diketahui merokok.


"Jangan sampai merokok di pelataran masjid nanti ditangkap. Dan kalau di penginapan itu harus dijaga karena di kamar ada alarmnya," ujar Kepala Daerah Kerja (Daker) Madinah, Amin Handoyo, sebagaimana dikutip dari laman Kemenag, Kamis (9/6/2022). 


Dijelaskan Amin, ada banyak tanda larangan merokok di Madinah, baik di hotel maupun tempat lainnya. Untuk itu, ia menegaskan agar jamaah haji Indonesia tidak sembarangan merokok di Tanah Suci.


Amin mengatakan, pada dasarnya Saudi sangat ketat dengan larangan merokok. Itu sebabnya, Amin meminta jamaah lebih peka ketika ingin melakukan aktivitas merokok.


"Merokok di Saudi dilarang," katanya.


Amin berharap jamaah benar-benar memahami aturan yang berlaku selama di Saudi. Fasilitas hotel juga dilengkapi dengan alat pendeteksi asap.


"Kalau nanti bunyi, yang lain jadi panik. Jangan sampai ganggu orang lain dan keamanan diri sendiri," kata Amin memberi pesan.


Pewarta: Aiz Luthfi

Editor: Fathoni Ahmad



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×