Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Peringati Maulid, Masjid di Malang Ini Gelar Pengobatan Gratis

Peringati Maulid, Masjid di Malang Ini Gelar Pengobatan Gratis
Pemeriksaan kesehatan warga. (ilustrasi)
Pemeriksaan kesehatan warga. (ilustrasi)
Malang, NU Online
Ibadah dan kesehatan memiliki hubungan yang sangat kuat. Menyadari hal tersebut, Masjid Jami' Baiturrahim, Curungrejo, Kepanjen, Malang, Jawa Timur menggandeng berbagai pihak memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait dengan pentingnya kesehatan.

Kegiatan yang dipusatkan di Masjid Jami' Baiturrahim Desa Curungrejo Kecamatan Kepanjen, Selasa (20/11) memberikan pengobatan gratis kepada masyarakat. Kegiatan ini disiapkan dalam rangka peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 H.

Ketua takmir masjid mengatakan, kegiatan untuk memperingati maulid Nabi Muhammad SAW dan bentuk kepedulian dalam memberikan wawasan dan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya pola hidup sehat. 

"Pola hidup sehat itu sangat penting dilakukan untuk menciptakan tubuh yang sehat dan terbebas dari segala macam penyakit,” kata Mohamad Iksan. 

Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan rutin memeriksakan kesehatan ke fasilitas kesehatan terdekat. “Kegiatan ini adalah upaya demi mewujudkan masyarakat yang sehat,” katanya. 

Kesehatan perlu dijaga dengan baik, karena semakin tua, maka kesehatan akan semakin menurun. "Ketika sudah menurun, maka berimbas pula pada aktivitas dalam melakukan ibadah," katanya. 

Tentunya hal tersebut tidak pernah lepas dari pola makan yang baik dan benar sesuai dengan yang dianjurkan Rasulullah SAW. Maka dari itu jangan makan secara berlebihan. "Jika gula darah tidak di kontrol dengan baik, maka akan berdampak pada penyakit kronis dan komplikasi ke organ tubuh lainnya," terangnya. 

Pengobatan ditutup dengan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis terhadap ratusan warga. Meliputi pemeriksaan tekanan darah, gula darah dan asam urat, serta pengobatan untuk kesehatan dasar lainnya.

Kegiatan peringantan Maulid Nabi Muhammad SAW dirangkai dengan senam kesehatan, aneka lomba rohani dan jasmani untuk anak yang dilaksanakan di halaman masjid, dan akan ditutup pengajian umum, Sabtu (24/11) dengan pembicara Ustadz Deden Zainal Abidin yang juga Pengasuh Pesantren Cinta Al-Qur'an. (Ibnu Nawawi)



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×