Home Nasional Khutbah Warta Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Nikah/Keluarga Video Obituari Tokoh Hikmah Arsip

Pemerintah Targetkan Akhir 2021 Seluruh Masyarakat Sudah Disuntik Vaksin

Pemerintah Targetkan Akhir 2021 Seluruh Masyarakat Sudah Disuntik Vaksin
Wapres KH Ma'ruf Amin memastikan stok vaksin sudah cukup dan tersedia sampai 77 persen masyarakat dari jumlah populasi penduduk Indonesia bisa benar-benar mendapat vaksinasi dosis lengkap. (Foto: Humas Wapres)
Wapres KH Ma'ruf Amin memastikan stok vaksin sudah cukup dan tersedia sampai 77 persen masyarakat dari jumlah populasi penduduk Indonesia bisa benar-benar mendapat vaksinasi dosis lengkap. (Foto: Humas Wapres)

Jakarta, NU Online

Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI) KH Ma’ruf Amin menuturkan bahwa pemerintah menargetkan pada akhir 2021 mendatang, seluruh masyarakat Indonesia sudah divaksinasi dosis pertama dan kedua. Ia menyampaikan apresiasi tinggi kepada semua pihak yang telah membantu pemerintah untuk mempercepat proses vaksinasi. 


“Proses vaksinasi ini untuk mengejar kekebalan kelompok. Karena kita ingin kalau bisa akhir 2021, Desember (tahun) ini sudah semua (masyarakat) tervaksin, sehingga kita bisa memperoleh herd immunity,” tutur Wapres dalam konferensi pers saat meninjau agenda vaksinasi yang digelar Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI), Selasa (14/9/2021) pagi. 


Dikatakan, pemerintah telah mengerahkan berbagai upaya mengatasi pandemi Covid-19 melalui percepatan vaksinasi. Wapres memastikan stok vaksin sudah cukup dan tersedia sampai 77 persen masyarakat dari jumlah populasi penduduk Indonesia bisa benar-benar mendapat vaksinasi dosis lengkap. 


“Tapi memang proses vaksinasinya itu memerlukan waktu, sehingga pemerintah mengerahkan dinas-dinas kesehatan, TNI, Polri, BKKBN, dan dibantu juga oleh berbagai kalangan seperti lembaga pendidikan dan lembaga-lembaga yang lain,” jelas Kiai Ma’ruf.


Wapres kemudian menjelaskan situasi Covid-19 di beberapa daerah yang sudah mulai ada penurunan kasus dari level 4 ke level 3. Meski begitu, pemerintah berharap agar banyak daerah yang bisa turun ke level 2 dengan minimal harus mencapai 50 persen masyarakat yang sudah divaksinasi. 


“Kalau dari level 2 ke level 1, kita harapkan masyarakatnya sudah tervaksin 70 persen. Jadi vaksin ini menjadi salah satu penentu untuk turunnya level, sehingga kita benar-benar menjaga supaya imunitas masyarakat terjaga walaupun memang Covid-19 belum hilang sama sekali,” pungkas Wapres. 


Data vaksinasi 13 September 2021

Kementerian Kesehatan RI merilis data vaksinasi Covid-19 per 13 September 2021 pukul 18.00 WIB. Data itu mencatat, sebanyak 73.839.683 masyarakat mendapat suntikan vaksin dosis pertama. Sedangkan untuk dosis kedua sudah disuntikkan kepada 42.329.062 orang. Pemerintah sendiri menargetkan 208.265.720 orang divaksinasi hingga akhir tahun ini. 


Secara persentase, dosis vaksin pertama baru mencapai 35,45 persen dan dosis kedua baru mencapai 20,32 persen. Sementara itu, total target vaksinasi sebanyak 77 persen dari jumlah keseluruhan penduduk Indonesia. 


Pewarta: Aru Lego Triono

Editor: Fathoni Ahmad


Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya