Home Nasional Khutbah Warta Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Nikah/Keluarga Video Obituari Tokoh Hikmah Arsip

Ribuan Santri Pesantren Pandanaran Yogyakarta Divaksin

Ribuan Santri Pesantren Pandanaran Yogyakarta Divaksin
Vaksinasi Covid-19 diselenggarakan di Pesantren Pandanaran, Yogyakarta diikuti oleh ribuan santri. (Foto: NU Online/Joko Santoso)
Vaksinasi Covid-19 diselenggarakan di Pesantren Pandanaran, Yogyakarta diikuti oleh ribuan santri. (Foto: NU Online/Joko Santoso)
Yogyakarta, NU Online
Pondok Pesantren Sunan Pandanaran Yogyakarta bersinergi dengan Polri dan Staf Khusus Presiden menggelar vaksinasi Covid-19 dosis pertama di aula Al Jauharoh, Kompleks 3 Putri, Selasa (7/9). Kegiatan bertajuk 'Vaksinasi Merdeka: Rumah Ibadah dan Pesantren' ini dalam rangka mendukung proses percepatan vaksinasi pemerintah untuk memutus rantai penularan Covid-19.
 
Vaksin tersebut untuk para santri dan keluarga Pondok Pesantren Pandanaran, serta masyarakat sekitar dengan target peserta sebanyak 2.500 orang.
 
“Dari pondok pesantren dan tadi juga ada masyarakat, tapi yang banyak dari santri-santri, hari ini kita 2.500 sasarannya,” jelas Novita Krisnaeni, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman. 
 
Koordinator lapangan pelaksanaan program vaksinasi ini menambahkan, Pemkab Sleman akan mempercepat pelaksanaan vaksinasi bagi santri-santri di pesantren Kabupaten Sleman.
 
“Nanti ke depannya ada lagi, semua santri yang ada di Sleman akan divaksin dan ini menjadi prioritas, insyaallah nanti Oktober,” tambahnya.
 
Ia menyebut bahwa vaksinasi di Pesantren Pandanaran sendiri sebanyak delapan ribu dosis, baik dosis pertama maupun dosis kedua. 
 
Ketua Gugus Tugas Covid-19 Pesantren Pandanaran Azka Syabana menuturkan, vaksinasi kepada para santri ini tidak hanya menguatkan mereka secara imun. Lebih dari itu sebagai penambah semangat santri dalam belajar
 
"Jadi dengan ini tidak hanya vaksin injeksi obat tapi juga support buat anak-anak santri yang ada di pesantren kami," ujar Azka.
 
Azka juga menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi karena Pesantren Pandanaran telah dipilih oleh Binda DIY untuk mengikuti program vaksinasi yang langsung dipantau oleh presiden. Perhatian khusus yang diberikan kepada pesantren ini turut menambah antusiasme para santri untuk divaksin.
 
"Dengan adanya perhatian yang khusus dari bapak presiden dan Kapolri kepada pesantren, kepada santri. Jadi mereka sangat antusias sekali dan sangat bahagia untuk menyambut acara di pagi hari ini," ucapnya.
 
Salah satu santri yang divaksin, Aghisna mengaku senang saat sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19. Sebelumnya ia sempat khawatir karena belum divaksin walaupun hanya berada di lingkungan pesantren saja.
 
"Lebih bahagia dan nggak terlalu takut (terpapar) lagi karena udah divaksin," kata Aghisna.
 
Aghisna menilai vaksinasi Covid-19 ini memang penting dilakukan di tengah pandemi Covid-19 ini. Walaupun setelah vaksin pun protokol kesehatan tetap akan terapkan dengan disiplin. "Iya vaksinasi penting, kayak lebih supaya biar bisa lebih jaga diri lagi," ungkapnya
 
Kontributor: Joko Santoso
Editor: Syamsul Arifin 

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya