Home Nasional Khutbah Warta Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Nikah/Keluarga Video Obituari Tokoh Hikmah Arsip

Non-Muslim dan Ribuan Warga Ikuti Vaksinasi di Masjid Raya KH Hasyim Asy’ari

Non-Muslim dan Ribuan Warga Ikuti Vaksinasi di Masjid Raya KH Hasyim Asy’ari
Suasana vaksinasi di Masjid Raya KH Hasyim Asy’ari. (Foto: Dok. PCNU Jakbar)
Suasana vaksinasi di Masjid Raya KH Hasyim Asy’ari. (Foto: Dok. PCNU Jakbar)

Jakarta, NU Online
Sebanyak 1300 warga, mengikuti agenda vaksinasi Covid-19 yang digelar oleh Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Jakarta Barat di Masjid Raya KH Hasyim Asy’ari, Jalan Daan Mogot, Duri Kosambi, Cengkareng, Kamis (8/7). Peserta vaksinasi itu akan mendapatkan suntik vaksin dosis kedua jenis Sinovac, pada 5 Agustus 2021 mendatang.


“(Pesertanya) pengurus PCNU Jakarta Barat, MWCNU, ranting serta lembaga dan banom, ditambah masyarakat umum. Tapi, kenyataannya di lapangan yang antusias adalah masyarakat umum dari berbagai daerah. Bahkan, banyak yang non-Muslim,” tutur Wakil Ketua Tanfidziyah PCNU Jakarta Barat Ustadz Muslihin Abdurrahim kepada NU Online, Kamis petang. 


Dijelaskan, Masjid Raya KH Hasyim Asy’ari merupakan salah satu tempat rujukan pemerintah sebagai tempat untuk isolasi pasien Covid-19. Terdapat 15 orang pasien yang sedang menjalani isolasi mandiri di lantai paling bawah masjid. Sedangkan agenda vaksinasi PCNU Jakbar ini dilangsungkan di lantai 2 yang memang telah dinyatakan sebagai zona hijau.


Sebagai antisipasi agar tidak terjadi penumpukan atau kerumunan, PCNU Jakbar mengerahkan 100 panitia. Di antaranya 20 orang bagian administrasi, 20 orang di bidang observasi, 20 personel Barisan Ansor Serbaguna (Banser) NU, dan 40 orang lainnya dari Satgas Covid-19 PCNU Jakbar.
 

“Nah, antisipasinya adalah ketika dalam pendaftaran, para peserta diminta menentukan jam berapa mereka akan divaksinasi, maka mereka harus datang sesuai jam yang sudah ditentukan sendiri. Alhamdulillah karena memang areanya luas, kita bisa mengakomodasi tidak terjadi penumpukan. Banser kami sangat sigap sehingga tidak terjadi kerumunan,” jelas Kang Muslih, sapaan akrabnya.


Ia menjelaskan, antusiasme masyarakat untuk mengikuti vaksinasi bersama PCNU Jakbar itu mendapat sambutan baik dan apresiasi dari Wali Kota Jakarta Barat Uus Kuswanto. Sebab menurut Wali Kota, kata Kang Muslih, kalau vaksinasi Covid-19 yang kerap diselenggarakan pemerintah, animo masyarakat sangat kurang tidak sebanyak jika NU yang menggelar vaksinasi. 


“Saya berharap, warga benar-benar mau mentaati aturan pemerintah untuk ikut vaksinasi agar imun tubuh kita jadi kebal dan kuat.  Dengan adanya vaksinasi, virus tidak segera masuk ke tubuh. Semoga semuanya jadi sehat sehingga Jakarta dan Indonesia bisa segera pulih tanpa Covid-19,” harap Ketua Satgas Covid-19 PCNU Jakbar itu. 


Pada kesempatan itu, hadir pula Ketua PWNU DKI Jakarta KH Samsul Maarif, Ketua Satgas Covid-19 PWNU DKI Jakarta, Wakil Rais Syuriyah PWNU DKI Jakarta KH Ma’mun Al-Ayyubi, dan Ketua Dai Kamtibmas Jakbar.


Data vaksinasi per 8 Juli
Satgas Penanganan Covid-19 mencatat, terdapat 820.889 orang yang telah disuntik vaksin dosis pertama dan 178.689 orang mendapat dosis kedua.


Dengan demikian, vaksinasi dosis pertama telah diikuti oleh 34.860.686 orang dan dosis kedua sebanyak 14.622.502 orang. Pemerintah sendiri menargetkan pada awal 2022 mendatang, sebanyak 181.554.465 orang mendapatkan vaksinasi Covid-19 dengan dosis lengkap. 


Pewarta: Aru Lego Triono
Editor: Musthofa Asrori


Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya