Home Nasional Warta Esai Khutbah Daerah Cerpen Fragmen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Keislaman Internasional English Tafsir Risalah Redaksi Opini Hikmah Video Nikah/Keluarga Obituari Tokoh Hikmah Arsip Ramadhan Kesehatan Lainnya

Jadwal Lengkap Diskusi Fakultas Islam Nusantara Unusia

Jadwal Lengkap Diskusi Fakultas Islam Nusantara Unusia
Gedung Unusia di Parung, Bogor, Jawa Barat. (Foto: unusia.ac.id)
Gedung Unusia di Parung, Bogor, Jawa Barat. (Foto: unusia.ac.id)

Jakarta, NU Online

Fakultas Islam Nusantara (FIN) Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (Unusia) bersama NU Online menggelar serangkaian diskusi dalam rangka menyambut Muktamar Ke-34 Nahdlatul Ulama, yang akan berlangsung di Lampung, tepatnya pada tanggal 23-25 Desember 2021 mendatang. 

 

Pengajar FIN Unusia Ulin Nuha menyampaikan bahwa kegiatan tersebut akan diselenggarakan selama 15 kali dengan berbagai tema yang berkaitan dengan pesantren, NU, dan keindonesiaan. Hal itu disampaikan pada Selasa (9/11/2021).

 

Tema pertama yang akan diangkat adalah Pesantren dan Tantangan Global. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada Rabu, 10 November 2021. Diskusi yang akan dipandu Ulin ini bakal menghadirkan Ketua Rabithah Ma’ahid Islamiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (RMI PBNU) KH Abdul Gofar Rozin dan Ketua OC Muktamar Ke-34 NU KH Imam Aziz.

 

Berikutnya, diskusi akan mengangkat tema NU dan Kepahlawanan dengan menghadirkan Wakil Sekretaris Jenderal PBNU KH Abdul Mun'im DZ dan Sejarahwan Zainul Milal Bizawi. Kegiatan ini akan digelar pada Kamis, 11 November 2021, dengan dipandu oleh Filolog dan pengajar FIN Unusia Ahmad Ginanjar Sya'ban.

 

Diskusi selanjutnya akan dilaksanakan pada Rabu, 17 November 2021, dengan mengangkat tema NU dan Tantangan Global. Kegiatan yang bakal dipandu Riri Khariroh ini bakal diisi oleh Rais Syuriyah Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Tiongkok Imron Rosyadi dan Koordinator Nasional Jaringan Gusdurian Alissa Wahid.

 

Mengingat Muktamar Ke-34 akan mengangkat tema kemandirian, diskusi FIN Unusia ini juga bakal mengangkat tema NU, Kemandirian dan Filantropi. Kegiatan yang akan dilangsungkan pada Kamis, 18 November 2021, akan menghadirkan Ketua Lembaga Amil Zakat, Infak, Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU), Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sragen, Cilacap, dan Bantul.

 

Hal lain yang bakal diangkat dalam serial diskusi itu juga adalah NU dan Tantangan Penyediaan Tenaga Kerja Profesional. Diskusi yang akan dilaksanakan pada Rabu 24 November 2021, itu dimoderatori oleh Daniel Zuchron, mahasiswa doktoral Fakultas Islam Nusantara Unusia, dengan narasumber Gatot Prio Utomo dan Anggia Ermarini.


Kemandirian juga berkaitan erat dengan ekonomi. Tema NU dan Keadilan Ekonomi ini bakal didiskusikan pada Kamis 25 November 2021, dengan moderator Muhtarom, Sekretaris Program Magister FIN Unusia. Kegiatan ini akan diisi oleh Erani Yustika, Pakar Ekonomi Universitas Brawijaya), HM Kholid Saerozi, Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU), dan Nihayatul Wafiroh.


Selanjutnya, serial diskusi ini juga akan membicarakan Kemandirian Negara dan Masyarakat pada Kamis, 2 Desember 2021. Kegiatan yang bakal dipandu Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Unusia Naeni Amanulloh, ini bakal dihadiri Dekan FIN Unusia Ahmad Suaedy dan Berly Mertawardaya, Direktur Riset INDEF.

 

Serangkaian diskusi ini juga bakal membahas Problematika Dakwah di Era Digital pada Rabu, 1 Desember 2021 dengan moderator Idris Masudi, Sekretaris Lembaga Penelitian dan Kajian FIN Unusia dan dua narasumber, yakni Direktur NU Online Savic Ali dan Ketua Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU PBNU) KH Agus Salim.


Diskusi selanjutnya akan membicarakan Refleksi dan Revitalisasi Peranan NU dalam Merawat Kebinekaan Menyongsong Satu Abad Kemerdekaan Indonesia pada Senin, 6 Desember 2021. Kegiatan yang dipandu Riri Khariroh ini akan diisi oleh Rumadi Ahmad, Dosen FIN Unusia dan Tenaga Ahli Utama Kedeputian V Kantor Staf Presiden, dan Pdt Martin Lukito Sinaga, Dosen STFT Jakarta.

 

Revitalisasi Budaya Nusantara di Era Milenial menjadi tema diskusi berikutnya pada Rabu 8 Desember 2021. Kegiatan ini akan diisi oleh Budayawan Ngatawi Al Zastrowi dan Hairus Salim HS, Antropolog Universitas Gadjah Mada (UGM).

 

Menguatkan Peran PCINU sebagai Duta Islam Nusantara untuk Masyarakat Dunia menjadi pembahasan berikutnya, tepatnya pada Kamis, 9 Desember 2021. Diskusi ini akan dipandu Any Rufaedah dengan narasumber Rais Syuriyah PCINU Australia dan Selandia Baru KH Nadirsyah Hosen dan Pengurus PCINU Amerika Serikat dan Kanada Etin Anwar.


Kemudian, tema berikutnya adalah Islam Nusantara dalam Perspektif Internasional. Pembahasan ini akan dibicarakan pada Senin, 13 Desember 2021 dengan pembahas Dekan FIN Unusia Ahmad Suaedy dan Direktur Rajaratnam School of International Studies (RSIS).

 

NU dan Dunia Pendidikan menjadi pembahasan selanjutnya pada Rabu, 15 Desember 2021. Diskusi yang bakal dipandu Ayatullah ini menghadirkan Pengajar FIN Unusia KH Ulil Abshar Abdalla dan Guru Besar Universitas Airlangga Kacung Marijan.

 

Tema selanjutnya adalah NU, Perempuan, dan Ketahanan Keluarga yang akan dibahas pada Kamis, 16 Desember 2021. Diskusi yang dipandu Pengajar FIN Unusia Sari ini akan diisi oleh Komisioner Komisi Nasional Perempuan Maria Ulfah Anshor dan Nurhasyim.

 

Pekan terakhir sebelum Muktamar digelar akan membahas NU dan Tasawuf. Diskusi ini akan dipandu Pengajar FIN Unusia Ayatullah dengan narasumber Pengampu Ngaji Ihya Online KH Ulil Abshar Abdalla dan Pengurus Jam’iyah Ahlit Thariqah Al-Mu’tabarah An-Nahdliyah (JATMAN) KH Ali M Abdillah.


Pewarta: Syakir NF
Editor: Kendi Setiawan



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×