Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Hilal Terlihat, Bulan Maulid telah Tiba

Hilal Terlihat, Bulan Maulid telah Tiba

Jakarta, NU Online
Rukyatul Hilal atau pengamatan bulan sabit untuk penentuan awal Rabiul Awal atau bulan Maulid 1434 H, Sabtu (12/1) telah berhasil melihat hilal di sejumlah daerah, antara lain di Gresik Jawa Timur, dan Sukabumi Jawa Barat.<>

Di Gresik, rukyat dilakukan di Bukit Condrodipo. Laporan rukyat disampaikan oleh H M. Inwanuddin. Sementara di Sukabumi, rukyat dilakukan di Pelabuhan Ratu, antara lain KH Muhammad Anshori, KH Emoh, dan KH Masyhud.

Berdasarkan data hisab dalam almanak NU, posisi hilal pada saat dilakukan rukyat, Sabtu petang memang sudah cukup tinggi, lebih 5 derajat di atas ufuk.

Alhamdulillah almanak kita cocok. Kami ucapkan terimakasih kepada jajaran Lajnah Falakiyah NU di berbagai daerah yang telah menyelenggarakan rukyat,” kata KH A. Ghazalie Masroeri, dihubungi NU Online.

Karena hilal telah terlihat maka tanggal 1 Rabiul Awal 1434 akan jatuh pada hari Ahad, bertepatan dengan 13 Januari 2013. Terhitung mulai Sabtu malam, umat Islam sudah berada di bulan maulid.

“Mari kita syiarkan Maulid Nabi Muhammad SAW untuk menggerakkan roda dakwah, seperti dulu dilakukan oleh Shalahuddin Al-Ayyubi,” kata Kiai Ghazali.

Menurutnya, peringatan hari kelahiran baginda Nabi dan pembacaan shalawat tidak harus dilakukan pada tepat tanggal 12 Rabiul Awal, tetapi bisa dilakukan di sepanjang bulan ini.




Penulis: A. Khoirul Anam



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×