Home Nasional Khutbah Warta Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Nikah/Keluarga Video Obituari Tokoh Hikmah Arsip

Gubernur Sulawesi Utara Tegaskan Dukungan Ansor Dibutuhkan untuk Kemajuan Daerah

Gubernur Sulawesi Utara Tegaskan Dukungan Ansor Dibutuhkan untuk Kemajuan Daerah
Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey saat memberikan sambutan dalam acara pembukaan Konferensi Besar (Konbes) ke-23 Pimpinan Pusat (PP) GP Ansor, di Mercure Manado Tateli Resort and Convention, Minahasa, Sulawesi Utara, pada Jumat (18/9). (Foto: Istimewa)
Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey saat memberikan sambutan dalam acara pembukaan Konferensi Besar (Konbes) ke-23 Pimpinan Pusat (PP) GP Ansor, di Mercure Manado Tateli Resort and Convention, Minahasa, Sulawesi Utara, pada Jumat (18/9). (Foto: Istimewa)

Jakarta, NU Online
Sinergisitas dan dukungan dari Gerakan Pemuda (GP) Ansor sangat dibutuhkan dalam kemajuan bangsa dan daerah di Indonesia. Terutama pada situasi saat ini saat semua orang sedang diperhadapkan dengan pandemi Covid-19.


Hal itu diungkapkan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey saat memberikan sambutan dalam acara pembukaan Konferensi Besar (Konbes) ke-23 Pimpinan Pusat (PP) GP Ansor, di Mercure Manado Tateli Resort and Convention, Minahasa, Sulawesi Utara, pada Jumat (18/9).


“Saya berharap kita semua akan senantiasa bersinergi untuk mengatasi Covid-19 ini, senantiasa patuh terhadap protokol kesehatan, bahkan menjadi pelopor dalam menerapkan jaga jarak, penggunaan masker, dan menjalankan pola hidup yang sehat,” ungkapnya.


Menurut Olly, penanganan Covid-19 ini mengharuskan semua pihak dan kalangan untuk saling mendukung satu sama lain. Kemudian, dilanjutkan dengan wujud keberpasrahan diri kepada Tuhan. Dalam bahasa daerah, Olly menyebut ‘Torang Samua Ciptaan Tuhan’.


“Ke depan, kita sadari bahwa semua dituntut untuk mampu terus memberikan karya optimal, memberikan inovasi untuk kemajuan, serta tetap menjalin soliditas bahu-membahu dan bekerjasama satu sama lain,” jelas Olly.


Selain itu, atas nama pemerintah dan masyarakat Sulawesi Utara, ia mengucapkan terima kasih kepada GP Ansor yang telah memilih Provinsi Sulawesi Utara sebagai tempat penyelenggaraan Konbes ke-23 Ansor.


Menurutnya, pemilihan tempat di Kabupaten Minahasa sudah sangat tepat. Sebab, Minahasa merupakan daerah atau tempat pertama kali Islam masuk di Sulawesi Utara. Kata Olly, hingga kini, situasi kerukunan di Provinsi Sulawesi Utara terwujud dengan baik.


“Kerukunan di sini tercipta atas peran serta dari banyak pihak, salah satunya adalah GP Ansor di Sulawesi Utara. Saya selalu mendukung berbagai kegiatan GP Ansor di sini. Mereka banyak membantu di saat pandemic Covid-19 seperti sekarang ini,” ungkap Olly.


Ia menegaskan bahwa GP Ansor di Sulawesi Utara sangat berperan aktif dalam membantu masyarakat, terutama soal melaksanakan sosialisasi dan memberikan pemahaman mengenai Covid-19 ini.


“Dalam setiap kegiatan, GP Ansor juga selalu terlibat bersama-sama dalam rangka mengamankan dan menyukseskan kegiatan. Sekali lagi, terima kasih karena Sulawesi Utara dipilih untuk Konbes,” katanya.


“Terakhir saya ingin mengajak kita semua agar sama-sama menangani pandemi Covid-19 ini agar kita cepat pulih sehingga dapat kembali menjalankan aktivitas secara normal. Dan selamat datang di Sulawesi Utara, di Provinsi Nyiur Melambai,” pungkasnya.


Pada kesempatan itu, hadir pula pejabat daerah yang lain. Beberapa di antaranya Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandouw, Kapolda Sulawesi Utara Irjen Pol Royke Lumowa, dan Bupati Minahasa Royke Oktavian Roring.


Acara ini juga dihadiri secara virtual oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang secara resmi membuka Konbes ke-23 GP Ansor. Hadir juga Katib Aam PBNU KH Yahya Cholil Staquf yang menutup acara pembukaan Konbes ke-23 GP Ansor itu dengan doa.


Konbes yang bertema ‘Ansor Satu Barisan: Menuju Kemandirian Organisasi’ dilangsungkan selama tiga hari, Jumat-Ahad (18-20/9). Beberapa hal akan dibahas, antara lain adalah soal keorganisasian dan sistem kaderisasi.


Pewarta: Aru Lego Triono
Editor: Muhammad Faizin


Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya