Home Warta Nasional Khutbah Daerah Fragmen Internasional Keislaman Risalah Redaksi English Opini Obituari Video Tokoh Hikmah Arsip

Cegah Kematian Bayi, Yayasan Kesejahteraan Muslimat NU Latih Relawan Inkubator 

Cegah Kematian Bayi, Yayasan Kesejahteraan Muslimat NU Latih Relawan Inkubator 
YKMNU Pusat serahkan bantuan inkubator ke PW Muslimat NU jabar (Foto: NU Online Jabar)
YKMNU Pusat serahkan bantuan inkubator ke PW Muslimat NU jabar (Foto: NU Online Jabar)

Jakarta, NU Online
Yayasan Kesejahteraan Muslimat Nahdlatul Ulama (YKM NU) memberikan pelatihan secara virtual kepada puluhan relawan Program Peminjaman Inkubator dan Fototerapi pada Senin (11/10/2021). Mereka akan diturunkan langsung memberikan pendampingan kepada ibu dan keluarga dengan kelahiran bayi prematur.

 

Ketua I YKM NU Pusat Bidang Kesehatan drg Hj Fauziah M Asim menyampaikan, relawan adalah individu yang mempunyai kepedulian untuk menolong orang lain secara sukarela. Selain itu, seorang relawan memberikan kontribusi terhadap sesuatu tanpa mengharapkan imbalan apapun.

 

“Sebetulnya, ketika menjadi relawan pada dasarnya kita sedang dilatih, kita diterjunkan untuk membantu masyarakat, masalah yang mereka hadapi mungkin belum pernah kita rasakan sebelumnya, tapi kita harus terlibat dalam aktivitas mereka itu,” ujarnya saat memberikan pembekalan.

 

Lebih lanjut, Fauziah juga menjelaskan bahwa sebagai relawan juga harus mempunyai kemampuan adaptasi yang tepat dan mampu bekerjasama, menyesuaikan diri serta bisa berkolaborasi dengan orang lain. Hal lain yang juga diperlukan, kata dia, adalah keterampilan dasar atau kemampuan pengetahuan yang minimal agar peran yang ia jalankan nanti bisa terpenuhi.

 

“Di sini bisa dengan banyak membaca, banyak ilmu pengetahuan, sekarang (pengetahuan) itu sudah di mana-mana. Kita bisa membaca di mana-mana, di seminar dan lain sebagainya,” katanya.

 

Dalam pembekalan ini, mereka juga diberikan buku panduan yang sudah diterbitkan YKM NU untuk memudahkan kerja relawan. “Kami ingin memberitahukan bahwa di sini kami juga menerbitkan sebuah buku panduan yang dapat memudahkan para relawan menjalankan tugasnya,” tambahnya.

 

Buku panduan ini, sambungnya, disebut buku saku yang bisa menjadi panduan teknis petugas di lapangan, baik para relawan maupun pengguna inkubator untuk dapat mengoperasikan sendiri inkubator secara mandiri. Selain panduan teknis, buku ini juga dilengkapi dengan informasi tentang berbagai informasi yang akan menambah wawasan dan pengetahuan.

 

Para relawan inkubator ini dibekali dengan pendalaman spiritual yang disampaikan oleh Ketua Pimpinan Pusat Muslimat NU, Hj Mursyidah Tahir. Selain itu, mereka juga diberikan pengetahuan dan wawasan tambahan mengenai inkubator dan fototerapis oleh para ahlinya.

 

Pewarta: Syakir NF
Editor: Aiz Luthfi

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya