Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Aplikasi NU Online Rilis Fitur Baru: Zakat & Donasi, Haji & Umrah

Aplikasi NU Online Rilis Fitur Baru: Zakat & Donasi, Haji & Umrah
NU Online menawarkan cara mudah berzakat dan berdonasi melalui aplikasi
NU Online menawarkan cara mudah berzakat dan berdonasi melalui aplikasi

NU Online Super App versi 2.3.0 telah dirilis di PlayStore, AppStore, dan App Gallery Huawei. Dalam versi terbaru ini terdapat dua fitur tambahan, yakni Zakat & Donasi dan Haji & Umrah.

 

Fitur Zakat & Donasi merupakan salah satu fasilitas yang cukup banyak diminta oleh para pengguna aplikasi NU Online. Melalui fitur ini, mereka kini bisa lebih mudah berzakat dan bersedekah. Bagi pengguna lama, fitur tersebut akan muncul dengan cara memperbarui (update) aplikasi ke versi 2.3.0.

 
Instal NU Online Super App versi Android dan iOS: nu.or.id/superapp
 

Dana zakat yang terhimpun akan otomatis terkirim ke rekening NU Care-LAZISNU (Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sedekah Nahdlatul Ulama). Fasilitas ini adalah wujud pengembangan dari fitur Kalkulator Zakat yang sudah lama rilis. Dengan bahasa lain, setelah ada perangkat untuk menghitung harta yang mesti dikeluarkan, fitur Zakat ini menyuguhkan saluran untuk menunaikan kewajiban tersebut.

 

Serupa dengan yang ada pada kategori Zakat, pada kategori Donasi juga tersedia beragam metode pembayaran, juga opsi “Sembunyikan nama saya” bagi mereka yang menghendaki tampil anonim. Seluruh riwayat transaksi akan terekam, baik di aplikasi NU Online maupun di email yang terhubung dengan e-wallet atau bank yang pengguna pakai.

 

Perbedaan kategori Zakat dan Donasi hanya terletak di segi penyalurannya (tasharruf). Dana zakat yang diterima NU Care-LAZISNU akan disalurkan kepada para mustahiq (8 golongan yang berhak menerima zakat), sementara dana donasi akan diperuntukkan bagi kepentingan yang lebih umum, seperti aksi kemanusiaan, bantuan sosial, dakwah, dan kebutuhan lain yang menyangkut kemaslahatan masyarakat.


 

Fitur Haji & Umrah

Fitur Haji & Umrah yang dirilis bersamaan dengan Zakat & Donasi juga tak kalah penting. Fasilitas ini menemukan relevansinya ketika kini pemerintah Arab Saudi kembali membuka kesempatan haji dan umrah bagi masyarakat dunia.

 

Pada fitur Haji & Umrah terdapat daftar destinasi penting di Makkah dan Madinah. Secara otomatis, sistem akan mengurutkan daftar lokasi sesuai dengan tempat terdekat dari titik lokasi pengguna. Destinasi tersebut terdiri dari masjid bersejarah, petilasan, kompleks makam, dan museum. 
 

Tak hanya alamat lengkap yang terkoneksi dengan tautan Google Map, pada masing-masing destinasi tersebut juga terdapat deskripsi, baik terkait dengan sejarah maupun info lain yang terkait dengan tempat tersebut.

 

Di fitur ini juga tersedia daftar doa yang bisa dibaca oleh jamaah haji, mulai dari berangkat, niat haji/umrah, masuk Madinah, sampai pulang kembali. Tiap teks doa dilengkapi dengan transliterasi Latin dan terjemah.


 

Tim NU Online sedang terus melakukan penyempurnaan, termasuk dengan menyiapkan deskripsi tutorial haji dan umrah secara lebih lengkap. Tak hanya ulasan berupa tulisan, tetapi juga video sehingga kian mudah dipahami. Insyaallah. (Mahbib Khoiron)



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×