Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

15 Pasangan Nikah Maulid Resmi Jadi Suami Istri

15 Pasangan Nikah Maulid Resmi Jadi Suami Istri

Pekalongan, NU Online
Sebanyak 15 pasangan dari wilayah Pekalongan dan sekitarnya Senin (3/2) resmi menjadi pasangan suami istri dalam acara nikah maulid yang digelar Khodimul Maulid Habib Mohammad Luthfy bin Yahya.
<>
Acara nikah maulid yang berlangsung di Gedung Kanzus Sholawat, Jl. dr Wahidin Pekalongan berlangsung cukup meriah. Pasalnya dari lima belas pasangan calon pengantin merupakan pasangan yang sudah tidak muda lagi, bahkan diantara mereka ada yang dinikahkan sambil menggendong anaknya.

Koordinator nikah maulid Drs. H. Dzukron Luqni kepada NU Online mengatakan, dari 15 pasangan yang ikut nikah maulid semuanya telah melakukan nikah siri, jadi meskipun diantara mereka saat dinikahkan di Kanzus Sholawat ada yang menggendong anaknya, akan tetapi mereka adalah anak yang sah secara agama, akan tetapi sesuai hukum mereka belum diakui karena belum dicatatkan di KUA.

Dikatakan, untuk penyelenggaraan nikah maulid ini, pihaknya menyediakan dana sebesar 1,1 juta rupiah tiap pasang untuk biaya mahar, tali asih, rias, baju pengantin dan biaya administrasi KUA, kesemuanya merupakan bantuan dari panitia malid dan para donatur.

"Alhamdulillah kegiatan nikah maulid yang diikuti 15 pasangan dari wilayah Pekalongan dan sekitarnya berjalan cukup lancar, meski di tengah cuaca hujan hari ini," ujar Dzukron yang juga pegawai Kemenag Kabupaten Pekalongan.

Di samping acara nikah maulid, Senin kemarin (3/2) acara peringatan maulidurrasul SAW 1435 H di Kanzus Sholawat juga dimeriahkan dengan kirab merah putih yang diikuti pelajar NU, Banser, TNI Polri dan masyarakat umum dengan menempuh jarak 10 kilometer dengan berjalan kaki.

Sedangkan sore harinya diadakan pawai "panjang jimat" tidak kurang 30 kontingen yang ikut berpartisipasi berupa marching band, barongsai, pwai budaya dan aneka atraksi yang disambut ribuan masyakarat di sepanjang jalan protokol yang dilalui rombongan pawai.

Agenda hari ini Selasa (4/2) kegiatan maulid ialah Silaturrahmi nasional pengurus dan mursyid thariqah yang tergabung dalam Jam'iyyah Ahlit Thariqah Al Mu'tabarah An Nahdliyyah (Jatman) dengan menghadirkan Panglima TNI Jendral Moeldoko dan Kapolri Jendral Polisi Sutarman.

Kegiatan yang berlangsung di Dupan Mall Pekalongan berlangsung selama sehari akan dibuka langsung oleh Rais Aam Idaroh Aliyah Jatman Habib Muhammad Luthfybin Yahya.

Sementara agenda lainnya ialah Sore nanti dijadwalkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono beserta rombongan akan tiba di Pekalongan dengan menggunakan kereta api khusus kepresidenan. Kemudian nanti malam ada kegiatan pengajian Ihya Ulumuddin, pembacaan kitan manakib dan pentas musik gambus "El Balasyik" dari Jawa Timur. (Abdul Muiz/Abdullah Alawi)



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×