Khutbah Jumat: Jaga Keharmonisan Umat di Tengah Perbedaan Pendapat
NU Online Ā· Selasa, 6 Februari 2024 | 20:00 WIB
M. Syarofuddin Firdaus
Kolomnis
Pada tahun politik seperti saat ini kerapkali kita dipertontonkan perseteruan antar pihak yang disebabkan perbedaan pilihan politik. Perseteruan ini terkadang berdampak pada keretakan sosial yang telah dijalin bertahun-tahun. Dalam konteks itu, topik khutbah Jumat kali ini mengangkat tentang upaya untuk menjaga keharmonisan umat di tengah perbedaan pendapat.
Khutbah Jumat ini berjudul: āKhutbah Jumat: Jaga Keharmonisan Umat di Tengah Perbedaan Pendapat". Untuk mencetak naskah khutbah Jumat ini, silakan klik ikon print berwarna merah di atas atau bawah artikel ini (pada tampilan desktop). Semoga bermanfaat! (Redaksi)Ā
Khutbah IĀ
Ų§ŁŁŲŁŁ
ŁŲÆŁ ŁŁŁŁŁ Ų§ŁŁŁŲ°ŁŁŁ ŲØŁŁŁŲ¹ŁŁ
ŁŲŖŁŁŁ ŲŖŁŲŖŁŁ
ŁŁ Ų§ŁŲµŁŁŲ§ŁŁŲŁŲ§ŲŖŁŲ ŁŁŲØŁŲ¹ŁŁŁŁŁŁŁ ŲŖŁŲŗŁŁŁŲ±Ł Ų§ŁŲ°ŁŁŁŁŁŁŲØŁ ŁŁŲ§ŁŲ³ŁŁŁŁŁŲ¦ŁŲ§ŲŖŁŲ ŁŁŲØŁŁŁŲ±ŁŁ
ŁŁŁ ŲŖŁŁŁŲØŁŁŁ Ų§ŁŁŲ¹ŁŲ·ŁŲ§ŁŁŲ§ ŁŁŲ§ŁŁŲ¹ŁŲØŁŲ§ŲÆŁŲ§ŲŖŁ. Ų§ŁŁŁŁŁŁŁ
ŁŁ ŲµŁŁŁŁ ŁŁŲ³ŁŁŁŁŁ
Ł Ų¹ŁŁŁŁ Ų³ŁŁŁŁŲÆŁŁŁŲ§ Ł
ŁŲŁŁ
ŁŁŲÆŁ Ų®ŁŲ§ŲŖŁŁ
Ł Ų§ŁŁŁŁŲØŁŁŁŁŁŁŁŁŲ Ų§ŁŁŁ
ŁŲØŁŲ¹ŁŁŁŲ«Ł Ų±ŁŲŁŁ
ŁŲ©Ł ŁŁŁŁŁŲ¹ŁŲ§ŁŁŁ
ŁŁŁŁŁŲ Ų§ŁŁŁ
ŁŲ±ŁŲ³ŁŁŁ Ų„ŁŁŁŁ ŁŁŲ§ŁŁŁŲ©Ł Ų§ŁŁŁ
ŁŲ®ŁŁŁŁŁŁŁŁŁŁŁŲ ŁŁŲ¹ŁŁŁŁ Ų¢ŁŁŁŁ ŁŁŲ°ŁŲ±ŁŁŁŁŲŖŁŁŁ Ų§ŁŁŲ£ŁŲ·ŁŁŁŲ§Ų±ŁŲ ŁŁŲµŁŲŁŲ§ŲØŁŲŖŁŁŁ Ų§ŁŁŲ£ŁŲ®ŁŁŁŲ§Ų±ŁŲ ŁŁŁ
ŁŁŁ ŲŖŁŲØŁŲ¹ŁŁŁŁ
Ł ŲØŁŲ§ŁŁŲ§ŁŲØŁŲŖŁŲ¹ŁŲ§ŲÆŁ Ł
ŁŁŁ Ų§ŁŁŲ£ŁŲ“ŁŲ±ŁŲ§Ų±ŁŲ Ų£ŁŲ“ŁŁŁŲÆŁ Ų£ŁŁŁ ŁŁŲ§ Ų„ŁŁŁ°ŁŁ Ų„ŁŁŁŁŲ§ Ų§ŁŁŁ ŁŁŲŁŲÆŁŁŁ ŁŁŲ§Ų“ŁŲ±ŁŁŁŁŁ ŁŁŁŁ Ų§ŁŁŁ
ŁŁŁŁŁ Ų§ŁŁŲŁŁŁŁ Ų§ŁŁŁ
ŁŲØŁŁŁŁ. ŁŁŲ£ŁŲ“ŁŁŁŲÆŁ Ų£ŁŁŁŁ Ų³ŁŁŁŁŲÆŁŁŁŲ§ Ł
ŁŲŁŁŁ
ŁŁŲÆŁŲ§ Ų¹ŁŲØŁŲÆŁŁŁ ŁŁŲ±ŁŲ³ŁŁŁŁŁŁŁ ŲµŲ§ŲÆŁŁŁ Ų§ŁŁŁŁŲ¹ŁŲÆŁ Ų§ŁŁŲ£ŁŁ
ŁŁŁŁ. Ų£ŁŁ
ŁŁŲ§ ŲØŁŲ¹ŁŲÆŁ: ŁŁŁŁŲ§ Ų¹ŁŲØŁŲ§ŲÆŁ Ų§ŁŁŁŁŲ Ų£ŁŁŁŲµŁŁ ŁŁŁŁŲ³ŁŁ ŁŁŲ„ŁŁŁŁŲ§ŁŁŁ
Ł ŲØŁŲŖŁŁŁŁŁŁ Ų§ŁŁŁŁ ŁŁŲ·ŁŲ§Ų¹ŁŲŖŁŁŁŲ ŁŁŁŁŲ§ŁŁ Ų§ŁŁŁŁ ŲŖŁŲ¹ŁŲ§ŁŁŁ ŁŁ°ŁŲ§ŁŁŁŁŁŁŲ§ Ų§ŁŁŁŲ°ŁŁŁŁŁ اٰŁ
ŁŁŁŁŲ§ Ų§ŲŖŁŁŁŁŁŲ§ Ų§ŁŁŁŁ°ŁŁ ŲŁŁŁŁ ŲŖŁŁŁ°ŁŲŖŁŁŁ ŁŁŁŁŲ§ ŲŖŁŁ
ŁŁŁŲŖŁŁŁŁ Ų§ŁŁŁŁŲ§ ŁŁŲ§ŁŁŁŲŖŁŁ
Ł Ł
ŁŁŲ³ŁŁŁŁ
ŁŁŁŁŁĀ
Hadirin jamaah shalat Jumat yang dimuliakan Allah,
Segala puji dan pujian hanyalah milik Allah, Tuhan seluruh mahluk di seantero alam. Shalawat dan salam tidak bosan-bosannya kita haturkan untuk baginda Nabi MuhammadĀ sawĀ berserta para keluarga dan sahabatnya yang telah setia menemani dalam memperjuangkan agama Allah ini. Ā Atas keseriusan dan totalitas para pejuang itu kita mendapatkan keberkahannya pada saat ini dengan dapat menjalani aturan-aturan Allah dengan mudah dan tenang.
Maka dari itu, sebagai bentuk syukur, kita harus selalu berupaya meningkatkan kualitas ketakwaan kita kepada Allah. Kualitas ketakwaan di sini bukan hanya dalam ibadah yang berhubungan antara hamba dan Tuhan, tapi juga antar hamba bahkan sesama mahluk lainnya.
Hadirin jamaah shalat Jumat yang dimuliakan Allah,
Semakin mendekati hari H agenda lima tahunan yakni Pemilu di negeri ini, kita melihat perseteruan yang terjadi tampak semakin runcing. Mirisnya, fenomena ini menjangkiti seluruh elemen masyarakat kita, mulai dari kalangan akar rumput, menengah, bahkan kelas elit. Kita lihat di sekitar dan media-media sosial yang semakin hari diskusinyaĀ semakin tidak konstruktif dan argumentatif. Malah cacian dan makian yang justru semakin dihidangkan ke khalayak.
Tidak dapat dipungkiri memang bahwa perbedaan politik kerapkali membutakan hati nurani dan menumpulkan akal sehat sehingga pertikaian pun tidak dapat dihindari. Dalam sejarah Islam sendiri misalnya, sekelas kalangan sahabat yang disebut sebagai generasi terbaik terjadi perpecahan sampai melakukan perang antar sesama yang dikenal dengan perang Jamal dan Shiffin.
Tentu saja fenomena tersebut tidak dibenarkan dan tidak layak ditiru. Justru seyogyanya dijadikan pelajaran bagi generasi setelahnya, termasuk kita saat ini, agar tidak sampai melakukan perbuatan tersebut hanya gara-gara perbedaan pandangan politik. Tidak sebanding kiranya harga yang mesti dibayar antara pertikaian dan perdamaian.
Oleh karena itu, kita harus mengingat sebuah ungkapan yang cukup populer:Ā
ŁŁŁŁŁŁŁ Ų±ŁŲ£ŁŲ³Ł Ų±ŁŲ£ŁŁŁ
Artinya: "setiap kepala mempunyai pandangan (masing-masing)."Ā
Ungkapan ini mesti dijadikan mindset kita sehingga tidak kagetan dalam menyikapi perbedaan, termasuk perbedaan politik. Sebab setiap orang pasti mempunyai berbagai faktor yang turut mempengaruhi cara pandang dan sikapnya.
Ungkapan ini bisa dibuktikan dengan realita di sekeliling kita, khususnya dalam ruang-ruang diskusi dan rapat yang tidak jarang dijumpai perbedaan yang, sekali lagi, disebabkan beragam sudut pandang. Bahkan tidak jarang juga ditemukan perdebatan yang sengit akibat tidak ada titik temu dan sama-sama kuat argumentasinya.
Hadirin jamaah shalat Jumat yang dimuliakan Allah,
Jika kita menelusuri dalam Al-Qur'an, memang pada sejatinya perbedaan yang terjadi merupakan skenario Allah dalam mendesain kehidupan manusia. Dalam surat Ar-Rum ayat 22 disebutkan:
ŁŁŁ
ŁŁŁ Ų¢ŁŁŁŲ§ŲŖŁŁŁ Ų®ŁŁŁŁŁ Ų§ŁŲ³ŁŁŁ
ŁŲ§ŁŁŲ§ŲŖŁ ŁŁŲ§ŁŁŲ£ŁŲ±ŁŲ¶Ł ŁŁŲ§Ų®ŁŲŖŁŁŁŲ§ŁŁ Ų£ŁŁŁŲ³ŁŁŁŲŖŁŁŁŁ
Ł ŁŁŲ£ŁŁŁŁŁŲ§ŁŁŁŁŁ
Ł Ų„ŁŁŁŁ ŁŁŁ Ų°ŁŁŁŁŁ ŁŁŲ¢ŁŁŁŲ§ŲŖŁ ŁŁŁŁŲ¹ŁŲ§ŁŁŁ
ŁŁŁŁ
Artinya: "Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya adalah penciptaan langit dan bumi, dan berlain-lainan bahasa dan warna kulit kalian. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang mengetahui".
Wahbah al-Zuhaili saat menafsirkan ayat ini mengatakan bahwa bermacam-macam bahasa dan warna kulit di sini bisa diartikan juga pendapat, ideologi, suku, tradisi, budaya, dan lain sebagainya. Jadi meskipun ayat ini hanya menggunakan diksi bahasa dan warna kulit, namun memiliki cakupan yang sangat luas.Ā
Maka kita selaku umat Islam sudah pasti meyakini dan menyetujui terhadap kebenaran ayat al-Quran secara umum. Ditambah dengan fakta yang memang mendukung kebenaran tersebut sehingga tidak ada alasan lagi bagi kita untuk menyangkalnya, termasuk mengenai beragam perbedaan dalam hal apa pun sebagaimana disebutkan dalam ayat ini.
Dari sisi teologis, penegasan Allah dalam firman-Nya itu hendak menunjukkan kepada kita selaku manusia -apalagi Muslim- akan tanda-tanda kekuasaan-Nya yang luar biasa. Kekuasaan-Nya yang tiada batas itu diwujudkan dalam bentuk berbagai macam suku bangsa, kultur budaya, dan pandangan. Melalui kekuasaan itulah Allah mampu menciptakan beragam perbedaan di tengah-tengah kita.
Hadirin jamaah shalat Jumat yang dimuliakan Allah,
Nabi Muhammad juga pernah memprediksi umatnya akan mengalami banyak perselisihan. Dalam hadits riwayat Abu Dawud dan Tirmidzi disebutkan:
Ų„ŁŁŁŁŁ Ł
ŁŁŁ ŁŁŲ¹ŁŲ“Ł Ł
ŁŁŁŁŁŁ
Ł ŲØŁŲ¹ŁŲÆŁŁ ŁŁŲ³ŁŁŁŲ±ŁŁ Ų§ŁŲ®ŁŲŖŁŁŁŲ§ŁŁŲ§ ŁŁŲ«ŁŁŁŲ±ŁŲ§ ŁŁŲ¹ŁŁŁŁŁŁŁŁ
Ł ŲØŁŲ³ŁŁŁŁŲŖŁŁŁ ŁŁŲ³ŁŁŁŁŲ©Ł Ų§ŁŁŲ®ŁŁŁŁŁŲ§Ų”Ł Ų§ŁŲ±ŁŁŲ§Ų“ŁŲÆŁŁŁŁŁ Ų§ŁŁŁ
ŁŁŁŲÆŁŁŁŁŁŁŁŁ Ł
ŁŁŁ ŲØŁŲ¹ŁŲÆŁŁŁ
Artinya: "Sesungguhnya orang-orang yang hidup setelahku akan melihat banyak perbedaan - perselisihan. (oleh karenanya) Maka kalian harus berpegang pada sunnahku dan sunnah para Khulafa' Rasyidin yang diberi petunjuk setelahku nanti."
Hadits ini memang biasa digunakan sebagai dalil normatif dalam menyikapi kemunculan kelompok teologi Islam. Namun pada momen kali ini, izinkan khatib untuk menghubungkan prediksi Nabi tersebut dengan konteks saat ini, yaitu banyak perselisihan akibat perbedaan pandangan, termasuk dalam hal politik.
Dengan kata lain, Nabi hendak memperkuat firman Allah sebelumnya untuk melahirkan kesadaran dalam diri umat Islam agar tidak sampai terpecah belah, bermusuhan, serta berkelahi akibat perbedaan pendapat. Kesadaran ini pun harus berbanding lurus dengan sikap dan perbuatan pada saat berinterkasi dengan orang yang berbeda pandangan dengan kita.
Maka dalam hal ini bagi kalangan elit, misalnya, harus mampu menjadi panutan bagi masyarakat di bawahnya. Mereka cukup mempromosikan pilihan politiknya dengan tanpa menjelek-jelekkan kubu lain yang berbeda dengannya. Kalangan elit sendiri dalam konteks politik bisa disebut sebagai para petinggi politik dan pemangku jabatan yang melibatkan partai politik.Ā
Kalangan elit mempunyai tanggung jawab moral untuk menjaga stabilitas sosial dan nasional. Tindak tanduk mereka akan selalu disorot oleh khalayak, sehingga sudah sepatutnya lebih berhati-hati dalam menyikapi perbedaan politik yang ada. Sikap arif dan dewasa tentu mempunyai nilai tersendiri bagi masyarakat. Terlebih pada zaman saat ini, kebanyakan orang kita sudah mampu memilah mana yang benar dan salah.Ā
Begitu juga kalangan menengah, yang dalam konteks ini bisa diasosiasikan sebagai akademisi, cendekiawan, pengamat, tokoh, bahkan influencer yang mempunyai pengaruh baik ke kalangan elit maupun akar rumput. Kalangan menengah ini meskipun tidak mempunyai kepentingan an sich dengan politik praktis, namun suara mereka relatif mengandung dampak ke berbagai segmen.
Maka dari itu, kalangan menengah ini juga mempunyai beban yang tidak ringan. Pada satu sisi, mereka dapat memberikan kritikan, aspirasi, dan masukan sebagai bahan renungan kalangan elit. Sedangkan di sisi lain, mereka menjadi penghubung dengan kalangan bawah untuk menjelaskan ide dan program dari kalangan elit. Maka jika tidak bijak, sudah tentu kalangan ini akan mengadu domba antar kedua pihak.
Terakhir adalah kalangan bawah, atau biasa disebut akar rumput selaku lumbung suara dan objek yang disasar oleh kalangan elit. Pada kalangan inilah perseteruan akibat perbedaan politik sering dijumpai.Ā
Penghinaan, cacian, makian, dan beragam sikap buruk lainnya yang disebabkan perbedaan politik tidak boleh lagi diteruskan. Sebagai masyarakat awam kita tidak akan mendapatkan keuntungan apa pun. Kita yang gontok-gontokan sana sini, sedangkan kalangan elitnya duduk manis bersama sambil tertawa. Kita jangan mau lagi diadu domba dengan orang lain yang berbeda politik dengan kita, meskipun kita dijanjikan imbalan materi yang menggiurkan.
Hadirin jamaah shalat Jumat yang dimuliakan Allah,
Sekali lagi, marilah kita lebih dewasa lagi dalam menyikapi perbedaan politik pada tahun politik saat ini. Perbedaan akan selalu terjadi pada setiap masa, bukan hanya saat ini, melainkan juga pada masa yang akan datang. Sebab hal itu merupakan fitrah alam raya yang sudah dikehendaki Allah.Ā
Maka sekarang tinggal kita menyikapi fitrah tersebut dengan tidak melakukan justifikasi buruk dan pemaksaan kehendak kepada orang lain agar bisa menjadi satu suara. Perbedaan itu niscaya dan pasti, sedangkan keharmonisan adalah pilihan yang membutuhkan aksi. Mari kita saling menghormati berbagai perbedaan pandangan, terlebih hanya dalam hal politik yang bersifat sementara.
Dalam rumus umum politik itu tidak ada teman atau musuh abadi, semuanya bergantung pada kepentingan dan kontrak yang disepakati. Bila kita tidak mencermati hal semacam ini, sehingga melakukan sikap-sikap yang membuat tatanan sosial tercederai, justru malah kita yang rugi.
ŲØŁŲ§Ų±ŁŁŁ Ų§ŁŁŁ ŁŁŁ ŁŁŁŁŁŁŁ
Ł ŁŁŁ Ų§ŁŁŁŁŲ±ŁŲ¢ŁŁ Ų§ŁŁŲ¹ŁŲøŁŁŁŁ
Ł ŁŁŁŁŁŁŲ¹ŁŁŁŁ ŁŁŲ„ŁŁŁŁŲ§ŁŁŁ
Ł ŲØŁŁ
ŁŲ§ ŁŁŁŁŁŁ Ł
ŁŁŁ Ų§ŁŁŲ¢ŁŁŲ§ŲŖŁ ŁŁŲ°ŁŁŁŲ±Ł Ų§ŁŁŲŁŁŁŁŁŁ
Ł. Ų£ŁŁŁŁŁŁŁ ŁŁŁŁŁŁŁ ŁŁŲ°ŁŲ§ ŁŁŲ£Ų³ŁŲŖŁŲŗŁŁŁŲ±Ł Ų§ŁŁŁŁ Ų§ŁŲ¹ŁŲøŁŁŁŁ
Ł Ų„ŁŁŁŁŁŁ ŁŁŁŁ Ų§ŁŲŗŁŁŁŁŁŲ±Ł Ų§ŁŲ±ŁŁŲŁŁŁŁ
Ł.
Khutbah II
Ų§ŁŁŁŲŁŁ
ŁŲÆŁ ŁŁŁŁŁ°ŁŁ ŲŁŁ
ŁŲÆŁŲ§ ŁŁŲ«ŁŁŁŲ±ŁŲ§ ŁŁŁ
ŁŲ§ Ų§ŁŁ
ŁŲ±ŁŲ Ų§ŁŲ“ŁŁŁŲÆŁ Ų§ŁŁŁ ŁŁŲ§ Ų§ŁŁŁŁŁ Ų§ŁŁŁŁŲ§ Ų§ŁŁŁŁ°ŁŁ ŁŁŲŁŲÆŁŁŁ ŁŁŲ§Ų“ŁŲ±ŁŁŁŁŁ ŁŁŁŁ Ų§ŁŲ±ŁŲŗŁŲ§Ł
ŁŲ§ ŁŁŁ
ŁŁŁ Ų¬ŁŲŁŲÆŁ ŲØŁŁŁ ŁŁ ŁŁŁŁŲ±ŁŲ ŁŁ Ų§ŁŲ“ŁŁŁŲÆŁ Ų§ŁŁŁŁ Ł
ŁŲŁŁ
ŁŁŲÆŁŲ§ Ų¹ŁŲØŁŲÆŁŁŁ ŁŁ Ų±ŁŲ³ŁŁŁŁŁŁŁ Ų³ŁŁŁŁŲÆŁ Ų§ŁŁŲ®ŁŁŁŲ§ŁŲ¦ŁŁŁ ŁŁŲ§ŁŁŲØŁŲ“ŁŲ±Ł. Ų§ŁŁŁŁŁŁŁŁ
ŁŁ ŲµŁŁŁŁ ŁŁ Ų³ŁŁŁŁŁ
Ł Ų¹ŁŁŁŁ Ų³ŁŁŁŁŲÆŁŁŁŲ§ Ł
ŁŲŁŁ
ŁŁŲÆŁ ŁŁ Ų¹ŁŁŁŁ Ų§ŁŁŁŁŁ ŁŁ Ų§ŁŲµŁŲŁŲ§ŲØŁŁŁ ŁŁŲ³ŁŁŁŁŁ
Ł ŲŖŁŲ³ŁŁŁŁŁŁ
ŁŲ§ ŁŁŲ«ŁŁŁŲ±Ų§ŁŪ° Ų§ŁŁ
ŁŁŲ§ŲØŁŲ¹ŁŲÆŁ Ū° ŁŁŁŁŲ§Ų¹ŁŲØŁŲ§ŲÆŁŲ§ļ·², Ų§ŲŖŁŁŁŁŁŲ§ Ų§ŁŁŁŁ°ŁŁ ŲŁŁŁŁ ŲŖŁŁŁ°ŁŲŖŁŁŁ ŁŁŁŁŲ§ ŲŖŁŁ
ŁŁŁŲŖŁŁŁŁ Ų§ŁŁŁŁŲ§ ŁŁŲ§ŁŁŁŲŖŁŁ
Ł Ł
ŁŁŲ³ŁŁŁŁ
ŁŁŁŁŁ. ŁŁŲ§ŁŁ Ų§ŁŁŁŁ ŲŖŁŲ¹ŁŲ§ŁŁ Ų„ŁŁŁŁ Ų§ŁŁŁŁŁŁ ŁŁŁ
ŁŁŁŲ§Ų¦ŁŁŁŲŖŁŁŁ ŁŁŲµŁŁŁŁŁŁŁ Ų¹ŁŁŁŁ Ų§ŁŁŁŁŲØŁŁŁŁ ŁŁŲ§ Ų£ŁŁŁŁŁŁŲ§ Ų§ŁŁŁŲ°ŁŁŁŁ Ų¢Ł
ŁŁŁŁŲ§ ŲµŁŁŁŁŁŲ§ Ų¹ŁŁŁŁŁŁŁ ŁŁŲ³ŁŁŁŁŁ
ŁŁŲ§ ŲŖŁŲ³ŁŁŁŁŁ
ŁŲ§
Ų§ŁŁŁŁŁ
ŁŁ Ų§ŲŗŁŁŁŲ±Ł ŁŁŁŁŁ
ŁŲ¤ŁŁ
ŁŁŁŁŁŁŁ ŁŁŲ§ŁŁŁ
ŁŲ¤ŁŁ
ŁŁŁŲ§ŲŖŁ ŁŁŲ§ŁŁŁ
ŁŲ³ŁŁŁŁ
ŁŁŁŁŁ ŁŁŲ§ŁŁŁ
ŁŲ³ŁŁŁŁ
ŁŲ§ŲŖŁŲ Ų§ŁŁŁŲ£ŁŲŁŁŲ§Ų”Ł Ł
ŁŁŁŁŁŁ
Ł ŁŁŲ§ŁŁŲ§ŁŁ
ŁŁŁŲ§ŲŖŁ. Ų§ŁŁŁŁŁŁŁ
ŁŁ Ų£ŁŲµŁŁŁŲŁŁŁŲ§ ŁŁŲ£ŁŲµŁŁŁŲŁ Ų£ŁŲŁŁŁŲ§ŁŁŁŁŲ§Ų ŁŁŲ£ŁŲµŁŁŁŲŁ Ł
ŁŁŁ ŁŁŁ ŲµŁŁŁŲ§ŲŁŁŁŁ
Ł ŲµŁŁŁŲ§ŲŁŁŁŲ§ ŁŁŲµŁŁŁŲ§ŲŁ Ų§ŁŁŁ
ŁŲ³ŁŁŁŁ
ŁŁŁŁŁŲ ŁŁŲ£ŁŁŁŁŁŁŁ Ł
ŁŁŁ ŁŁŁ ŁŁŁŁŲ§ŁŁŁŁŁ
Ł ŲµŁŁŲ§ŲŁŁŁŲ§ ŁŁŲµŁŁŁŲ§ŲŁ Ų§ŁŁŁ
ŁŲ³ŁŁŁŁ
ŁŁŁŁŁŲ Ų§ŁŁŁŁŁ
ŁŁ ŁŁŲŁŁŲÆŁ ŲµŁŁŁŁŁŁŁ Ų§ŁŁŁ
ŁŲ³ŁŁŁŁ
ŁŁŁŁŁŲ ŁŁŲ§Ų±ŁŲ²ŁŁŁŁŁŲ§ ŁŁŲ„ŁŁŁŁŲ§ŁŁŁ
Ł Ų²ŁŁŁŲ§ŲÆŁŲ©Ł Ų§ŁŲŖŁŁŁŁŁŁŁ ŁŁŲ§ŁŁŲ„ŁŁŁŁ
ŁŲ§ŁŁŲ Ā Ų§ŁŁŁŁŁ
ŁŁ Ų§ŲÆŁŁŁŲ¹Ł Ų¹ŁŁŁŁŲ§ Ų§ŁŁŲØŁŁŲ§ŁŲ”Ł ŁŁŲ§ŁŁŁŁŲØŁŲ§Ų”Ł ŁŁŲ§ŁŲ²ŁŁŁŲ§ŁŲ²ŁŁŁ ŁŁŲ§ŁŁŁ
ŁŲŁŁŁ ŁŁŲ³ŁŁŁŲ”Ł Ų§ŁŁŁŁŲŖŁŁŁ ŁŁŲ§ŁŁŁ
ŁŲŁŁŁ Ł
ŁŲ§ ŲøŁŁŁŲ±Ł Ł
ŁŁŁŁŁŲ§ ŁŁŁ
ŁŲ§ ŲØŁŲ·ŁŁŁ Ų¹ŁŁŁ ŲØŁŁŁŲÆŁŁŁŲ§ Ų„ŁŁŁŲÆŁŁŁŁŁŁŲ³ŁŁŁŁŲ§ Ų®Ų¢ŲµŁŁŲ©Ł ŁŁŲ³ŁŲ§Ų¦ŁŲ±Ł Ų§ŁŁŲØŁŁŁŲÆŁŲ§ŁŁ Ų§ŁŁŁ
ŁŲ³ŁŁŁŁ
ŁŁŁŁŁ Ų¹Ų§Ł
ŁŁŲ©Ł ŁŁŲ§ Ų±ŁŲØŁŁ Ų§ŁŁŲ¹ŁŲ§ŁŁŁ
ŁŁŁŁŁ Ā Ų§ŁŁŁŁŁŁŁ
ŁŁ Ų£ŁŲ±ŁŁŁŲ§ Ų§ŁŁŲŁŁŁŁ ŲŁŁŁŁŲ§ ŁŁŲ§Ų±ŁŲ²ŁŁŁŁŁŲ§ Ų§ŲŖŁŁŲØŁŲ§Ų¹ŁŁŁ ŁŁŲ£ŁŲ±ŁŁŁŲ§ Ų§ŁŁŲØŁŲ§Ų·ŁŁŁ ŲØŁŲ§Ų·ŁŁŁŲ§ ŁŁŲ§Ų±ŁŲ²ŁŁŁŁŁŲ§ Ų§Ų¬ŁŲŖŁŁŁŲ§ŲØŁŁŁ. Ų±ŁŲØŁŁŁŁŲ§ Ų¢ŲŖŁŁŲ§Ł ŁŁŁ Ų§ŁŲÆŁŁŁŁŁŁŲ§ ŲŁŲ³ŁŁŁŲ©Ł ŁŁŁŁŁ Ų§ŁŁŲ¢Ų®ŁŲ±ŁŲ©Ł ŲŁŲ³ŁŁŁŲ©Ł ŁŁŁŁŁŁŲ§ Ų¹ŁŲ°ŁŲ§ŲØŁ Ų§ŁŁŁŁŲ§Ų±Ł. ŁŁŲ§ŁŁŁŲŁŁ
ŁŲÆŁ ŁŁŁŁŁ°ŁŁ Ų±ŁŲØŁŁ Ų§ŁŁŲ¹Ł°ŁŁŁ
ŁŁŁŁŁ
Ų¹ŁŲØŁŲ§ŲÆŁ Ų§ŁŁŁŁŲ Ų„ŁŁŁŁ Ų§ŁŁŁŁ ŁŁŲ£ŁŁ
ŁŲ±Ł ŲØŁŲ§ŁŁŲ¹ŁŲÆŁŁŁ ŁŁŲ§ŁŁŲ„ŁŲŁŲ³ŁŲ§ŁŁ ŁŁŲ„ŁŁŁŲŖŲ§Ų”Ł Ų°ŁŁ Ų§ŁŁŁŁŲ±ŁŲØŁŁ ŁŁŁŁŁŁŁŁŁ Ų¹ŁŁŁ Ų§ŁŁŁŁŲŁŲ“Ų§Ų”Ł ŁŁŲ§ŁŁŁ
ŁŁŁŁŁŲ±Ł ŁŁŲ§ŁŁŲØŁŲŗŁŁŁ ŁŁŲ¹ŁŲøŁŁŁŁ
Ł ŁŁŲ¹ŁŁŁŁŁŁŁ
Ł ŲŖŁŲ°ŁŁŁŁŲ±ŁŁŁŁŁŲ ŁŁŲ§Ų°ŁŁŁŲ±ŁŁŲ§ Ų§ŁŁŁŁ Ų§ŁŁŲ¹ŁŲøŁŁŁŁ
Ł ŁŁŲ°ŁŁŁŲ±ŁŁŁŁ
ŁŲ ŁŁŲ§Ų“ŁŁŁŲ±ŁŁŁŁŁ Ų¹ŁŁŁŁ ŁŁŲ¹ŁŁ
ŁŁŁ ŁŁŲ²ŁŲÆŁŁŁŁ
ŁŲ ŁŁŁŁŲ°ŁŁŁŲ±Ł Ų§ŁŁŁŁ
M. Syarofuddin Firdaus, Dosen Pesantren Luhur Ilmu Hadits Darus-Sunnah Ciputat
Terpopuler
1
Munas Majelis Alumni IPNU Berakhir, Prof Asrorun Niam Terpilih Jadi Ketua Umum
2
PPATK Tuai Kritik: Rekening Pasif Diblokir, Rekening Judol Malah Dibiarkan
3
Bendera One Piece Marak, Sarbumusi Serukan Pengibaran Merah Putih
4
Hadiri Haul Buntet 2025, Ketum PBNU Tegaskan Pesantren Punya Saham dalam Tegaknya NKRI
5
Gelombang Tinggi di Cianjur Hantam 67 Perahu Nelayan, SNNU Desak Revitalisasi Dermaga
6
Alumni IPNU Harus Hadir Jadi Penjernih dalam Konflik Sosial dan Jembatan Antarkelompok
Terkini
Lihat Semua