Home Nasional Warta Esai Khutbah Daerah Cerpen Fragmen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Keislaman Internasional English Tafsir Risalah Redaksi Opini Hikmah Video Nikah/Keluarga Obituari Tokoh Hikmah Arsip Ramadhan Kesehatan Lainnya

Ramadhan di Istanbul

Ramadhan di Istanbul

Sama seperti umat muslim di tempat lain, muslim di kota Istanbul ,Turki pun menyambut datangnya bulan suci ini. Semua masjid di kota ini dibersihkan dan dihias oleh pemerintah  setempat. Buah-buahan khas Ramadhan seperti kurma sudah memenuhi emperan pasar.<>

Seperti tahun-tahun sebelumnya pemerintah kota Istanbul dan organisasi non-pemerintah pada tahun ini juga membagikan menu berbuka puasa di tenda-tenda. Tahun lalu mereka (pemerintah kota Istanbul )mampu membagikan menu buka puasa untuk 20 ribu umat muslim yang berpuasa.

Selain itu akan ada konser Ney semacam alat musik tiup mirip seruling dan pertunjukan Hacivat – Karagöz (wayang Turki) di pelataran masjid Sultan Ahmet. Pada saat menjelang sahur akan ada seorang petugas yang keliling sambil memukul davul  atau gendang untuk membangunkan bagi mereka yang hendak berpuasa.

Umat muslim di Turki pada musim panas seperti sekarang ini berpuasa antara 16-17 jam setiap hari. Semoga puasa ramadhan kali ini lebih baik dari puasa-puasa sebelumnya. Selamat berpuasa. (Hari Pebriantok, Mahasiswa Selcuk University,Konya,Turki/Red: Anam).



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Internasional Lainnya

Terpopuler Internasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×