Internasional

PBNU Serahkan Bantuan Rp5 Miliar untuk Palestina Lewat Bayt Zakat Al-Mishriyyah

Jum, 1 Desember 2023 | 20:00 WIB

PBNU Serahkan Bantuan Rp5 Miliar untuk Palestina Lewat Bayt Zakat Al-Mishriyyah

PBNU menyampaikan bantuan kemanusiaan bagi Masyarakat Gaza Palestina melalui Bayt Zakat Al-Mishriyyah Mesir senilai Rp5 miliar, Lembaga Zakat resmi Negara Mesir di bawah pembinaan Grand Syekh Al-Azhar Ahmad Thayyib. (Foto: dok. istimewa)

Jakarta, NU Online

Wakil Ketua Umum PBNU Habib Hilal Al-Aidid bersama Ketua LAZISNU PBNU Habib Ali Hasan Bahar mendapatkan tugas khusus dari Ketua Umum PBNU untuk menyampaikan bantuan kemanusiaan bagi Masyarakat Gaza Palestina melalui Bayt Zakat Al-Mishriyyah, Lembaga Zakat resmi Negara Mesir di bawah pembinaan Grand Syekh Al-Azhar Ahmad Thayyib senilai Rp5 miliar, Senin lalu.


Habib Hilal Al-Aidid mengatakan, selama negara Palestina masih terjajah oleh Israel, maka selama itu juga PBNU tidak akan berhenti memperjuangkan hak kemerdekaan negara dan bangsa Palestina.


"Kami berharap segenap negara yang mendukung kemerdekaan negara Palestina untuk menekan Israel agar menghentikan agresi militer serta penjajahan di tanah negara Palestina," ujar Habib Hilal.


Dia juga menegaskan bahwa Undang Undang Dasar Negara Indonesia mendukung penuh kemerdekaan negara Palestina karena kemerdekaan adalah hak segala bangsa serta penjajahan harus segera dihapuskan.


"PBNU berkomitmen memperjuangkan hak-hak dan nilai kehormatan kemanusiaan," tegasnya.


Pernyataan Grand Syekh Azhar Ahmad Thayyib

Sementara itu, Grand Syekh Al Azhar Ahmad Thayyib mengapresiasi langkah PBNU dalam mendukung misi kemanusiaan melawan penjajahan dan kekerasan yang dilancarkan negara Israel di tanah Palestina.


Syekh Al-Thayyib juga mengapresiasi nilai moderasi yang dijalankan oleh PBNU karena kesamaan sudut pandang dalam akidah serta sikap dalam beragama. Grand Syekh mengutarakan bahwa Al-Azhar dan PBNU sebagai saudara kembar yang identik dalam berbagai aspek.