Home Nasional Khutbah Warta Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Nikah/Keluarga Video Obituari Tokoh Hikmah Arsip

Humor: Yang Membatalkan Puasa

Humor: Yang Membatalkan Puasa
Ilustrasi humor. (ist)
Ilustrasi humor. (ist)

Dalam kultumnya, Ustadz Samin mengingatkan jamaah untuk menjauhi dan tidak melakukan hal-hal yang dapat membatalkan puasa. Oleh karenanya ia menjelaskan apa saja yang bisa membatalkan puasa berdasarkan ilmu Fiqih.


Di antara yang membatalkan puasa menurut Ustadz Samin adalah memasukkan sesuatu dengan sengaja ke dalam lubang yang ada pada tubuh manusia seperti mulut, hidung, telinga, dan yang lainnya.


"Jadi jauhi dan hindari hal-hal yang membatalkan puasa agar puasa kita bisa penuh di bulan Ramadhan dan mendapatkan pahala dari Allah SWT," kata Ustadz Samin mengingatkan.


Namun setelah selesai kultum, Pak Dulah mendekati Ustadz Samin dan mengatakan bahwa ada satu hal lagi yang belum dijelaskan dalam kultum tadi.


"Pak Ustadz, ada satu hal lagi yang belum dijelaskan. Menurut saya ada satu hal lagi yang membatalkan puasa dan bukannya dijauhi mereka yang berpuasa, malah ini selalu ditunggu-tunggu," kata Pak Dulah dengan muka serius.


"Apa itu?" tanya Ustadz Samin.


"Azan maghrib," jawab Pak Dulah. (Muhammad Faizin)



Terkait

Humor Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya