Home Nasional Warta Esai Khutbah Daerah Cerpen Fragmen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Keislaman Internasional English Tafsir Risalah Redaksi Opini Hikmah Video Nikah/Keluarga Obituari Tokoh Hikmah Arsip Ramadhan Kesehatan Lainnya

UNU Yogyakarta Buka Kelas Inovasi Pendidikan Bahasa Inggris di Al-Imdad Bantul

UNU Yogyakarta Buka Kelas Inovasi Pendidikan Bahasa Inggris di Al-Imdad Bantul
Kedua pihak memegang dokumen nota kesepahaman, Sabtu (21/8/2021). (Foto: M Yusuf Anas)
Kedua pihak memegang dokumen nota kesepahaman, Sabtu (21/8/2021). (Foto: M Yusuf Anas)

Bantul, NU Online

Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama (FIP UNU) Yogyakarta dan Yayasan Pondok Pesantren Al-Imdad Bantul melakukan penandatangan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) terkait dengan pembentukan Kelas Inovasi Program Studi Strata 1 Pendidikan Bahasa Inggris (PBI). Penandatangan nota kesepahaman yang dilakukan Sabtu (21/8/2021) di Kompleks BLKK PP Al-Imdad, ini menandai dimulainya percontohan Kelas Inovasi PBI.

 

Wakil Dekan FIP UNU Yogyakarta, Harisna Hikmah mengatakan dipilihnya Pesantren Al-Imdad karena potensi besar yang dimilikinya dengan kemajuan dan perkembangannya yang cukup pesat dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir ini. 

 

"Kami melihat bahwa Al-Imdad mampu mengembangkan santri-santrinya agar bisa menguasai Bahasa Inggris dengan tujuan memajukan pesantren dan kompetensi santri itu sendiri," ujar Harisna.

 

Dengan kemampuan berbahasa Inggris yang baik, menurutnya santri diharapkan akan mampu menjadi agen transformasi nilai-nilai keislaman hingga ke kancah dunia internasional.


Sementara Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan UNU Yogyakarta, Muhajir menegaskan bahwa pembukaan Kelas Inovasi Prodi PBI di PP Al-Imdad ini merupakan ikhtiar UNU Yogyakarta dalam mengejawantahkan visi-misi UNU sebagai universitas yang bisa menghubungkan dunia kampus-pesantren-masyarakat dan industri. 

 

"Selain itu, langkah ini juga merupakan upaya menciptakan inovasi-inovasi pembelajaran atau perkuliahan yang relevan dengan perkembangan zaman dan, yang terpenting, membekali santri agar memiliki dua kemampuan berbahasa asing yang baik, Arab maupun Inggris," imbuhnya.


Ketua Yayasan Pondok Pesantren Al-Imdad, H Atthobari menyampaikan kerja sama ini merupakan langkah yang sangat baik dan strategis bagi kedua belah pihak.  

 

"Bagi UNU Yogyakarta, langkah ini tentu akan membuat UNU menjadi semakin dekat dengan masyarakat, dan bagi Al Imdad kelas inovasi ini akan mampu meningkatkan kapasitas santri dalam penguasaan bahasa Bahasa Inggris," ujar Atthobari.


Atthobari berharap ke depan akan ada kerja sama-kerja sama dengan prodi-prodi yang lain. "Terlebih Al-Imdad sudah merencanakan akan membuka program Ma'had Aly di masa yang akan datang," ujarnya.

 
Di kesempatan yang sama, KH Habib Abdus Syakur, Pengasuh Pondok Pesantren Al-Imdad Bantul, menjelaskan bahwa hadirnya Kelas Inovasi Prodi PBI dari FIP UNU Yogyakarta ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan kedua lembaga, yaitu UNU Yogyakarta dan Pondok Pesantren Al-Imdad, dalam mengembangkan kapasitas kelembagaan yang bertujuan untuk menghadirkan sebesar mungkin manfaat bagi masyarakat. 

 

"Dengan MoU ini, UNU Yogyakarta dan Pondok Pesantren Al-Imdad dapat bersama-sama menyiapkan generasi NU ke depan yang memiliki kompetensi akademik kepesantrenan yang diperkuat dengan kompetensi Pendidikan Bahasa Inggris. Lebih dari itu, dengan terampil berbahasa Inggris, Santri Al-Imdad akan mampu mengembangkan keilmuannya dalam cara yang lebih luas dan lebih jauh," tutupnya.

 

Kontributor: Muhammad Yusuf Anas
Editor: Kendi Setiawan



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×