Home Warta Nasional Khutbah Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Obituari Video Nikah/Keluarga Tokoh Hikmah Arsip

Terus Perkuat Program Sosial, LAZISNU Pringsewu Miliki Delapan Divisi

Terus Perkuat Program Sosial, LAZISNU Pringsewu Miliki Delapan Divisi
Peluncuran Ambulans LAZISNU oleh Bupati Pringsewu pada tahun 2019
Peluncuran Ambulans LAZISNU oleh Bupati Pringsewu pada tahun 2019

Pringsewu, NU Online
Lembaga Amil Zakat Infak Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Pringsewu Lampung saat ini sudah memiliki delapan divisi yang berfungsi untuk lebih menguatkan peran dan kerja sosial lembaga filantropi NU ini. Delapan divisi ini bergerak dengan memberi kemaslahatan bagi masyarakat sesuai dengan visi dan misi LAZISNU Pringsewu.


Delapan divisi tersebut adalah divisi kesehatan yang menangani kerja sosial LAZISNU dalam memberi pelayanan kesehatan pada masyarakat. Saat ini divisi kesehatan telah menggandeng beberapa klinik dan tenaga kesehatan melalui program jalin kesehatan. Dengan program ini, masyarakat dapat berobat gratis di klinik dan tenaga medis yang bekerjasama dengan LAZISNU.


“Program ini sudah berjalan sejak 2019 dengan memaksimalkan program Kotak Koin Pondasi Akhirat,” ungkap Manajer LAZISNU Pringsewu M Kabul Muliarto kepada NU Online, Kamis (8/7).


Untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan, saat ini LAZISNU juga sudah memiliki dua kendaraan Ambulans untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses fasilitas kesehatan. Ke depan, LAZISNU sedang merencanakan untuk menambah lagi armada Ambulans sehingga akan lebih maksimal lagi dalam memberikan pelayanan AMbulans gratis.


Selanjutnya adalah Divisi Bank Darah yang membantu masyarakat dalam menyediakan darah untuk proses perawatan dan penyembuhan berbagai penyakit. Darah yang disumbangkan ini dihimpun dari para pendonor yang dikoordinir mulai dari pendataan peserta donor sampai dengan proses penyimpanannya. Dengan data-based pendonor yang sudah dimiliki oleh Bank Darah, maka kebutuhan darah akan segera bisa dipenuhi jika ada yang membutuhkan.


“Dengan adanya Bank Darah NU Peduli ini, banyak masyarakat di Kabupaten Pringsewu dan juga masyarakat luas yang sudah mendapatkan manfaatnya,” ungkap Kabul.


Divisi LAZISNU lain yang sampai saat ini terus melakukan kerja-kerja sosial bagi masyarakat seperti divisi Fundrising, Kitabisa, Al-Qur’an Center, Kemaslahatan JPZISNU, dan LAZISNU Peduli yang bersinergi dengan NU Peduli Kemanusiaan.


Saat ini, LAZISNU juga sudah memiliki divisi baru yakni di bidang ekonomi yang bermitra dengan BMT NU Pringsewu. Devisi ekonomi ini akan memaksimalkan potensi ekonomi warga NU di Pringsewu di antaranya dengan rencana pendirian sebuah koperasi penyedia barang kebutuhan untuk bantuan LAZISNU.


“Saat ini, dalam setiap bulannya LAZISNU membutuhkan berbagai barang untuk keperluan membantu masyarakat melalui program-programnya. Di antaranya adalah beras yang setiap bulannya membutuhkan 1 ton lebih,” katanya.


Dengan adanya koperasi penyedia barang ini, LAZISNU akan bisa mendapatkan barang yang berkualitas dengan harga kompetitif yang akan dapat membantu masyarakat. Dengan adanya koperasi ini, juga akan mengutangi monopoli dan kapitalisme dalam perdagangan.


Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Kendi Setiawan


Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya