Home Nasional Khutbah Warta Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Nikah/Keluarga Video Obituari Tokoh Hikmah Arsip

Soal Covid-19 yang Belum Ada Obatnya, Begini Penjelasan Dokter

Soal Covid-19 yang Belum Ada Obatnya, Begini Penjelasan Dokter
Ilustrasi virus corona Covid-19. (Foto: NU Online)
Ilustrasi virus corona Covid-19. (Foto: NU Online)

Jakarta, NU Online

Ketua Satgas Covid-19 Malang Raya, dokter Syifa Mustika mengatakan bahwa tidak ada perbedaan obat atau antivirus untuk berbagai Covid-19 varian apapun. Sebab virus yang menyebabkan Covid-19 sendiri adalah virus jenis baru yang berbeda dari coronavirus penyebab SARS ataupun MERS.


"Ini virus baru jadi belum ada obat untuk menanganinya," kata Syifa menyampaikan lewat pesan singkat kepada NU Online, Senin (28/6).


Hanya saja menurutnya, terdapat beberapa jenis obat Corona yang banyak digunakan untuk membantu perawatan pasien positif Covid-19. Obat Corona ini meliputi obat antivirus, anti-peradangan, hingga obat yang dapat mendukung dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.


"Selama ini pakai antivirus yang efektif untuk Covid-19," terang Anggota Perhimpunan Dokter Nahdlatul Ulama (PDNU) Malang ini.


Lebih dari itu, ia juga merespons wacana penduduk Singapura untuk hidup berdampingan dengan Covid-19 dengan mengatakan hal itu bisa terjadi ketika cukup banyak orang yang divaksinasi.


Maka, Covid-19 akan ditangani seperti penyakit endemik lainnya seperti flu biasa, seperti disampaikan tiga wakil ketua gugus tugas Covid-19 di Kementerian Singapura, saat mereka menguraikan rencana untuk transisi ke new normal.


"Dengan syarat ya sudah divaksin semua penduduknya termasuk anak-anak. Itu paling cepat baru tahun depan," terang Syifa.


Kontributor: Syifa Arrahmah

Editor: Fathoni Ahmad


Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya