Home Nasional Khutbah Warta Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Nikah/Keluarga Video Obituari Tokoh Hikmah Arsip

STAIDH Aceh Barat Berikan Beasiswa bagi Teungku Dayah dan Hafidz

STAIDH Aceh Barat Berikan Beasiswa bagi Teungku Dayah dan Hafidz
Sejumlah mahasiswa penerima beasiswa STAIDH Aceh Barat. (Foto: Dok. STAIDH Aceh Barat)
Sejumlah mahasiswa penerima beasiswa STAIDH Aceh Barat. (Foto: Dok. STAIDH Aceh Barat)

Meulaboh, NU Online
Dalam memperingati Hari Santri 2021 yang jatuh pada 22 Oktober, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Hikmah (STAIDH), Aceh Barat, menggratiskan biaya kuliah hingga 100 persen kepada teungku dayah dan hafidz.


Pemberikan beasiswa ini dilakukan pada Jumat (22/10) di aula STAI Darul Hikmah yang diserahkan langsung oleh Ketua STAI, Tgk Rahmat Saputra.


Wakil Ketua I STAI Darul Hikmah, Najamul Wathan, mengatakan pembebasan biaya kuliah ini sebagai bentuk apresiasi kampus kepada teungku dayah yang mampu menguasai kitab kuning.


“Mulai dari kitab matan Taqrib sampai dengan kitab Mahalli sesuai jenjang kitab yang dikuasai,” katanya.


Hal ini juga berlaku kepada hafidz yang mampu menghafal Al-Qur’an, mulai dari 1 juz sampai dengan 30 juz.


“Program ini akan terus berlanjut sebagai bentuk penghargaan bagi mahasiswa STAI Darul Hikmah yang mampu menguasai kitab kuning atau menghafal Al-Qur’an,” jelasnya.


Wakil Ketua III STAI Darul Hikmah, Syahwaludin, menambahkan bahwa mahasiswa yang memenuhi syarat dalam proses seleksi di hari santri ini ada 7 orang. 5 mahasiswa yang menguasai kitab kuning yaitu Sukma Putra Wijaya, Jannati, Martunis, Rozy, dan Ahmad Junaidi. Sedangkan mahasiswa yang mampu menghafal Al-Qur'an (hafidz) ada 2 orang, M Ali Akbar dan Maisarah.  


“Masing-masing mahasiswa yang sudah mengikuti seleksi berhak mendapatkan beasiswa STAI Darul Hikmah mulai dari 25 hingga 100 persen,” kata Syahwaludin.


Sedangkan tim penguji kitab kuning diketuai oleh Abi Fakhrurrazi dan tim penguji hafizh, diketuai oleh Ustadz Danil.


“Sebagai kampus Islam yang memiliki motto unggul berkualiltas berbasis dayah, kami berusaha untuk memberikan kesempatan seluas mungkin bagi para teungku dayah dan hafidz,” tandasnya.


Hal tersebut agar mereka mendapatkan pendidikan berkualitas di STAI Darul Hikmah melalui program beasiswa ini. Dan pada saat yang bersamaan program ini sangat diapresiasi mahasiswa.


“Hal ini terbukti dengan meningkatnya jumlah mahasiswa baru pada tahun ini lebih dari dua ratus persen dibanding dengan tahun sebelumnya,” jelasnya.


Ketua STAI Darul Hikmah, Tgk Rahmat Saputra dalam sambutannya mengatakan kepada penerima beasiswa agar menjadi inspirasi kepada yang lain.


“Juga untuk memperdalam khazanah kitab kuning karya ulama salaf dan menghafal Al-Qur'an,” katanya.


Selain itu, Rahmat juga berharap dukungan dari berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah untuk mewujudkan STAI Darul Hikmah sebagai kampus Islam berbasis dayah kebanggaan masyarakat Aceh Barat. 


Pewarta: Ibnu Nawawi
Editor: Musthofa Asrori


Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya