Home Nasional Khutbah Warta Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Nikah/Keluarga Video Obituari Tokoh Hikmah Arsip

Siswi MTsN 2 Jeneponto Berhasil Ciptakan Robot Asisten Covid-19

Siswi MTsN 2 Jeneponto Berhasil Ciptakan Robot Asisten Covid-19
Tim MTsN 2 Jeneponto dalam ajang kompetisi Robotik Madrasah. (Foto: Dok. MTsN 2 Jenepoto)
Tim MTsN 2 Jeneponto dalam ajang kompetisi Robotik Madrasah. (Foto: Dok. MTsN 2 Jenepoto)

Tangerang Selatan, NU Online
Perjuangan tim robotik Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Jeneponto, Sulawesi Selatan, akhirnya menuai hasil yang cukup membanggakan. Pasalnya, tim robotik yang merancang robot asisten Covid-19 berhasil lolos masuk top 30 besar dalam ajang Madrasah Robotics Competition (MRC) tingkat Nasional tahun 2021.


Tim Robotik MTsN 2 Jeneponto itu masuk dalam top 30 dari 110 peserta se-Indonesia setelah mengikuti beberapa tahapan presentase.


Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Jeneponto, Hj Nuraedah, mengatakan robot asisten Covid-19 rancangan dua orang siswinya diikutkan dalam ajang kompetisi Robotik Madrasah yang diselenggarakan oleh Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Kemenag RI. 
 

Baca juga: Dirjen Pendis Kemenag Sebut Madrasah Miliki Keunggulan Teknologi Kekinian


“Tim Robotik MTsN 2 Jeneponto ini mengirimkan presentasi tentang robot tersebut dan dinyatakan lolos dan masuk dalam top 30 dari 110 peserta yang mendaftar,” katanya Ahad, (3/10/2021).


Ia mengungkapkan, tim robotik MTsN yang baru dipimpin kurang lebih 2 bulan itu akan tampil di urutan kesembilan.


“Top 30 besar ini digelar 2 hari, yakni Sabtu 2 Oktober dan Minggu 3 Oktober 2021, tim robotik kita akan tampil hari ini di penampilan ke-9,” ungkap Hj Nuraedah.


Mantan Kepala Madrasah (Kamad) MTsN 1 Jeneponto ini mengaku, pada 2020 pihaknya berhasil meloloskan 6 tim robotik  masuk ke-30 besar tingkat nasional. 


Sebagaimana pemberitaan sebelumnya, ia juga mengatakan Madrasah Robotics Competition (MRC) tahun ini mengambil tema Robot For Global Pandemic yang bertujuan untuk menyelesaikan isu isu penting dunia, yakni pandemi Covid-19 yang melanda kurang lebih dua tahun terakhir ini.


“Untuk menjawab hal tersebut, maka kami tim robotik MTsN 2 Jeneponto merancang robot yang kami namakan asisten Covid yang nantinya akan bertugas membantu perawat pasien Covid untuk mengantarkan kebutuhan pasien keruangannya,” katanya lagi. 


Diketahui, Madrasah Robotics Competition (MRC) merupakan ajang kompetisi bagi siswa madrasah, jenjang Ibtidaiyah (MI), Tsanawiyah (MTs), dan Aliyah (MA). Pendaftaran ajang ini dibuka pada 7 Juli hingga 31 Agustus 2021 secara online melalui website madrasah.kemenag.go.id/mrc.


Kontributor: Syifa Arrahmah
Editor: Musthofa Asrori


Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya