Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Santri Tremas Adakan Khitanan Massal hingga Pagelaran Wayang Kulit

Santri Tremas Adakan Khitanan Massal hingga Pagelaran Wayang Kulit
Pacitan, NU Online
Memeriahkan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Ikatan Pelajar Pacitan Pondok Tremas atau IPPAPONMAS, mulai Jum’at (16/12) menggelar kegiatan Bhakti Santri di Dusun Jambu, Desa Bangunsari Kecamatan/Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Organisasi daerah di lingkungan Pesantren Tremas yang menaungi santri dari seluruh Kabupaten Pacitan itu menggelar sejumlah kegiatan bersama masyarakat setempat hingga Ahad (18/12).

Kegiatan yang dilaksanakan diantaranya khitanan massal, pengobatan gratis, aksi donor darah, santun anak yatim, semaan Al-Qur’an, dakwah bil hal, pembinanaan TPQ dan Madin, pagelaran seni wayang kulit, dan pengajian peringatan maulid Nabi Muhammad SAW bersama pengasuh Jamaah Muji Rosul (Jamuro) KH Abdul Karim Ahmad (Mangkuyudan, Surakarta).

Pembimbing organisasi IPPAPONMAS Ust Ali Muhadaini, Jum’at pagi (16/) kepada NU Online mangatakan, sebanyak 350 santri putra dan putri turut berpartisipasi dalam kegiatan tahunan ini.

Bhakti santri IPPAPONMAS, katanya, digelar sebagai wujud mengenalkan dan mendekatkan dunia pesantren pada masyarakat. “Selain itu, bhakti santri ini sebagai bentuk mengamalkan ajaran dan nilai-nilai pesantren yang dekat dengan kehidupan masyarakat,” katanya.

Selama mengikuti kegiatan, para santri akan berbaur dan belajar bersosialisasi dengan masyarakat setempat. Mereka akan mengenalkan nilai-nilai kepesantrenan, seperti kesederhanaan, kemandirian, tolong menolong dan memberi pemahaman cara beragama yang baik sesuai dengan ajaran Ahlusunnah wal-Jamaah.

IPPAPONMAS merupakan salah satu Organisasi Daerah (Orda) yang bearada di lingkungan Pesantren Tremas Pacitan. Organisasi ini dibentuk pertama kali oleh Alm KH Harits Dimyathi. Setiap bulan Robiul Awwal, IPPAPONMAS menggelar kegiatan bhakti santri dengan berkeliling dari satu Kecamatan ke Kecamatan lain yang ada di seluruh Kabupaten Pacitan.(Zaenal Faizin/Abdullah Alawi)



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×